Apa Itu Custom Domain dan Keuntungannya untuk Bisnis?

Dalam lanskap digital saat ini, membangun kehadiran online (online presence) yang kuat sangat penting bagi bisnis agar mampu bertahan dan berkembang.

Salah satu elemen kunci dalam menciptakan identitas merek yang profesional dan dapat dikenali adalah memiliki domain khusus, alias custom domain. Di blog ini, kita akan menjelajahi apa itu custom domain, manfaatnya bagi bisnis, dan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara membuat domain khusus.

Apa itu custom domain dan manfaatnya

Apa itu custom domain?

Custom domain adalah alamat web unik yang mewakili bisnis atau merek Anda di internet. Alamat ini menggantikan domain generik dan seringkali panjang yang disediakan oleh platform hosting situs web gratis.

Misalnya, alih-alih www.bisnisanda.freewebsitehosting.com, customdomain memungkinkan Anda memiliki alamat web profesional seperti www.bisnisanda.com.

Manfaat custom domain untuk Bisnis

Banyak pelaku usaha, terutama yang masih di level bisnis UKM belum percaya kekuatan custom domain. Buat apa beli custom domain kalau ada blog atau hosting yang gratis, kira-kira demikian pemikirannya.

Padahal, memiliki custom domain punya bergam manfaat, antara lain:

1. Branding

Custom domain membantu Anda membangun brand dan membuatnya lebih mudah diingat. Ketika orang melihat nama domain Anda, mereka dapat dengan mudah mengidentifikasi bisnis dan apa yang Anda lakukan.

Dengan menyelaraskan nama akun media sosial, email, situs web, dan beragam akun di marketplace, Anda telah mempraktekkan konsep penjualan omnichannel yang memudahkan calon pembeli melakukan transaksi.

2. Kredibilitas

Domain khusus juga membantu membangun kepercayaan dengan pelanggan potensial. Ketika orang melihat bahwa Anda memiliki domain khusus, mereka tahu bahwa Anda adalah bisnis yang sah dan bukan abal-abal.

Ketika orang melihat bahwa Anda memiliki domain khusus, mereka tahu bahwa Anda telah serius berinvestasi dalam bisnis.

3. Profesionalisme

Tentu saja bisnis Anda terlihat lebih profesional jika Anda menggunakan alamat kustom, baik di situs web maupun email dengan custom domain. Ketika Anda menggunakan nama domain gratis, itu dapat membuat bisnis Anda terlihat tidak serius.

4. Optimisasi mesin pencari (SEO)

Jika Anda menggunakan domain Google, Wix, atau penyedia hosting gratis lainnya, tentu Anda hanya sedang membantu meningkatkan SEO mereka dan bukan bisnis Anda.

Maka itu, penting memiliki, minimal alamat email dengan custom domain, untuk membantu Anda meningkatkan SEO. Saat orang menelusuri bisnis Anda, bisnis yang menggunakan custom domain akan cenderung muncul di bagian atas hasil penelusuran.

5. Kontrol dan Kepemilikan

Dengan domain khusus, Anda memiliki kontrol dan kepemilikan penuh atas brand Anda secara online. Anda tidak terikat pada platform hosting tertentu atau tunduk pada batasan atau larangan mereka.

Cara membuat custom domain

Membuat custom domain bukanlah langkah sulit. Anda tidak perlu memiliki pengalaman koding atau pemrograman tertentu. Namun tetap menjadi masalah besar jika Anda belum pernah melakukannya.

Berikut ini Zoho coba jelaskan sesederhana mungkin panduang membuat custom domain untuk bisnis Anda:

1. Pilih Registrar

Sederhananya, registrar adalah tempat dimana Anda bisa mendaftarkan domain yang Anda ingin miliki. Ada beberapa registrar terkemuka di dunia, seperti GoDaddy, Namecheap, atau Google Domains.

Di Indonesia Anda bisa membeli beragam nama domain dan mendaftarkannya di perusahaan semacam Hostinger, ID Cloud, atau Rumahweb dengan penawaran harga yang beragam.

2. Periksa Ketersediaan

Sebelum membeli, pastikan bahwa nama domain belum dimiliki pihak lain. Caranya, gunakan fungsi pencarian registrar untuk memeriksa apakah nama domain yang Anda inginkan tersedia.

Kami menyarankan untuk memilih nama domain yang selaras dengan nama bisnis Anda atau mewakili industri Anda. Tujuannya untuk membuat orang lebih mudah mengidentifikasi bisnis Anda.

3. Pilih Ekstensi

Pilih ekstensi domain yang sesuai, misalnya .com, .net, .org, .id, dan lainnya. Tidak ada aturan khusus dalam memilihnya. Hanya saja, tiap ekstensi punya harga yang berbeda. Ekstensi .com misalnya, telah dikenal luas dan menjadi favorit pemilik bisnis sehingga harganya mungkin lebih mahal dari ekstensi lainnya.

Ada juga ekstensi asli Indonesia, yaitu .id yang sekarang juga menjadi favorit berbagai bisnis yang beroperasi dari Indonesia.

4. Daftarkan Domain

Ikuti proses pendaftaran di registrar, berikan informasi yang diperlukan dan detail pembayaran untuk mengamankan domain kustom Anda.

Biasanya, Anda akan ditawari beberapa paket lain, seperti hosting, desain web, dan bahkan layanan digital marketing. Untuk itu, ketahui dulu kebutuhan Anda. Jika Anda belum berencana membangun situs web dan hanya ingin mengganti email bisnis, Anda dapat melewatkannya.

5. Siapkan Pengaturan DNS

Ini yang mungkin lebih teknis dari langkah sebelumnya. Akses pengaturan DNS (Domain Name System) disediakan oleh tempat Anda membeli domain sebelumnya, atau registrar.

Konfigurasikan data DNS untuk menghubungkan domain Anda ke situs web atau penyedia hosting Anda. Langkah ini memastikan bahwa ketika seseorang memasukkan nama domain Anda di browser web, mereka akan diarahkan ke situs web Anda.

6. Konfigurasi Email

Ini langkah wajib yang harus Anda lakukan setelah memiliki custom domain. Buat email khusus dengan nama domain bisnis Anda. Tinggalkan email-email gratis dari Gmail, Yahoo, Microsoft, dan lainnya, beralihlah menggunakan email hosting dari beberapa penyedia seperti di Zoho Mail.

Zoho Mail menyediakan berbagai fitur email canggih yang menyempurnakan pengalaman email Anda. Misalnya dengan keamanan tingkat lanjut, filter dan aturan email, template email, penjadwalan email, dan kemampuan untuk mengirim dan menerima email dari beberapa akun dalam antarmuka yang sama.

Begitu bisnis Anda berkembang, memiliki karyawan dan banyak pelanggan, tingkatkan kemampuan email bisnis Anda dengan alat kolaborasi Zoho Workplace yang menyatukan pekerjaan dan komunikasi antar tim.

Zoho Workplace dengan email custom domain

Kesimpulan

Bagi dunia bisnis, Kustom domain adalah aset penting yang membantu membangun online presence yang kuat dan meningkatkan brand awareness. Dengan memberikan alamat email bisnis profesional, Anda telah meningkatkan peluang branding yang lebih baik.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kode bahasa komentar.
Dengan mengirimkan formulir ini, Anda setuju dengan pemrosesan data pribadi sesuai dengan Kebijakan Privasi.

Postingan Terkait