7 Manfaat Software CRM untuk UKM - Update Terbaru

Sebagai pemilik usaha kecil dan menengah (UKM), Anda masih harus melakukan banyak hal sendirian.

Anda kerap berperan sebagai sales, customer service, digital marketer, dan peran-peran lain secara bersamaan. Namun satu hal yang kerap UKM lupa adalah adalah Customer Relationship Management (CRM).

Dalam blog ini, kita akan mengungkap lebih jauh soal pentingnya penerapan software CRM untuk UKM.

Software CRM untuk UKM

Apa itu CRM?

Sebelum berbicara lebih dalam soal software CRM untuk UKM, ada baiknya Anda pahami dahulu apa itu CRM, terutama untuk Anda yang masih asing dengan istilah ini.

CRM adalah sebuah praktik, strategi, dan teknologi yang sebuah perusahaan gunakan untuk mengelola interaksi dan hubungan mereka dengan pelanggan.

Konsep CRM berkembang dari satu pertanyaan, bisakah pelanggan kembali datang dan membeli produk dari satu bisnis yang sama? Atau, bagaimana cara mengkonversi leads menjadi penjualan?

CRM sendiri mencakup pengumpulan dan analisis data pelanggan di beberapa titik kontak, seperti telepon, email, media sosial, dan interaksi langsung.

Kami telah membahas soal dasar-dasar CRM dalam beberapa blog sebelumnya.

Blog terkait:

Manfaat software CRM untuk UKM

Dahulu, CRM lekat dengan perusahaan besar karena investasinya yang sangat mahal dan penggunaannya yang rumit.

Namun saat ini software CRM berbasis cloud seperti Zoho CRM menawarkan harga yang jauh lebih murah dengan implementasi 30 menit siap pakai. Ini sangat membantu pelaku UKM untuk mengakses CRM dan mengakselerasikan bisnis mereka.

Ada banyak manfaat software CRM untuk UKM. Kami coba merangkum beberapa manfaat yang paling esensial:

1. Peningkatan customer engagement

Manfaat pertama dan paling jelas dari softwareCRM untuk UKM adalah peningkatan customer engagement. Dengan software CRM, pemilik bisnis dapat melacak semua interaksi pelanggan, mulai dari saat mereka melakukan kontak pertama kali hingga pasca transaksi.

Hal ini memungkinkan Anda memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan, serta menyesuaikan program marketing dan penjualan Anda.

Lewat hubungan yang dipersonalisasi, Anda dapat membangun hubungan yang kuat agar pelanggan tak meninggalkan Anda begitu saja setelah melakukan pembelian.

Software CRM untuk UKM seperti Zoho CRM menyediakan rangkaian alat komprehensif untuk membangun customer engagement. Dengan fitur manajemen leads dan kontak, otomatisasi pemasaran, serta layanan dan dukungan pelanggan, UKM dapat terus membangun hubungan baik dengan pelanggan mereka.

Anda dapat menangkap leads dari situs web dan saluran media sosial, serta melacaknya melalui sales pipeline. Anda juga dapat mengotomatiskan kampanye pemasaran, seperti mengirim pesan yang ditargetkan kepada orang yang tepat pada waktu yang tepat.

2. Peningkatan Penjualan

Tentu saja, tujuan akhir dari setiap bisnis adalah meningkatkan penjualan. Software CRM dapat membantu UKM mencapai tujuan ini dengan memberikan wawasan tentang perilaku dan preferensi pelanggan.

Dengan memahami apa yang memotivasi pelanggan Anda untuk membeli, Anda dapat membuat strategi penjualan yang lebih efektif dan mendapatkan lebih banyak kesepakatan.

Pastikan Anda memilih sistem CRM yang memiliki fitur untuk mendukung penjualan dengan andal, seperti prakiraan penjualan, manajemen pipeline, dan pelacakan transaksi.

Fitur-fitur tersebut memungkinkan penggunanya melihat posisi setiap leads dalam siklus penjualan, dan mengambil tindakan yang dapat merangsang mereka untuk melakukan pembelian.

Anda juga dapat menganalisis data penjualan untuk mengidentifikasi tren dan peluang pertumbuhan UKM Anda di masa depan.

