Apa Itu Catatan Online dan Apa Kelebihannya Dibanding Sticky Notes?

Di dunia yang serba cepat ini, kita membutuhkan semua hal yang dapat diakses dan diorganisir dengan mudah, termasuk catatan kita. Kehadiran catatan sangat penting untuk menjaga kelancaran aktivitas kita, itulah mengapa kita memerlukan aplikasi catatan online yang efisien seperti Notebook.

Catatan Online

Apa itu catatan online?

Mungkin banyak dari pembaca belum familiar dengan istilah catatan online. Catatan online adalah adalah platform atau aplikasi virtual yang memungkinkan pengguna membuat, mengatur, dan menyimpan catatan, ide, dan informasi mereka dalam format digital.

Catatan online punya fungsi yang sama dengan catatan kertas tradisional, seperti sticky notes yang biasa kita tempel di kubikal kantor, meja kerja, atau bahkan di sekitar monitor komputer.

Namun, catataan online punya banyak kelebihan yang tidak dimiliki catatan konvensional, antara lain:

1. Aksesibilitas

Catatan online dapat diakses dari mana saja, selama Anda memiliki koneksi internet. Artinya, Anda dapat mengakses catatan dari komputer, tablet, atau ponsel cerdas.

Berbeda dengan sticky notes, misalnya, Anda hanya bisa menemukannya di tempat Anda menempelnya.

2. Kolaborasi

Online notebook gampang dibagikan ke orang lain, menjadikannya ideal untuk kolaborasi dalam sebuah pekerjaan. Kolaborasi kian mudah jika aplikasi catatan online telah memanfaatkan teknologi AI seperti chatGPT.

Catatan tempel tradisional tidak mungkin memiliki kelebihan ini. Anda mungkin bisa membuat catatan untuk orang lain, tapi harus membagikannya secara manual.

Bagaimana jika orang tersebut tidak di tempat? Bagaimana kalau Anda lupa memberi tahu jika Anda menulis notes untuk mereka?

3. Kemudahan pencarian

Pengguna catatan online sangat mudah untuk menemukan catatan tertentu. Tinggal ketik kata kunci dan temukan dengan mudah.

Ini tidak mungkin dengan catatan tradisional, yang mungkin sulit ditemukan jika tidak diatur dengan cara tertentu. Anda bahkan terkadang lupa dimana Anda mencatatnya, bukan?

4. Pencadangan

Anda tidak perlu khawatir kehilangan catatan online karena penyedia aplikasi catatan online seperti Zoho Notebook akan melakukan back up data penggunanya.

Sedangkan jika Anda menggunakan sticky notes, siapa yang akan membuat back up? Bagaimana jika catatan penting Anda hilang?

Notebook, catatan online gratis masa depan

Zoho Notebook adalah aplikasi catatan online gratis yang tangguh untuk membuat catatan dan menawarkan berbagai fitur agar catatan Anda terogranisir dengan baik, mulai dari fitur tag, warna pada catatan, mengelompokkan catatan, dan sebagainya.

Fitur-fitur itu mungkin sudah umum Anda temukan di aplikasi catatan online lainnya seperti Evernote, Google Keep, dan OneNote.

Namun di Zoho Notebook, Anda dapat menemukan fitur yang akan membawa pekerjaan dan bisnis Anda ke level yang lebih tinggi, yaitu Noteboard.

Noteboard merupakan sebuah papan kanban yang berisi daftar kumulatif catatan yang difilter. Anda dapat memiliki daftar sebanyak yang Anda butuhkan dan setiap daftar akan memiliki catatan yang dikatalogkan sesuai dengan filter yang Anda telah tetapkan.

Noteboard di Zoho Notebook akan memungkinkan pengguna untuk mengatur filter sesuai keinginan mereka, memberikan tampilan daftar catatan yang difilter di satu tempat, mengaktifkan pembuatan catatan dari jendela yang sama, dan berbagi cluster dengan mudah.

Catatan online

Fitur andalan dari aplikasi alternatif Evernote ini akan merevolusi cara kita mengatur seluruh catatan. Notebook berperan penting dalam membantu Anda mencapai dua tujuan utama penataan: kerapian dan aksesibilitas.

Apakah Anda ingin melihat catatan yang Anda buat saat perjalanan ke kantor? Ambil dengan mudah berbagai catatan yang dibuat dan simpan ke dalam notebook yang berbeda, hanya dengan menerapkan filter tanggal di papan catatan.

Aplikasi Catatan online

Personalisasikan Noteboard Anda dengan menetapkan nama dan mengganti sampulnya. Tandai Noteboard favorit Anda agar mudah diakses.

Kesimpulan

Meja kerja Anda tidak lagi penuh dengan bergam sticky notes, tidak lagi kebingungan dalam mengingat setiap catatan, dan yang terpenting, tidak ada satu tugas pun terlewatkan dengan bantuan aplikasi catatan online.

Cobalah fitur Noteboard di Notebook yang luar biasa dan buktikan sendiri produktivitas Anda akan meroket.

Selamat mencatat!

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kode bahasa komentar.
Dengan mengirimkan formulir ini, Anda setuju dengan pemrosesan data pribadi sesuai dengan Kebijakan Privasi.

Postingan Terkait