Kenali 4 Jenis Budaya Kerja Paling Populer Ini

4 jenis budaya kerja yang paling populer

Lingkungan kerja yang Anda datangi setiap hari secara signifikan memengaruhi pengalaman dan kesejahteraan diri Anda. Ini bukan hanya tentang tugas, tapi juga tentang nilai-nilai dasar, perilaku, dan harapan yang ada dalam lingkungan kerja. Faktor-faktor tersebut biasa dikenal sebagai budaya kerja organisasi.

Apa itu budaya kerja?

Budaya kerja adalah kumpulan kualitas, cara berperilaku, kebiasaan, dan praktik yang menggambarkan sebuah perusahaan. Budaya ini merupakan hasil dari gabungan dari misi dan visi perusahaan, serta kebijakan, prosedur, dan harapan perusahaan terhadap perilaku karyawannya.

Blog terkait:

Memahami budaya kerja yang ada perusahaan Anda dapat membantu Anda:

  • Merasa lebih terintegrasi dan terlibat: Mengetahui bagaimana segala sesuatunya bekerja dan dapat membuat apa yang ada di perusahaan merasa seperti milik Anda.
  • Melihat situasi lingkungan kerja secara efektif: Memahami gaya komunikasi, proses pengambilan keputusan, dan norma dapat membantu Anda bekerja dengan lancar.
  • Berkontribusi yang terbaik: Menyelaraskan gaya kerja Anda dengan budaya yang ada dapat meningkatkan produktivitas dan kepuasan kerja.

4 Jenis budaya kerja paling populer

Dengan begitu banyak jenis budaya di luar sana, bagaimana Anda bahkan mulai memahami budaya kerja Anda?

Dalam Competing Value Culture (CVC), secara umum, ada empat jenis budaya kerja yang bida kita temukan di lingkungan kerja.

1. Clan Culture (Keluarga):

Tipe budaya ini menekankan kolaborasi, kerja sama tim, dan rasa memiliki. Hal ini ditandai dengan suasana kekeluargaan dimana karyawan merasa dihargai dan mendapat dukungan penuh dari perusahaan.

Budaya klan memprioritaskan pengembangan dan kohesi karyawan. Dalam budaya ini, karyawan biasanya bisa berkomunikasi lebih cair tanpa membedakan atasan-bawahan.

  • Fokus: Kolaborasi, kerja tim, dan rasa komunitas yang kuat.
  • Nilai: Loyalitas, kepercayaan, dan dukungan timbal balik.

2. Budaya hierarki

Stabilitas, kontrol penuh terhadap tim, dan formalisasi menentukan budaya hierarki. Mereka mengandalkan struktur, proses, dan aturan yang jelas untuk memastikan efisiensi dan keandalan.

Budaya hierarki biasanya tidak memperkenankan seorang staf menghubungi langsung direkturnya. Ia hanya bisa berdiskusi dengan atasan langsungnya.

  • Fokus: Struktur yang jelas, peran yang mapan, dan proses yang terdefinisi dengan baik.
  • Nilai: Otoritas, ketertiban, dan efisiensi.

3. Market Culture

Berorientasi pada hasil dan kompetitif, market culture memprioritaskan pencapaian tujuan dan mengesampingkan bagaimana mereka mencapainya.

Perusahaan yang menganut budaya ini sangat menghargai kinerja, efisiensi, dan akuntabilitas.

  • Fokus: Mencapai tujuan, persaingan, dan kinerja individu.
  • Nilai: Berorientasi pada hasil, kompetitif, dan motivasi pribadi yang kuat.

Baca juga:

4. Adhocracy Culture

Budaya adhokrasi dapat dikenali lewat inovasi, kemampuan beradaptasi, dan menuntut karyawannya memiliki karakter entrepreneur.

Mereka tidak anti dengan inisiatif yang cenderung berisiko dan menuntut eksperimen di luar batas untuk tetap menjadi yang terdepan dalam lingkungan yang dinamis.

  • Fokus: Fleksibilitas, kemampuan beradaptasi, dan keberanian mengambil risiko yang diperhitungkan.
  • Nilai: Inovasi, kreativitas, dan semangat kewirausahaan.

Penutup

Memahami budaya kerja di sebuah organisasi sangat penting bagi para pemimpin yang ingin mendorong kinerja dan menumbuhkan lingkungan kerja yang positif.

Dengan memanfaatkan dan memahami keempat budaya kerja itu, organisasi dapat memperoleh informasi berharga mengenai dinamika budaya mereka dan menyelaraskannya dengan tujuan strategis perusahaan.

Zoho Workplace, dengan rangkaian alat produktivitas dan kolaborasinya yang komprehensif, diposisikan secara unik untuk mendukung dan meningkatkan berbagai jenis budaya kerja.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kode bahasa komentar.
Dengan mengirimkan formulir ini, Anda setuju dengan pemrosesan data pribadi sesuai dengan Kebijakan Privasi.

Postingan Terkait