Pikat Pelanggan dengan Membuat Formulir Online yang Menarik

Pelanggan merupakan tulang punggung semua bisnis. Preferensi, kebutuhan, dan tanggapan mereka dapat mendorong sebuah brand mengembangkan produk, peningkatan layanan, dan bertumbuh secara konstan.

Salah satu yang dapat menghubungkan sebuah bisnis dengan pelanggannya adalah lewat formulir online. Masalahnya, tidak semua orang tertarik mengisinya, apalagi setelah mereka mendapat apa yang mereka beli.

Meskipun formulir online membantu Anda mengenal pelanggan, saat ini membuat pelanggan merasa penting saat mengisi formulir dapat lebih menarik mereka untuk mengisinya, membangun pengalaman pengguna yang positif, dan menumbuhkan kepercayaan.

Dalam tulisan ini, kami memberikan 5 tips ampuh dalam membuat formulir online agar menarik pelanggan mengisinya dan membuat mereka merasa lebih dihargai.

Baca juga:

Cara membuat formulir online yang menarik

1. Sapa pelanggan Anda dengan nama

Gunakan nama pelanggan dalam formulir bila memungkinkan. Menyebut mereka dengan namanya dapat menciptakan pengalaman yang lebih personal dan ramah.

Misalnya, daripada menggunakan label umum seperti "Masukkan Informasi Kontak Anda", Anda dapat membuat sesuatu yang lebih mengundang dengan mengatakan "Hai [Nama Pelanggan], Harap Berikan Informasi Kontak Anda."

Cara sederhana ini dapat membuat formulir memiliki sentuhan personal, meningkatkan keterhubungan dan membuat mereka merasa dihargai.

Ini adalah isyarat kecil namun kuat yang menandakan komitmen Anda untuk memahami dan memenuhi kebutuhan spesifik mereka, sekaligus membuat formulir menjadi  lebih interaktif.

Pelajari cara menggunakan nama pelanggan di label bidang formulir Anda.

2. Tawarkan insentif

Tidak hanya dalam email promosi, insentif-insentif kecil seperti diskon setelah mengisi formulir pembayaran juga dapat dibuat di formulir online.

Hal ini dapat meningkatkan tingkat partisipasi calon pelanggan Anda. Ketika mereka diberikan manfaat langsung, seperti diskon, mereka lebih termotivasi untuk mengambil tindakan.

Intensi untuk menghemat uang dapat mendorong mereka untuk mengisi formulir pembayaran lebih cepat, sehingga hal ini dapat meningkatkan konversi pembelian juga.

Bagi mereka yang memiliki situs web, memanfaatkan formulir lightbox untuk menampilkan insentif ini bisa berdampak besar.

Saat pelanggan terhubung dengan konten situs web Anda, tampilan formulir lightbox yang menampilkan diskon menarik pada waktu yang tepat dapat dengan cepat menarik perhatian mereka.

3. Hargai waktu pelanggan 

Pelanggan yang merasa dihargai lebih cenderung memberikan opini positif tentang merek Anda dan tetap ingin terhubung dengan Anda di masa depan.

Setelah formulir dikirim, ucapkan terima kasih atas waktu dan masukan pelanggan. Manfaatkan halaman Terima Kasih semaksimal mungkin dan ungkapkan rasa terima kasih Anda kepada pelanggan.

Anda dapat memilih untuk tetap menggunakan tema formulir yang sama, bahkan di halaman Terima Kasih dan Anda tidak perlu mendesain halaman dari awal; cukup gunakan desain formulir dan selesaikan dalam satu klik!

Kesinambungan desain dari formulir hingga halaman Terima Kasih menunjukkan konsistensi dan profesionalisme. Hal ini meyakinkan pelanggan bahwa interaksi mereka dengan sebuah merek berjalan lancar dan dikurasi dengan cermat.

4. Tindaklanjuti

Tindak lanjuti pelanggan setelah mereka mengirimkan formulir dengan email penjawab otomatis yang dipersonalisasi.

Tidak hanya untuk mengungkapkan rasa terima kasih, email ini juga bermanfaat untuk memberikan bantuan lebih lanjut, yang berpotensi menawarkan informasi tambahan terkait produk yang mereka beli, sehingga meningkatkan pengalaman pelanggan.

Email ini akan membantu pengguna melacak detail penting seperti tanda terima pesanan, nomor referensi, dokumen pendukung, faktur, dll yang dapat dilihat selama beberapa hari ke depan.

5. Hindari bidang isian dan halaman yang tidak perlu

Kita mungkin pernah mendapati formulir online yang panjang dengan pertanyaan yang tidak relevan, kemudian melewati halaman yang tak berujung. Sebaiknya, hindari hal-hal tersebut saat Anda membuat formulir online.

Saat Anda mendesain formulir online, ingat, inti dari setiap bisnis terletak pada pelanggan, sehingga jadikan kepentingan mereka sebagai aspek penting dan tak tergantikan dalam operasi bisnis Anda.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kode bahasa komentar.
Dengan mengirimkan formulir ini, Anda setuju dengan pemrosesan data pribadi sesuai dengan Kebijakan Privasi.

Postingan Terkait