3. Layanan pelanggan yang tak terlupakan

Selain membantu mencetak lebih banyak penjualan, software CRM untuk UKM juga berfungsi untuk meningkatkan layanan pelanggan Anda.

Dengan melacak interaksi dan preferensi pelanggan, Anda dapat memberikan pengalaman layanan yang lebih personal dan efisien untuk tiap pelanggan. Pelanggan bisa menemukan solusi dan jawaban dari pertanyaan mereka dengan cepat.

Membangun layanan pelanggan yang baik berarti membangun kepercayaan dan loyalitas pelanggan.

4. Pusat data sebagai satu-satunya sumber kebenaran

Salah satu masalah yang UKM hadapi adalah soal data yang tidak akurat antara departemen terkait. Sebab, kebanyakan UKM masih mengandalkan spreadsheet excel yang konvensional, potongan kertas, atau bahkan menyimpan data pelanggan di kepala pemilik bisnis.

Software CRM untuk UKM akan membantu UKM dalam mengatur semua informasi pelanggan di satu tempat dengan mudah. Seluruh tim yang berkaitan dengan operasional pelanggan dapat membuka data itu di mana pun.

Ini akan membantu Anda dan tim memusatkan seluruh data, mulai dari data pelanggan, pendapatan, hingga arus kas, di satu tempat dan menjadikan tempat itu sebagai satu-satunya sumber kebenaran informasi.

5. Peningkatan Efisiensi

Terakhir, CRM dapat membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam UKM Anda. Dengan mengotomatiskan tugas rutin dan memberikan wawasan tentang perilaku pelanggan, Anda dapat berfokus pada tugas-tugas besar yang mendorong pertumbuhan. Ini dapat menghemat waktu dan sumber daya, serta memungkinkan Anda melakukan lebih banyak hal.

Software seperti Zoho CRM dibangun dengan beragam fitur otomatisasi, seperti otomatisasi alur kerja, template email, dan penilaian leads. Dengan alat ini, Anda dapat mengotomatiskan tugas rutin, seperti entri data dan pengasuhan pemimpin, serta berfokus pada aktivitas yang lebih strategis. Anda juga dapat melacak kinerja Anda dan membuat keputusan berdasarkan data untuk mengoptimalkan alur kerja dan meningkatkan efisiensi Anda.

Baca juga:

6. Analisis terperinci

Software CRM terbaik biasanya menyediakan analisis terperinci yang dapat membantu pelaku UKM melacak tren dan mengubah strategi penjualan mereka sesuai kebutuhan.

Misalnya, jika Anda memiliki bisnis yang menjual produk secara online, Anda dapat menggunakan software CRM untuk melacak produk mana yang laris manis dan mana yang tidak.

Analisis berdasarkan data ini mengurangi sentimen pribadi dan bias, sehingga pengusaha kecil bisa membuat keputusan bisnis yang lebih tepat.

7. Produktivitas lebih tinggi

Salah satu karakter industri UKM adalah memiliki karyawan atau tim yang terbatas, bahkan kerap juga menjalankan bisnis tanpa bantuan karyawan. Kondisi pasti akan membuat pengusaha UKM melakukan banyak pekerjaan sekaligus, kelelahan, dan akhirnya mengurangi produktivitas mereka.

Software CRM membantu pengusaha UKM meningkatkan produktivitas dengan mengotomatiskan tugas-tugas sehari-hari, seperti entri data, melacak leads, atau mengirim email ke pelanggan. Hal ini akan membuat pengusaha untuk fokus pada tugas yang lebih penting, seperti membangun hubungan dengan pelanggan.

Kesimpulan

Dalam lingkungan bisnis yang makin kompetitif seperti sekarang, UKM di Indonesia masih memiliki kesempatan besar untuk memenangkan pertandingan.

Masalahnya, mengurus bisnis dengan cara manual yang konvensional pasti akan membuat Anda tersisih. Tak ayal, keberadaan software CRM untuk mengembangkan UKM saat ini telah menjadi sebuah kewajiban.

Tujuannya, agar UKM yang Anda bangun dapat terus bernapas, menjadi semakin besar, dan dicintai pelanggan.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kode bahasa komentar.
Dengan mengirimkan formulir ini, Anda setuju dengan pemrosesan data pribadi sesuai dengan Kebijakan Privasi.

Postingan Terkait