Kapan Waktu Terbaik untuk Kirim Email Bisnis?

Banyak penelitian telah dilakukan dalam menemukan waktu terbaik untuk mengirim email bisnis. Singkatnya, waktu dan hari Anda mengirim email dapat menentukan apakah si penerima akan segera membuka atau mengabaikannya.

Dengan memilih waktu dan hari yang tepat untuk mengirim email bisnis kepada seseorang, Anda dapat meningkatkan peluang mendapatkan respons yang lebih cepat.

Mengapa penting memikirkan kapan email bisnis dikirim?

Masalah utama yang Anda, dan juga saya, hadapi adalah ada banyak email yang masuk sehingga mudah bagi kita untuk mengabaikan email tanpa tahu apakah email itu penting atau tidak.

Untuk urusan bisnis, Anda perlu memastikan bahwa pesan Anda masuk ke kotak masuk si penerima ketika mereka memperhatikannya. Mengirim email Anda pada waktu yang tepat akhirnya menjadi sebuah etika dalam mengirim email bisnis.

Blog terkait:

Faktor lain apa yang berpengaruh?

Selain waktu dan hari, ada beberapa faktor lain yang perlu diingat saat mengirim email jika Anda ingin email Anda diprioritaskan.

Memahami faktor-faktor ini dapat meningkatkan tingkat pembukaan (open rate) email Anda.

Catatan tambahan yang perlu Anda ingat, alangkah bijaksana jika Anda menggunakan layanan email yang aman untuk komunikasi yang aman.

1. Usia

Biasanya, orang yang lebih tua membaca email mereka lebih cepat. Ini berarti bahwa mengirim email antara pukul 8 dan 9 pagi dapat membantu meningkatkan open rate pada audiens yang lebih dewasa.

Penerima email yang lebih muda hingga pertengahan dua puluhan mungkin tidak memeriksa email mereka sama sekali di pagi hari. Mereka memilih membuka email saat makan siang atau sore hari.

2. Zona waktu

Melacak zona waktu penerima email sebenarnya lebih penting daripada yang Anda pikirkan. Banyak tim bekerja secara remote dan di berbagai negara, begitu juga dengan klien dan vendor-vendor Anda.

3. Perangkat

Data dari sebuah studi menunjukkan bahwa keterlibatan antara perangkat desktop dan seluler sangat berbeda. 75% dari semua pembukaan email terjadi di smartphone. Bahkan, bagi mereka yang berusia 18 hingga 34 tahun, 81%  email dibuka di smartphone.

Selain itu, data menunjukkan bahwa email yang dibuka di laptop dan perangkat desktop sebesar 29% dan tablet sebesar 21%.

Smartphone cenderung menjadi pilihan untuk membuka dan membaca email. Jadi, penting untuk memastikan konten Anda jelas dan mudah dilihat saat audiens membukanya di ponsel mereka.

Harap diingat, cc dan bcc juga dapat menjadi hal yang menjengkelkan, terutama saat dilihat dari ponsel.

Jangan mengirim email di jam-jam ini!

Apakah ada waktu yang harus dihindari untuk mengirim email? Menurut analisis lain, ditemukan bahwa slot waktu tertentu memiliki open rate email terburuk, sehingga sebaiknya kita hindari.

Oleh karena itu, sebaiknya jangan mengirim email di jam-jam ini:

  • Pukul 7 malam hingga 5 pagi
  • Pukul 6 malam hingga 5 pagi
  • Pukul 6 malam hingga 3 pagi
  • Pukul 4 malam hingga 4 pagi

Dari keseluruhan waktu tersebut, kita dapat simpulkan bahwa malam hingga dini hari adalah waktu terburuk untuk mengirim email, terutama email bisnis.

Baca juga:

Waktu terbaik untuk mengirim email bisnis

Sekarang, mari kita lihat waktu terbaik untuk mengirim email bisnis. Sebuah studi mengungkapkan bahwa open rate mulai meningkat di pagi hari dan mencapai puncaknya di tengah hari, dan kemudian perlahan-lahan menurun.

Menurut studi tersebut, waktu terbaik adalah sebagai berikut:

1. Pagi hari

Antara pukul 9 pagi dan 10 pagi, tingkat pembukaan meningkat, dengan rata-rata open rate sebesar 21,35%.

2. Siang hari

Antara pukul 13.00 hingga 14.00 WIB, tingkat pembukaan mencapai puncaknya dengan rata-rata tingkat pembukaan sebesar 22,09%.

3. Sore hari dan menjelang malam

Antara pukul 17.00 hingga 18.00 WIB masing memiliki open rate yang cukup tinggi, dengan rata-rata tingkat pembukaan sebesar 20,74%.

Wordstream menemukan bahwa antara pukul 8 dan 9 pagi adalah waktu terbaik untuk mengirim email, dengan tingkat pembukaan yang baik lebih dari 25%.

Perusahaan analitik lain menemukan bahwa pukul 11 pagi adalah saat pembukaan email mencapai puncak, dan kemudian menurun secara bertahap setelah pukul 13.00 WIB.

Sebelumnya, kami telah menyebutkan bahwa zona waktu memainkan peran penting dalam meningkatkan open rate email bisnis, maka penting untuk memastikan bahwa layanan email bisnis yang Anda gunakan dapat menjamin email Anda terkirim di zona waktu yang tepat.

Zoho Mail misalnya, dapat membantu melacak waktu pengiriman email dan memeriksa email Anda lewat fitur eDiscovery.

Zoho Mail memiliki fitur penjadwalan email yang tentu tidak akan mengganggu jam kerja Anda. Selama jam kerja, Anda dapat merencanakan dan menjadwalkan email untuk dikirim pada waktu terbaik bagi audiens yang mungkin berada di benua yang berbeda.

Dengan cara ini, Anda dapat yakin bahwa email Anda tidak akan mencapai kotak masuk mereka pada waktu yang tidak tepat.

Hari terbaik untuk mengirim email bisnis

Selain soal waktu yang tepat, faktor hari juga memainkan peran yang tak kalah pentingnya.

Melihat analisis data di atas menunjukkan bahwa Kamis adalah hari terbaik untuk mengirim email. Sebaliknya, pantang mengirim email pada hari Sabtu dan Minggu.

Tingkat pembukaan email mulai meningkat pada hari Senin dan mencapai puncaknya pada Kamis.

Secara keseluruhan, data menunjukkan mengirim email pada pertengahan minggu untuk tingkat keberhasilan pembukaan yang tertinggi.

Bio Penulis:

Gary Stevens adalah CTO Hosting Canada, sebuah situs web yang menyediakan ulasan ahli tentang layanan hosting dan membantu pembaca membangun bisnis dan blog online. Selain itu, Gary juga merupakan seorang pecinta blockchain penuh waktu, pengembang front-end, dan relawan yang

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kode bahasa komentar.
Dengan mengirimkan formulir ini, Anda setuju dengan pemrosesan data pribadi sesuai dengan Kebijakan Privasi.

Postingan Terkait