6 Fungsi CRM Ini Penting untuk Bantu Bisnis Makin Maju

Software CRM adalah alat penting untuk bisnis yang ingin melacak interaksi pelanggan, meningkatkan kepuasan pelanggan, dan pada akhirnya mendorong pertumbuhan pendapatan mereka.

Software CRM membantu perusahaan mengelola hubungan pelanggan mereka dengan  cara memusatkan data di satu tempat, mengotomatiskan tugas rutin, dan menyediakan fitur analitik canggih yang dapat menginformasikan keputusan bisnis.

Pada artikel ini, kita akan melihat lebih dekat fungsi software CRM dan bagaimana hal itu dapat menguntungkan bisnis dari semua ukuran.

Namun sebelum itu, kita wajib tahu dulu apa itu CRM.

Fungsi CRM

Definisi CRM

CRM adalah sebuah praktik, strategi, dan teknologi yang sebuah perusahaan gunakan untuk mengelola interaksi dan hubungan mereka dengan pelanggan.

Konsep CRM berkembang dari satu pertanyaan, bisakah pelanggan kembali datang dan membeli produk dari satu bisnis yang sama?

CRM sendiri mencakup pengumpulan dan analisis data pelanggan di beberapa titik kontak, seperti telepon, email, media sosial, dan interaksi langsung.

Data ini biasanya berisi preferensi pelanggan, perilaku, riwayat pembelian, dan umpan balik mereka. Data-data ini kemudian diolah menjadi sebuah informasi komprehensif.

Dengan memiliki informasi yang menyeluruh terhadap pelanggan, bisnis dapat lebih memahami kebutuhan mereka dan menyesuaikan produk atau layanan tertentu yang sesuai dengan preferensi tiap pelanggan.

Kini, CRM umumnya merujuk pada software CRM, sebuah alat yang bertindak sebagai satu tempat penyimpanan untuk menyatukan aktivitas penjualan, pemasaran, dan dukungan pelanggan, serta menyederhanakan proses, kebijakan, dan karyawan dalam satu platform.

Fungsi CRM

Satu fungsi utama software CRM sebenarnya adalah menjadi tempat terpusat untuk data pelanggan. Ini memungkinkan bisnis untuk dengan mudah melacak interaksi pelanggan di berbagai channel komunikasi.

Selain itu, ada beberapa fungsi penting lainnya dari software CRM yang membuat implementasinya menjadi sebuah keharusan di suatu perusahaan.

1. Mendapatkan jawaban atas pertanyaan paling mendasar

Tanyakan kepada diri sendiri, apakah Anda bisa mendapatkan jawaban cepat atas pertanyaan paling mendasar ini: Berapa jumlah pelanggan saya, berapa banyak penjualan yang gagal dan yang berhasil pada kuarter sebelumnya? Berapa pendapatan saya bulan lalu? Siapa sales yang paling banyak mencetak transaksi?

Software CRM dapat menjawabnya, bahkan sebelum Anda bertanya.

2. Memeriksa entri data yang tidak tepat

Keputusan buruk berasal dari data yang buruk. Gagal memeriksa keakuratan data yang masuk ke sistem adalah penyebabnya. Setelah Anda memiliki validasi skema dengan entri data otomatis, aliran informasi yang salah dapat dicegah sebelum Anda menghadapi masalah.

3. Terhubung dengan pelanggan dan leads

Pelanggan dapat berasal dari banyak sumber, mulai dari situs web, media sosial, telepon, email, dan lainnya. Hanya fitur komunikasi omnichannel yang dapat membawa mereka lebih dekat ke bisnis Anda dan memungkinkan Anda menangani semua titik kontak pelanggan yang relevan dengan proses penjualan Anda.

4. Mempersonalisasi program marketing

Program marketing dapat dengan mudah hilang jika metode Anda tidak menarik perhatian leads, atau tidak "nyambung" dengan apa yang mereka cari.

Dari informasi pelanggan yang telah software CRM sajikan, Anda dapat mengotomatiskan tugas-tugas seperti mengirim promosi, buletin, atau program marketing lainnya dan membuatnya sangat personal sesuai dengan kebutuhan pelanggan untuk memastikan komunikasi dengan setiap pelanggan berada di level personal.

5. Menyatukan tim

Hambatan besar bagi perkembangan setiap organisasi adalah ketika setiap tim hanya mau menang sendiri. Mereka tidak membagi informasi pelanggan ke tim yang lain.

Ini menyebabkan komunikasi dan layanan kepada pelanggan terputus atau tidak sesuai konteks.

Kehadiran software CRM dapat menghilangkan hambatan itu dan meningkatkan kolaborasi dan komunikasi antar tim.

Dengan menyediakan lokasi terpusat untuk data pelanggan dan proses yang otomatis, tidak ada data pelanggan yang disembunyikan, data tersebut mudah dibagikan, dan bekerja sama dengan lebih efisien.

6. Fokus pada tugas utama

Software CRM juga berfungsi mengotomatiskan tugas-tugas rutin seperti entri data, manajemen leads, dan penjadwalan pertemuan. Ini sebenarnya tugas remeh namun sering kali memakan banyak waktu sehingga tim kehilangan fokus kerjanya.

Fungsi software CRM yang satu ini dapat membebaskan waktu yang berharga bagi tim penjualan dan dukungan pelanggan untuk fokus pada tugas yang lebih penting seperti membangun hubungan dengan pelanggan dan mencetak lebih banyak penjualan.

Dengan mengotomatiskan tugas-tugas tersebut, bisnis dapat meningkatkan efisiensi, mengurangi kesalahan, dan memastikan interaksi pelanggan selalu ditangani secara tepat waktu dan profesional.

Penutup

Salah satu software CRM yang dapat memenuhi fungsi CRM di atas adalah Zoho CRM. Lewat Zoho CRM, bisnis dapat mengelola hubungan pelanggan mereka dari satu platform, mengotomatiskan tugas rutin, dan mendapatkan wawasan yang lengkap tentang perilaku pelanggan.

Kelebihan utama Zoho CRM adalah kemudahan penggunaannya. Perangkat lunak ini intuitif dan mudah dinavigasi, memudahkan pengguna untuk mengenal dan memaksimalkan fungsinya.

Coba Zoho CRM sekarang untuk membuktikan sendiri semua fungsinya. Gratis, tanpa perlu memasukkan kartu kredit Anda!

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kode bahasa komentar.
Dengan mengirimkan formulir ini, Anda setuju dengan pemrosesan data pribadi sesuai dengan Kebijakan Privasi.

Postingan Terkait