Top of Funnel, Awal Mula Suksesnya Sales Funnel Anda

Kesuksesan sales funnel dimulai dari top of funnel yang baik

Saluran penjualan (sales funnel)telah menjadi landasan penting bagi strategi pemasaran dan penjualan. Di blog kami sebelumnya, kami telah menjelajahi dasar-dasar konsep sales funnel.

Di industri apapun, saluran penjualan yang sehat dimulai dari atas, atau biasa disebut top of funnel.

Sales Funnel sendiri adalah perjalanan yang dilakukan oleh sebuah leads, melalui serangkaian tahap yang akhirnya membawa mereka menjadi pelanggan. Semuanya dimulai saat mereka menyadari merek Anda dan berakhir saat mereka melakukan pembelian.

Apa yang dimaksud dengan Top of Funnel (ToFu)?

ToFu adalah tahap dimulainya perjalanan pembeli. Di tahap ini, calon pelanggan menyadari masalah atau kebutuhan mereka namun belum mengidentifikasi solusi spesifik.

Top of Funnel dibentuk untuk menarik perhatian mereka, menjadikan merek Anda berada di level teratas dalam pikiran mereka (top of mind), dan dengan lembut membimbing mereka dalam mempertimbangkan produk atau layanan Anda sebagai jawaban atas kebutuhan mereka.

Blog terkait:

Strategi Top of Funnel yang efektif

Berikut adalah beberapa strategi utama untuk membuat strategi ToFu yang baik:

1. Content is the king!

Buat konten informatif dan berkualitas tinggi yang sesuai dengan poin dan minat audiens target Anda. Konten bisa mencakup postingan blog, infografis, eBook, konten media sosial, atau bahkan webinar.

Ingat, tujuan konten di tahap ini adalah untuk mendidik dan menjadikan diri Anda sebagai sumber terpercaya, bukan untuk menjual.

2. Media sosial

Platform media sosial adalah tempat paling efektif untuk mengenal dan membangun komunikasi dengan audiens Anda.

Bagikan konten, terlibat dalam percakapan yang relevan, manfaatkan alat pendengar sosial seperti Zoho Social untuk memahami apa yang audiens Anda bicarakan tentang brand Anda, dan jalankan iklan media sosial yang ditargetkan untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

3. Optimasi SEO

Pastikan situs web dan konten Anda dioptimalisasi untuk mesin pencari. Hal ini meningkatkan kemungkinan calon pelanggan menemukan Anda saat mereka mencari solusi atas masalah mereka.

Anda dapat memulainya dengan meriset beberapa kata kunci yang berhubungan dengan merek Anda, kompetitor, dan topik lain yang masih berhubungan.

4. Uji coba dan demo gratis

Tawarkan uji coba gratis atau demo produk yang menarik untuk memberi calon pelanggan gambaran tentang nilai produk Anda.

Cara ini memungkinkan mereka merasakan manfaatnya secara langsung dan mendorong mereka lebih jauh ke dalam saluran penjualan.

Atau misalkan Anda menjalankan bisnis ritel yang sifatnya bergerak cepat, alias FMCG, Anda bisa juga menarik audiens dengan penawaran promosi khusus untuk pembelian pertama.

5. Fokus membangun citra merek

Pada tahap top of funnel di sales funnel, membangun identitas merek yang kuat dan konsisten sangat penting untuk membangun kesadaran dan menarik calon pelanggan.

Tentukan tone dan gaya unik merek Anda di seluruh saluran pemasaran untuk menciptakan pengalaman yang kohesif.

6. Jangan lupakan konten interaktif

Konten media sosial yang baik saja tidak cukup. Konten Anda juga harus dapat membangun komunikasi dengan audiens. Maka itu, penting untuk membangun konten interaktif seperti kuis, jajak pendapat, dan tanggapan yang menarik calon pelanggan dan mendorong mereka untuk membagikan informasi kontak mereka.

Jenis konten ini juga dapat memberikan informasi berharga mengenai preferensi dan minat mereka.

Baca juga:

7. Zoho CRM

Integrasikan upaya ToFu Anda secara mulus dengan software CRM. Tangkap leads yang dihasilkan dari konten dan interaksi media sosial Anda, dan kembangkan mereka dengan komunikasi yang dipersonalisasi.

Beberapa kemampuan penting Zoho CRM yang dapat membantu Anda mengelola sales funnel dengan lebih efisien:

a. Segmentasi dan lead scoring yang memungkinkan Anda mengelompokkan leads berdasarkan karakteristik dan perilakunya, sehingga memudahkan untuk menargetkan mereka dengan konten dan penawaran yang dipersonalisasi.

b. Alur kerja otomatis yang memungkinkan Anda menyederhanakan proses lead generation dan memastikan tindak lanjut tepat waktu.

c. Analisis dan laporan yang akan memberikan informasi penting tentang efektivitas strategi Anda.

d. Integrasi dengan tools pemasaran lainnya seperti Zoho Campaigns, Zoho MarketingHub, dan Zoho Social yang memungkinkan Anda membuat kampanye pemasaran yang kohesif di berbagai saluran.

Ingat: membangun ToFu di sales funnel adalah marathon, bukan sprint

Membangun strategi top of funnel yang baik membutuhkan waktu dan upaya yang konsisten. Fokus pada pembuatan konten yang menarik, membangun hubungan yang tulus dengan audiens Anda, dan mengelola leads di tiap tahap sales funnel.

Dengan memberikan nilai lebih di setiap titik kontak, Anda akan memupuk basis pelanggan setia dan memastikan sales funnel Anda tetap sehat dan terus berkembang.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kode bahasa komentar.
Dengan mengirimkan formulir ini, Anda setuju dengan pemrosesan data pribadi sesuai dengan Kebijakan Privasi.

Postingan Terkait