Bagaimana Software CRM untuk UKM Bantu Perkembangan Bisnis?

Menjalankan bisnis kecil adalah pengalaman yang tak terlupakan, tetapi juga sangat melelahkan. Banyak pekerjaan yang harus diselesaikan di waktu yang bersamaan, tanpa bantuan karyawan. 

Belum lagi, banyak keraguan, kebimbangan, dan pertanyaan yang harus dapat dijawab dengan penuh keyakinan. Apakah bisnis berada di jalur yang benar secara finansial? Bagaimana kita memenuhi peraturan yang baru? Bisakah saya menyeimbangkan antara kewajiban di keluarga dengan kewajiban menjalankan bisnis?

Saat ini sebenarnya banyak software bisnis untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM), termasuk juga software CRM untuk UKM bermunculan yang membantu menyederhanakan manajemen bisnis mereka. Tapi tentu saja, kebanyakan UKM masih takut dalam berinvestasi di solusi software bisnis. 

software CRM untuk ukm

Teknologi sebenarnya telah memengaruhi setiap aspek dalam operasional usaha kecil dan menengah, mulai dari mengerjakan hal remeh seperti mencetah label dan menghitung stok, hingga operasi bisnis yang lebih rumit seperti pengelolaan keuangan dan memahami pelanggan. 

Dalam blog ini, kami ingin membahas mengapa berinvestasi pada software CRM untuk UKM, terutama untuk mengelola hubungan dengan pelanggan Anda, benar-benar sepadan dengan pertumbuhan bisnis Anda. 

Apa itu software CRM?

CRM sendiri sebenarnya adalah pendekatan yang membantu bisnis dalam meningkatkan hubungan dengan pelanggan yang sudah ada dan mendapatkan pelanggan baru dengan lebih cepat. 

Sedangkan, software CRM dapat diartikan sebagai sebuah alat yang bertindak menjadi tempat penyimpanan untuk menyatukan aktivitas sales, marketing, dan bantuan pelanggan (customer support), serta menyederhanakan proses, kebijakan, dan karyawan dalam satu platform. 

Mudahnya begini. Jika Anda seorang memiliki usaha kecil atau menengah, dengan software CRM, khususnya untuk UKM, Anda bisa mengerjakan tugas seorang customer support, sales, dan marketing dengan lebih mudah. Semua dapat Anda kerjakan tanpa bantuan karyawan, setidaknya di masa awal Anda merintis bisnis UKM.

Kenapa software CRM untuk UKM menjadi penting?

Software CRM adalah investasi teknologi penting untuk bisnis apa pun, besar atau kecil. Ketika dijalankan dengan tepat, software bisnis ini memberi Anda alat untuk membangun, memelihara, dan meningkatkan hubungan dengan pelanggan dan leads.

Berikut ini manfaat lain dari sebuah software CRM untuk kebutuhan usaha kecil dan menengah.

1. Kepuasan pelanggan

Lebih jauh lagi, software CRM untuk UKM memungkinkan Anda untuk mendorong peningkatan kepuasan, layanan, dan loyalitas pelanggan. Ujung-ujungnya, Anda berkesempatan untuk menumbuhkan pendapatan bisnis dan profit lebih cepat.

2. Data digital, terpusat, dan mudah diakses

Terlalu banyak bisnis, terutama bisnis kecil, masih mengandalkan spreadsheet excel yang konvensional, potongan kertas di lemari arsip, atau bahkan menyimpan data pelanggan di kepala pemilik bisnis. 

Hal ini tentu tidak akan bertahan lama. Bagaimana kalau Anda punya karyawan baru? Bagaimana kalau Anda sedang tidak ada di tempat saat pelanggan membutuhkan sesuatu? Bagaimana mencari data satu pelanggan di tengah ribuan pelanggan yang Anda miliki?

Dengan software CRM untuk UKM, Anda dapat dengan mudah mengatur semua informasi pelanggan di satu tempat dan kemudian membuka data itu dimanapun. Ini akan membantu Anda dan tim memusatkan seluruh data, mulai dari data pelanggan, pendapatan, hingga arus kas, di satu tempat.

