Cara Menggunakan Zoho Workplace untuk Pertama Kalinya

Ruang kerja yang terintegrasi dan kolaboratif telah menjadi dasar untuk meningkatkan produktivitas kerja seluruh karyawan. Sebagai software kolaborasi terbaik di kelasnya, Zoho Workplace berperan untuk menyederhanakan proses kerja di perusahaan Anda, meningkatkan kolaborasi tim, dan meningkatkan efisiensi bisnis.

Kolaborasi sendiri adalah proses individu atau kelompok yang bekerja sama mencapai tujuan bersama atau menyelesaikan tugas bersama.

Kolaborasi kerja melibatkan partisipasi aktif, kerja sama, dan kontribusi timbal balik dari individu yang membawa keterampilan, pengetahuan, serta perspektif berbeda untuk secara kolektif memecahkan masalah, membuat keputusan, menciptakan, berinovasi, atau menghasilkan sesuatu yang lebih besar daripada apa yang dapat dicapai secara individu.

Baca juga:

Cara menggunakan Zoho Workplace

Di blog ini, kami akan memandu Anda melalui langkah-langkah mudah untuk menggunakan Zoho Workplace pertama kalinya, memastikan transisi dan implementasi yang mulus di tim Anda.

Langkah 1: Daftar dan Pilih Paket Anda

Menggunakan Zoho Workplace sangatlah mudah. Cukup kunjungi situs web kami, daftar akun, dan pilih paket yang paling sesuai dengan kebutuhan tim Anda.

Kami memiliki paket yang paling cocok untuk bisnis kecil, yaitu Paket Email Saja dari Zoho Mail untuk komunikasi email bisnis yang efisien. Cukup dengan Rp13 ribuan, Anda dapat memanfaatkan Zoho Mail untuk email hosting bisnis Anda dengan domain kustom yang Anda inginkan.

Software kolaborasi Zoho Workplace juga menyediakan paket Professional untuk tim kerja yang lebih besar, mengakomodir kebutuhan akan pentingnya kolaborasi budaya dalam dunia kerja yang saling terhubung.

Di paket ini Anda akan mendapatkan akses ke seluruh office suite Zoho dan berhak untuk menikmati akses ke Zoho Connect, media sosial internal untuk seluruh karyawan.

"Bagaimana jika saya belum yakin dengan paket yang ingin saya pilih?" Banyak yang bertanya demikian soal pilihan paket.

Beruntung, Zoho menyediakan kesempatan untuk mencoba paket yang Anda inginkan. Uji coba gratis ini bisa Anda nikmati tanpa harus berkomitmen memberikan informasi kartu kredit Anda.

Zoho Workplace

Langkah 2: Siapkan Domain dan Akun Email Anda

Dengan menggunakan Zoho Workplace, Anda memiliki opsi untuk menggunakan domain yang sudah ada atau menyiapkan domain kustom yang baru. Langkah ini penting untuk membangun kehadiran profesional untuk bisnis Anda.

Antarmuka kami yang ramah pengguna akan memandu Anda melalui proses tersebut, menjadikan integrasi domain menjadi pengalaman yang tidak merepotkan.

Langkah 3: Kustom Workplace Anda

Personalisasi adalah kunci keberhasilan kolaborasi tim Anda dan untuk memastikannya Zoho Workplace hadir selaras dengan kebutuhan bisnis Anda.

Luangkan waktu untuk mengkustom ruang kerja Anda dengan mengonfigurasi pengaturan, menambahkan anggota tim, dan menetapkan peran serta izin.

Langkah ini memberdayakan Anda untuk membuat ruang kerja yang mencerminkan struktur organisasi dan alur kerja unik di sebuah bisnis.

Anda juga dapat mengatur apa yang ada di dasbor Zoho Workplace Anda. Urutkan berdasarkan prioritas atau aplikasi yang paling sering Anda gunakan. Dalam dasbor Zoho Workplace, pengguna dapat langsung menemukan informasi terbaru tentang pesan, tugas, dan informasi lain yang berkaitan dengan tim serta tugas mereka.

Langkah 4: Jelajahi Aplikasi dan Fitur

Kini saatnya menyelami beragam aplikasi yang ditawarkan Zoho Workplace. Secara keseluruhan, Zoho Workplace terbagi atas 3 fungsi utama, yaitu produktivitas kerja, kolaborasi tim, dan komunikasi terpadu.

Untuk memenuhi fungsi produktivitas kerja, terdapat rangkaian aplikasi office, seperti Zoho Writer untuk menulis, Zoho Sheet untuk membuat spreadsheet online, dan Zoho Show untuk membuat presentasi online.

Sedangkan, untuk meningkatkan kolaborasi tim, Zoho Workplace meneyediakan ruang penyimpanan file terpusat di Zoho WorkDrive dan aplikasi meeting online di Zoho Meeting.

Terakhir, untuk membuat komunikasi antar karyawan menjadi lebih lancar, Anda dapat memanfaatkan aplikasi perpesanan instan Zoho Cliq, aplikasi email bisnis di Zoho Mail, dan, ini yang unik, Zoho Connect untuk komunikasi internal perusahaan yang lebih santai layaknya bermain media sosial.

Langkah 5: Orientasi dan Pelatihan

Untuk memastikan transisi yang lancar, penting untuk memberikan orientasi dan pelatihan yang tepat untuk tim Anda.

Zoho menawarkan banyak sumber informasi, termasuk tutorial video, webinar, dan panduan komprehensif. Dorong anggota tim Anda untuk memanfaatkan sumber tersebut, sehingga memungkinkan mereka memanfaatkan kemampuan Zoho Workplace semaksimal mungkin.

Langkah 6: Dukungan dan Optimasi Berkelanjutan

Saat tim Anda mulai menggunakan Zoho Workplace, penting untuk menjaga jalur komunikasi tetap terbuka untuk meningkatkan kolaborasi antar tim.

Dorong semua anggota tim untuk memberi masukan, mengatasi semua masalah dengan efisien, dan jelajahi fitur tambahan di Zoho Workplace agar dapat lebih meningkatkan produktivitas tim Anda.

Kesimpulan

Dengan Zoho Workplace, transisi ke ruang kerja digital yang lebih efisien dan kolaboratif tidak pernah semudah teorinya. Dengan mengikuti langkah-langkah sederhana dalam menggunakan Zoho Workplace, tim Anda akan siap bekerja dalam waktu singkat, menyadari manfaat ruang kerja digital yang terintegrasi dengan baik.

Ucapkan selamat tinggal pada hambatan produktivitas dan sambut era baru kolaborasi tanpa batas dengan Zoho Workplace. Mulailah sekarang!

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kode bahasa komentar.
Dengan mengirimkan formulir ini, Anda setuju dengan pemrosesan data pribadi sesuai dengan Kebijakan Privasi.

Postingan Terkait