Jajaran Font Email bisnis Terbaik di Tahun 2023 untuk Bisnis Lebih Kredibel

Kita semua pernah mengalaminya. Sebuah pesan dari rekan kerja atau mitra bisnis muncul di kotak masuk email, membukanya, dan melihat isi email dengan jenis font email nyeleneh dan warna yang mencolok perhatian.

Email seperti itu memang menarik perhatian, namun tidak cocok untuk tempat kerja, apa lagi untuk urusan email blast yang biasa tim marketing kirim untuk kebutuhan leads nurturing.

Font email terbaik

Apakah font email penting?

Ya! Font yang Anda pilih untuk mengekspresikan pemikiran Anda dalam email bisnis harus dapat dimengerti, dibaca, dan jelas.

Dimengerti berarti font email Anda harus memudahkan pembacanya dalam membedakan huruf dan kata dengan cepat.

Ingat, penerima tidak hanya menerima email dari Anda!

Mudah dibaca akan mengukur seberapa cepat dan akurat pembaca dapat memahami isi tulisan Anda.

Terakhir, kejelasan adalah apa yang terjadi ketika Anda menggabungkan pilihan kata profesional dengan tipografi profesional. Ketiga komponen email bisnis dipengaruhi oleh font yang Anda pilih.

Misalnya, Departemen Luar Negeri AS menjadi berita utama di awal tahun ketika mengumumkan bahwa instansi tersebut akan mengubah font perpesanan defaultnya menjadi Calibri.

Selama ini, banyak lembaga pemerintahan menggunakan Times New Roman dalam emailnya selama beberapa dekade. Namun beberapa tahun belakangan, makin banyak instansi mengganti font email karena beberapa alasan.

Alasan pertama, saat ini teknologi lebih mudah diakses. Berkomunikasi online melalui email bisnis adalah cara paling umum yang digunakan organisasi untuk berkolaborasi dan berbagi informasi.

Untuk membantu mereka yang memiliki keterbatasan visual, font email yang mengakomodir kebutuhan mereka beserta fitur lainnya menjadi standar baru.

Email juga digunakan untuk mengirim file berukuran besar, seperti file audio dan video.

Di era dengan kesadaran tinggi pada keamanan siber, font email yang sederhana dan bersih dapat membantu membuat pesan Anda terlihat lebih dapat dipercaya dan kredibel.

Hal ini menjadi penting saat Anda mengirimkan lampiran berukuran besar kepada seseorang yang tidak terlalu mengenal Anda.

Alasan lain mengapa banyak yang beralih ke font email yang lebih sederhana adalah karena font tersebut biasanya menawarkan berbagai macam karakter yang bekerja dengan baik dalam berbagai bahasa.

Hal tersebut membuat pengusaha lebih nyaman saat berbisnis secara global, apa pun bahasa yang digunakan.

Terakhir, saat kita membaca, kita tidak berfokus pada satu huruf atau kata di waktu yang sama. Otak kita menerima informasi seperti spasi, bentuk kata, dan bahkan kelompok kata secara bersamaan.

Memilih font terbaik untuk email bisnis yang lebih sederhana membuat pesan lebih mudah dibaca oleh penerimanya dan lebih cepat daripada font mewah.

Bagaimana memilih font email terbaik untuk email bisnis Anda?

Memilih font email yang terbaik untuk bisnis akan memberi kesan pertama yang baik pula kepada atasan, dan meningkatkan hubungan Anda dengan rekan kerja.

Tapi bagaimana Anda memilihnya? Mari kita bahas faktor utama yang membuat sebuah font cocok untuk email profesional.

Apa itu font family?

Keluarga font, alias font family adalah sekelompok font yang memiliki elemen desain yang sama tetapi mungkin berbeda dalam gaya, bobot, atau kemiringan.

Saat ini setidaknya ada empat keluarga font utama yang biasa kita temukan di perangkat kita:

Serif

Font serif dapat dikenali dari garis-garis kecil yang menghiasi kaki setiap huruf. Di Indonesia, garis-garis tersebut biasa juga disebut kait. Beberapa jenis font dalam keluarga Serif antara lain Times New Roman, Courier New, Baskerville, Garamond, dan Georgia.

