Kenapa Zoho Workplace Jadi Alternatif Terbaik Google Workspace?

Memilih software kolaborasi dan produktivitas yang tepat dapat berdampak signifikan terhadap efisiensi, kolaborasi, dan kesuksesan bisnis Anda secara keseluruhan. Dua pemain terbesar yang mengembangkan software produktivitas adalah Zoho dengan produk Zoho Workplace dan Google dengan Workspace.

Meskipun keduanya menawarkan serangkaian aplikasi yang dirancang untuk meningkatkan produktivitas di tempat kerja, keduanya hadir dengan fitur dan keunggulan berbeda.

Di blog ini, kami akan membandingkan Zoho Workplace dan Google Workspace, yang membantu Anda mengambil keputusan yang tepat untuk bisnis Anda.

Perbedaan Zoho Workplace sebagai alternatif Google Workspace

Manfaat software produktivitas dan kolaborasi

Sebelum memilih software kolaborasi dan produktivitas, Anda harus paham lebih dahulu, mengapa saat ini bisnis wajib menggunakan software kolaborasi.

Blog terkait:

Secara sederhana, software kolaborasi membantu bisnis untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan komunikasi seluruh karyawannya. Kami telah memamparkannya secara lengkap di tulisan ini.

Apa itu Zoho Workplace dan Google Workspace?

Zoho Workplace adalah sebuah software kolaborasi dan produktivitas yang menawarkan serangkaian fitur lengkap dengan harga lebih terjangkau dibanding software sejenis lainnya.

Tak heran, banyak yang menyarankan Zoho Workplace menjadi alternatif Google Workspace.

Google Workspace sendiri adalah rangkaian produktivitas populer yang menawarkan berbagai fitur untuk bisnis segala ukuran. Namun, biayanya bisa lebih tinggi, dan beberapa bisnis mungkin tidak memerlukan semua fitur yang ditawarkannya.

Perbedaan Zoho Workplace dengan Google Workspace

Dalam tulisan ini kami coba membandingkan beberapa persamaan dan perbedaan antara Zoho Workplace dengan Google Workspace, mulai dari fitur, keamanan, hingga harganya.

1. Alat Kolaborasi

Zoho Workplace:

Zoho Workplace menyediakan serangkaian software kolaborasi yang komprehensif, seperti Zoho Mail; Zoho Office Suite untuk membuat dokumen Word, presentasi online, dan spreadsheet online; serta Zoho Cliq untuk obrolan dan komunikasi antar karyawan.

Alat-alat ini dirancang untuk mendorong kerja tim dan menyederhanakan komunikasi dalam perusahaan Anda.

Google Workspace

Google Workspace telah dikenal luas dengan fitur kolaboratifnya, khususnya Google Doc, Spreadsheet, dan Slide. Ada juga Google Meet yang menawarkan kemampuan konferensi video yang andal.

2. Integrasi dan Ekosistem

Zoho Workplace

Ekosistem Zoho lebih dari sekadar software kolaborasi dan produktivitas. Dengan lebih dari 55 rangkaian software bisnis unggulan, Zoho memiliki kemampuan integrasi dengan software CRM, otomatisasi pemasaran, dan berbagai software bisnis lainnya.

Ekosistem yang komprehensif ini memungkinkan kolaborasi antar tim lebih lancar dan memastikan semua proses bisnis Anda berjalan secara harmonis. Semua dapat dilakukan tanpa keluar-masuk akun yang berbeda.

Selain terintegrasi dengan rangkaian software Zoho lainnya, Zoho Workplace juga dapat diintegrasikan dengan aplikasi di luar Zoho yang mungkin perusahaan Anda telah gunakan sebelumnya.

Google Workspace

Walau tak memiliki banyak portofolio software bisnis, namun Google Workspace terintegrasi dengan baik dengan layanan Google lainnya, menjadikannya pilihan tepat jika Anda sudah terlanjur tergantung dengan Gmail dan Google Drive.

Namun, opsi integrasinya dengan aplikasi pihak ketiga lebih terbatas dibandingkan Zoho.

3. Keamanan dan Privasi Data

Zoho Workplace

Zoho memperhatikan keamanan data dengan serius dan menawarkan enkripsi end-to-end, autentikasi dua faktor, dan fitur keamanan komprehensif. Privasi dan kontrol data adalah prioritas utama dan Zoho mematuhi peraturan perlindungan data global.

Di luar itu, yang membuat Zoho menjadi pilihan banyak perusahaan kelas dunia adalah karena komitmen Zoho untuk tidak memonetisasi data penggunanya, termasuk lewat kerja sama dengan pihak lain, untuk kebutuhan iklan atau promosi lainnya. Pengguna dapat fokus bekerja dan menjalankan bisnis tanpa gangguan iklan, bahkan di versi gratisnya sekali pun.

Google Workspace

Tak diragukan lagi, Google Workspace menyediakan fitur keamanan yang tangguh namun mungkin menimbulkan kekhawatiran tentang privasi data karena praktik pengumpulan data Google untuk tujuan periklanan.

Untuk kebutuhan sebuah bisnis, penting untuk meninjau secara detail kebijakan penggunaan data Google sebelum Anda memilihnya.

4. Harga dan skalabilitas

Zoho Workplace

Ini yang tak kalah pentingnya. Zoho Workplace terkenal dengan efektivitas biayanya. Terdapat berbagai paket, termasuk paket gratis untuk usaha mikro dan kecil dengan batas hingga lima pengguna.

Seiring bertumbuhnya bisnis, Anda dapat dengan mudah beralih ke paket yang lebih lengkap tanpa kehilangan data, memastikan kolaborasi kerja tetap berjalan tanpa hambatan dan Anda hanya membayar sesuai kebutuhan Anda.

Google Workspace

Google Workspace juga menawarkan harga yang kompetitif, dengan berbagai paket yang tersedia. Namun, sejauh ini Google tidak menawarkan paket gratis untuk bisnis. Meskipun terjangkau, Anda harus membuat anggaran yang sesuai seiring pertumbuhan tim Anda.

5. Dukungan Pelanggan

Zoho Workplace

Zoho dikenal dengan dukungan pelanggannya yang luar biasa. Zoho menyediakan pusat informasi yang komprehensif, termasuk dokumentasi, webinar, dan forum.

Di paket berbayarnya, Zoho menawarkan bantuan prioritas, memastikan bantuan segera bila diperlukan.

Baca juga:

Google Workspace

Google menyediakan sumber daya dukungan online dan forum komunitas. Walaupun ada beberapa laporan menyebutkan bahwa menjangkau pusat bantuan Google membutuhkan banyak usaha, namun Google pun telah menyediakan pusat informasi yang cukup lengkap, sehingga penggunanya dapat menyelesaikan masalah sendiri.

Uji coba gratis Zoho Workplace

Kesimpulan

Zoho Workplace dan Google Workspace menawarkan solusi menarik untuk meningkatkan produktivitas tempat kerja. Namun, Zoho Workplace menonjol karena keterjangkauannya, ekosistemnya yang komprehensif, keamanan data, dan dukungan pelanggannya yang tangguh.

Evaluasi kebutuhan Anda dengan cermat untuk menentukan rangkaian produktivitas mana yang paling sesuai dengan tujuan bisnis Anda. Baca di sini untuk mengetahui cara memilih software kolaborasi dan produktivitas.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kode bahasa komentar.
Dengan mengirimkan formulir ini, Anda setuju dengan pemrosesan data pribadi sesuai dengan Kebijakan Privasi.

Postingan Terkait