Hanya dengan mengolah berbagai data itulah Anda dapat mengembangkan UKM Anda lebih cepat dari sebelumnya.

4. Customer engagement

Pada tingkat paling dasar, software CRM untuk UKM dapat digunakan untuk menyediakan database terpusat bagi customer engagement. 

Lewat data riwayat interaksi Anda dengan setiap kontak yang mudah diakses kapan saja, Anda bisa mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang pelanggan dan leads yang masuk. 

Ini memungkinkan Anda untuk membangun setiap interaksi berikutnya dengan lebih baik dan melakukan penjualan atau memberikan pengalaman yang luar biasa kepada pelanggan. 

Apa yang dibeli pelanggan dari bisnis Anda tahun lalu? Apa yang dibeli pelanggan yang setipe dari Anda? Software CRM untuk UKM akan membantu Anda menyediakan data-data tersebut dengan mudah.

Hati-hati memilih software CRM untuk UKM

Seperti sudah kami sebutkan di awal tulisan ini, solusi teknologi untuk membantu UKM saat ini sudah sangat beragam di pasaran. Namun, hati-hati dalam memilih software CRM untuk UKM Anda. 

Banyak isu yang harus Anda pertimbangkan. Soal keamanan data pelanggan, kemudahan implementasi dan pengoperasian, hingga layanan bantuan jika terjadi masalah harus menjadi pertimbangan. 

Anda seharusnya tidak perlu memiliki banyak keahlian soal teknologi saat menggunakan software CRM untuk UKM, apalagi saat ingin melihat tampilan yang lebih menyeluruh dari audiens target Anda.

Anda memiliki kesempatan untuk meningkatkan kedalaman pengetahuan tentang setiap pelanggan dengan memasukkan variabel seperti pengalaman mereka saat meminta bantuan, keterlibatan pasca-penjualan, Nilai Customer Lifetime Value (CLV), dan pelanggan terkait dalam jaringan mereka.

Selain itu, pengusaha juga membutuhkan software CRM untuk UKM yang memiliki analitik canggih yang memberikan wawasan yang dapat ditindaklanjuti untuk mendorong hasil yang maksimal. 

Sangat penting untuk memahami bahwa berinvestasi dalam software CRM untuk UKM itu mudah, murah, dan cepat memberi nilai tambah dalam bisnis. Sederhananya, ketika Anda sebagai pemain bisnis UKM mengimplementasikan software CRM, Anda berpotensi besar mendapatkan keuntungan dengan sangat cepat.

Semua kemudahan itu bisa Anda dapatkan dalam Zoho CRM. 

Penutup

Sejak COVID-19, banyak bisnis di Indonesia mengubah strateginya. Ada diskusi dan kebingungan yang signifikan tentang apa arti perusahaan digital dan apakah semua perusahaan dapat menerapkan sistem digital.

Terlepas dari soal seberapa lama perusahaan Anda telah berdiri, namun jika Anda berpikir keberlangsungan usaha, perusahaan tidak akan dapat berkompetisi di masa mendatang tanpa software CRM. 

Proses manual dan sistem yang konvensional akan menempatkan Anda di pinggir lapangan, tidak dapat terhubung dengan pelanggan Anda, dan tidak dapat memasuki pasar global. 

Software CRM untuk UKM memang tidak menjamin bisnis Anda dapat menavigasi dunia bisnis digital dengan sukses, tetapi setidaknya, itu adalah investasi yang Anda butuhkan untuk masuk ke lapangan dan menjadi salah satu pemain penting dalam sebuah pertandingan.

Kami ajak Anda untuk membuktikan langsung ketangguhan Zoho CRM secara gratis di sini.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kode bahasa komentar.
Dengan mengirimkan formulir ini, Anda setuju dengan pemrosesan data pribadi sesuai dengan Kebijakan Privasi.

Postingan Terkait