Kesulitan Gunakan ChatGPT? Ini Cara Mudah Menggunakannya

Jelang akhir tahun ini kita semua dikejutkan dengan hadirnya ChatGPT. Beberapa ahli berpendapat, ChatGPT akan menggantikan Google di masa depan.

Walau masih dalam tahap pengembangan, namun kehadirannya membuat heboh banyak orang. Dengan kemampuan obrolannya, ChatGPT menghasilkan sentuhan komunikasi natural bagi penggunanya.

Sebenarnya, Apa Itu GPT?

Sebelum kita mengolah lebih dalam soal ChatGPT, ada baiknya kita ulas apa itu GPT.

GPT, kependekan dari Generative Pre-trained Transformer, merupakan sebuah chatbot buatan OpenAI yang dibangun untuk meniru model bahasa dengan menggunakan metode deep learning untuk menghasilkan teks mirip manusia.

Mudahnya, GPT meniru gaya obrolan manusia sehingga menghasilkan sebuah obrolan yang dua arah dan natural. GPT versi paling mutakhir, versi 3.5, inilah yang menjadi jantung dari ChatGPT.

ChatGPT adalah model bahasa besar yang dilatih oleh OpenAI yang berinteraksi dengan  penggunanya lewat gaya obrolan. Format dialog ini memungkinkan ChatGPT untuk menjawab pertanyaan tindak lanjut, mengakui kesalahannya, menantang premis yang salah, hingga menolak permintaan yang tidak pantas.

Jadi, ChatGPT seolah-olah berperan sebagai mentor atau guru pribadi kita yang mengetahui hampir semuanya. Hebatnya, walau masih dalam masa pengembangan, namun ChatGPT telah tersedia dalam Bahasa Indonesia juga.

Apa yang bisa ChatGPT lakukan?

Karena dasarnya ChatGPT dikembangkan lewat machine learning dan telah dilengkapi dengan kecerdasan buatan, seperti halnya Zia yang dikembangkan Zoho, maka ChatGPT dapat menjawab beragam pertanyaan seperti:

  • Jawaban pertanyaan
  • Membuat rekomendasi
  • Membuat ringkasan dan mendeteksi kata kunci
  • Membuat beragam tulisan, mulai dari makalah, puisi, hingga naskah film
  • Terjemahan antarbahasa
  • Memecahkan perhitungan matematika
  • Klasifikasi
  • Mendeteksi dan memperbaiki kesalahan di blok kode apa pun
  • Menjelaskan apa yang dilakukan sesuatu (misalnya, menjelaskan apa yang dilakukan sebuah blok kode)

Cara menggunakan ChatGPT dengan efisien

Dengan lahirnya teknologi yang luar biasa ini, kita sebagai pengguna pun harus mengerti cara memanfaatkannya untuk produktifitas diri sendiri maupun bisnis.

Salah satu cara menggunakan CharGPT secara efisien adalah mengkolaborasikannya dengan aplikasi pencatat (note apps).

Pilih aplikasi note yang menawarkan ekstensi untuk ChatGPT agar Anda dapat menghemat waktu dalam menyalin semua teks percakapan dengan ChatGPT.

Dengan aplikasi note seperti ini, kita dapat menyimpan semua percakapan sebagai catatan tanpa berpindah tab. Ajukan semua pertanyaan Anda di ChatGPT dan simpan seluruh percakapan sebagai catatan di Notebook.

Anda tidak akan kehilangan jawaban dari ChatGPT. Bahkan, Anda dapat membacanya seasyik membaca buku kesayangan.

Bayangkan, hobi Anda berkebun, pasti Anda akan dihujani ribuan pertanyaan yang berkaitan dengan tanam-menanam. Sekarang Anda dapat meminta jawabannya ke ChatGPT dan menyimpan seluruh idenya sebagai catatan dengan sempurna di aplikasi note Anda.

Selamat mencatat!

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kode bahasa komentar.
Dengan mengirimkan formulir ini, Anda setuju dengan pemrosesan data pribadi sesuai dengan Kebijakan Privasi.

Postingan Terkait