Sans Serif

Font sans serif mirip dengan serif, tetapi tidak menggunakan kait di tiap hurufnya. Beberapa di antaranya adalah Arial, Calibri, Proxima Nova, Helvetica, dan Futura.

Script

Font email jenis ini meniru berbagai gaya tulisan tangan. Dancing Script, Mr. Dafoe, Parisienne, dan Lobster adalah beberapa di antaranya.

Dekoratif

Font dekoratif tampil lebih tebal, dengan tampilan yang unik. Beberapa jenis font dekoratif antara lain Cooper Black, Bourton, Abril Fatface, Gilro, dan Gazpacho.

Secara umum, email profesional harus menggunakan font dari keluarga font serif dan sans serif. Gaya tipografi ini lebih mudah dibaca daripada script dan font dekoratif.

System Font vs Web Font

Konten email Anda adalah bagian terpenting dari setiap pesan yang Anda kirim. Sayangnya, tidak semua font dirender dengan baik di client email, perangkat, dan sistem operasi yang berbeda. Untuk alasan ini, para profesional harus mengetahui perbedaan antara font sistem dan font web.

System Font

Font ini merupakan bawaan di sistem operasi. Font ini biasanya merender dengan tepat ke mana pun email dikirim.

Web Font

Sedangkan, web font bisa dibilang lebih informal daripada system font bawaan sistem operasi Anda, tetapi font tersebut tidak selalu menjadi pilihan yang baik untuk email profesional.

Web font tidak direkomendasikan karena kerap gagal terbaca di perangkat penerima email.

Untuk itulah, kami sangat merekomendasikan menggunakan font bawaan yang ada di perangkat Anda agar penerima email juga menerima konten Anda secara utuh.

Apa font email bisnis terbaik di tahun 2023?

Menurut sains, ada beberapa jenis font yang lebih baik untuk digunakan dalam email bisnis. Sebuah studi baru-baru ini membandingkan keterbacaan berbagai font untuk orang-orang dengan spektrum kemampuan baik di atas kertas maupun di layar.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Arial, Courier, dan Helvetica adalah beberapa font terbaik karena mudah dibaca, baik oleh orang normal maupun oleh penderita disleksia.

Mengenai preferensi, pembaca setuju bahwa Arial dan Helvetica ada di daftar teratas, walaupun mereka juga memilih font Verdana.

Para ilmuwan menyimpulkan bahwa sans serif adalah font email yang paling populer untuk preferensi dan keterbacaan.

Berikut adalah font email terbaik untuk digunakan para profesional dalam email blast marketing dan email bisnis lainnya di tahun 2023:

Arial

Calibri

Courier New

Futura

Georgia

Helvetica

Lato

Lucida

Open Sans

Oswald

Palatino

PT Serif

Raleway

Roboto

Tahoma

Times New Roman

Verdana

Anda lihat sendiri, banyak pilihan font email yang terlihat profesional. Jadi, jangan tergoda menggunakan font-font unik lainnya.

Penutup

Terkadang, orang hanya punya waktu untuk memindai informasi penting dalam email bisnis, jadi sebaiknya pilih font email yang dapat dibaca dan diakses dengan mudah.

Serif adalah yang paling mudah dibaca, tetapi banyak orang juga lebih suka sans serif. Jangan lupa untuk mempertimbangkan ukuran teks dan warna yang Anda pilih untuk membuat email terlihat dan terasa seprofesional mungkin.

Pilih font profesional dari daftar font email bisnis terbaik kami di tahun 2023 untuk tingkat keterbacaan, aksesibilitas, dan kolaborasi yang lebih baik secara keseluruhan.

Penulis: Gary Stevens

CTO Hosting Canada, situs web yang menyediakan ulasan pakar tentang layanan hosting dan membantu pembaca membangun bisnis dan blog online.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kode bahasa komentar.
Dengan mengirimkan formulir ini, Anda setuju dengan pemrosesan data pribadi sesuai dengan Kebijakan Privasi.

Postingan Terkait