Ketahui Apa Itu CRM, Fungsi, dan Manfaatnya untuk Kembangkan Bisnis Anda

Manajemen hubungan pelanggan, umumnya dikenal sebagai Customer Relationship Management (CRM), adalah aspek penting dari bisnis apa pun yang berupaya mempertahankan dan menumbuhkan basis pelanggannya.

apa itu CRM?

Apa itu CRM?

CRM adalah sebuah praktik, strategi, dan teknologi yang sebuah perusahaan gunakan untuk mengelola dan menganalisis interaksi serta data pelanggan di sepanjang siklus hidup pelanggan.

Kini CRM umumnya merujuk pada software CRM, sebuah alat yang bertindak sebagai satu tempat penyimpanan untuk menyatukan aktivitas penjualan, pemasaran, dan dukungan pelanggan, serta menyederhanakan proses, kebijakan, dan karyawan dalam satu platform.

Dengan semakin banyaknya bisnis yang menggunakan model kerja hybrid, software CRM jarak jauh penting untuk dimiliki agar tim penjualan yang ada dimana saja tetap produktif.

Selain itu, CRM memungkinkan mereka untuk berkolaborasi dengan rekan kerja dan berinteraksi dengan pelanggan dengan mudah.

Fungsi CRM

Sistem CRM yang baik harus berfungsi dalam memberikan informasi menyeluruh tentang interaksi pelanggan dengan perusahaan, mulai dari penjualan, pemasaran, layanan pelanggan, dan dukungan.

Pendekatan ini membantu perusahaan dalam memahami preferensi pelanggan mereka beserta masalahnya. Tujuannya adalah mengembangkan strategi yang tetarget untuk memenuhi kebutuhan semua pelanggan.

Manfaat software CRM

Dalam lingkungan bisnis yang serba cepat seperti sekarang, implementasi softwareCRM sangat penting bagi sebuah perusahaan. Salah satu manfaat utama menggunakan software CRM adalah memungkinkan bisnis untuk memusatkan data pelanggan.

Ini berarti bahwa semua interaksi, preferensi, dan riwayat pembelian pelanggan dapat dengan mudah diakses dari satu tempat oleh seluruh tim yang berkepentingan.

Memiliki informasi pelanggan secara menyeluruh dan terpusat memungkinkan bisnis menyediakan layanan yang dipersonalisasi, pemasaran yang ditargetkan, dan  memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik.

Menyederhanakan tugas-tugas rutin yang remeh seperti urusan administrasi juga menjadi manfaat softwareCRM yang tak kalah penting.

Tugas-tugas rutin itu sering kali memakan cukup banyak waktu tim hingga mereka tidak lagi fokus pada tugas utamanya. Membebaskan waktu tim salesdan tim support untuk fokus pada tugas-tugas yang lebih penting, seperti membangun hubungan dan mencetak kesepakatan, akan membuat bisnis berkembang lebih cepat.

Selain itu, manfaat software CRM juga dapat dimaksimalkan untuk meningkatkan kolaborasi dan komunikasi antar tim.

Dengan menyediakan lokasi terpusat untuk data pelanggan dan proses otomatis, anggota tim dapat dengan mudah berbagi informasi dan bekerja sama dengan lebih efisien.

Kenapa harus menggunakan software CRM?

Dengan fitur software CRM, terutama CRM cloud,yang semakin canggih dalam beberapa tahun belakangan, penggunaan software CRM dapat membantu bisnis menangani setiap aspek dalam siklus bisnis mereka.

Pada akhirnya, software CRM dapat membantu bisnis meningkatkan hasil penjualan dan pemasaran, sekaligus membantu mereka dalam mengurangi beban biaya.

Ada 8 fondasi penting dalam sebuah software CRM:

  1. Visi
  2. Strategi
  3. Metrik
  4. Kolaborasi
  5. Pengalaman Pelanggan
  6. Proses
  7. Informasi
  8. Teknologi

Salah satu sistem CRM paling populer dan komprehensif yang tersedia di pasar adalah Zoho CRM yang merupakan software berbasis cloud yang menyediakan rangkaian alat lengkap untuk semua ukuran bisnis dalam mengelola penjualan, pemasaran, dukungan pelanggan, dan manajemen inventaris mereka.

Dengan lebih dari 50 juta pengguna di seluruh dunia, Zoho CRM telah mendapatkan reputasi sebagai perangkat lunak CRM terkemuka di industri.

Kenapa disebut untuk semua ukuran bisnis? Karena Zoho CRM terkenal akan fleksibilitas dan skalabilitasnya.

Sistem ini dapat disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan spesifik berbagai industri dan jenis bisnis, mulai dari perusahaan rintisan kecil hingga perusahaan besar.

Jika Anda pemilik UKM, Anda dapat menggunakan versi termurah karena kebutuhan bisnis UKM yang belum terlalu besar dan tergolong sederhana.

Begitu bisnis Anda berkembang, Anda dapat meningkatkan paket berlangganan ke versi lebih tinggi yang lebih mendukung operasional bisnis yang lebih kompleks.

Semua dapat Anda lakukan kapan pun. Dua hal yang penting adalah, Anda tidak perlu proses migrasi data dan data Anda pun tidak akan hilang.

Kesimpulan

Customer Relationship Management adalah aspek penting dari setiap bisnis yang berupaya membangun dan mempertahankan loyalitas pelanggan mereka.

Zoho CRM adalah software CRM terkemuka yang menawarkan berbagai fitur dan manfaat CRM untuk membantu bisnis mengelola interaksi dan data pelanggan mereka secara efektif.

Kemampuan otomatisasi, analitik real-time, dan skalabilitas menjadikannya pilihan ideal untuk semua bisnis dari semua industri.

Kebutuhan bisnis yang dikolaborasikan dengan segudang fitur dan fungsi Zoho CRM akan menjadikan sebuah ramuan manjur untuk meningkatkan bisnis Anda.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kode bahasa komentar.
Dengan mengirimkan formulir ini, Anda setuju dengan pemrosesan data pribadi sesuai dengan Kebijakan Privasi.

Postingan Terkait