5 To do List Dalam Mengelola Bisnis Saat Liburan Akhir Tahun

Musim liburan sudah dekat. Ini adalah masa di mana banyak orang dapat mengesampingkan pekerjaan dan menghabiskan waktu berkualitas bersama teman dan keluarga mereka.

Namun buat pengusaha, mungkin sulit untuk tidak memikirkan bisnis mereka, bahkan ketika mereka sedang healingdi pegunungan atau pantai. Mereka harus terus mengelola bisnis dengan baik.

Jika Anda pemilik bisnis dan merasakan hal yang sama, Anda tidak sendiri.

Cara Anda mengelola bisnis biasanya menuntut banyak waktu dan energi. Sama seperti setiap manusia, Anda berhak mendapatkan keseimbangan antara kerja dan istirahat. Istilahnya, work-life balance.

Pikiran untuk sejenak meninggalkan bisnis dan kehilangan penjualan di masa liburan bisa jadi menakutkan. Tetapi itu seharusnya tidak menjadi alasan untuk mengorbankan waktu istirahat yang memang layak Anda dapatkan.

Lagi pula, tidak ada gunanya bekerja begitu keras jika Anda tidak dapat menikmati hasilnya, bukan?

Pertanyaannya, mungkinkan Anda mengelola bisnis sambil menikmati liburan? Adakah cara agar Anda dapat menikmati liburan tanpa rasa bersalah sambil menjaga agar bisnis Anda tetap berjalan lancar?

Ya, tentu saja! Bahkan jika Anda ingin mengejar pendapatan yang hilang selama masa Covid-19 lalu, Anda tetap dapat melakukannya tanpa melepaskan liburan Anda.

Begini cara mengelola bisnis saat liburan

1. Buat rencana sebelumnya

Jika Anda telah memutuskan untuk berlibur, mulailah merencanakan tugas dan pertemuan dengan mempertimbangkan tanggal liburan. Pada saat yang sama, ingatlah bahwa karyawan Anda kemungkinan juga membutuhkan istirahat.

Jadi, rencanakan dengan bertanggung jawab: ingat ekspektasi karyawan Anda, siapkan daftar tugas sesuai urutan prioritas.

Cobalah menyelesaikan semua tugas yang paling penting lebih awal sebelum Anda pergi. Ini tidak hanya membuat pikiran Anda tenang tetapi juga mengurangi kemungkinan terjadinya masalah yang mengharuskan Anda turun tangan saat menikmati liburan.

2. Pilih pengganti Anda

Jika ingin bisnis berjalan lancar saat Anda pergi, Anda harus memiliki karyawan yang andal untuk menggantikan Anda. Orang tersebut harus bertugas mengawasi aktivitas bisnis sehari-hari dan menjaga agar kapal tetap berlayar ke arah yang tepat saat Anda berada di luar.

Hal ini akan jadi mudah jika Anda sudah memiliki orang kepercayaan. Tapi bagaimana kalau Anda belum memilikinya?

Coba diam selama dua atau tiga hari sebelum Anda pergi dan lihat siapa yang berinisiatif untuk mengambil tanggung jawab untuk sementara. Ini juga mempersiapkan tim untuk tetap bertanggungjawab saat Anda tidak ada.

Untuk membantu operasi berjalan semulus mungkin, pastikan bahwa orang yang akan bertanggung jawab memiliki semua yang diperlukan untuk menjalankan tugas saat Anda pergi.

Berikut adalah beberapa hal yang mungkin perlu Anda lakukan saat menyerahkan tanggung jawab ke orang lain:

  • Beri penanggung jawab akses ke dokumen penting dengan menyediakan kata sandi sebelum Anda pergi
  • Sediakan daftar tagihan yang harus dibayar selama Anda pergi
  • Bagikan semua kontak utama yang diperlukan

3. Beri tahu pemangku kepentingan lain

Baik itu distributor, vendor, atau pelanggan loyal, sebaiknya beri tahu mereka bahwa Anda tidak akan dapat menjawab pertanyaan mereka secara langsung untuk sementara waktu.

Kirim email atau pesan singkat yang menyatakan:

  • Durasi Anda akan absen dari pekerjaan
  • Informasikan bahwa Anda tidak akan dapat membalas email mereka selama Anda pergi
  • Siapa yang harus mereka hubungi saat Anda pergi

Ketika Anda melakukan cara mengelola bisnis semacam ini, Anda memungkinkan orang-orang yang berkepentingan untuk memutuskan tindakan terbaik berdasarkan keperluan mereka.

Mereka mungkin akan mengontak Anda sebelum Anda pergi karena merasa ada masalah mendesak yang harus segera diselesaikan. Atau mereka mungkin memilih untuk menyelesaikan masalah dengan tim Anda. Bisa juga mereka memilih untuk menunggu sampai Anda kembali karena keperluannya tidak begitu mendesak.

4. Manfaatkan otomatisasi

Ini cara mengelola bisnis masa kini yang paling penting. Lebih dari sekadar musim liburan, otomatisasi bisnis adalah cara mengelola bisnis paling efisien dan efektif.

Dengan bantuan softwarekolaborasi tim, beban kerja Anda dapat berkurang dan menyelesaikan tugas sehari-hari jauh lebih mudah bagi seluruh karyawan.

Berikut adalah beberapa cara menggunakan otomatisasi bisnis untuk menjaga kelancaran bisnis saat Anda berlibur:

  • Siapkan penjawab otomatis di email yang memberi tahu bahwa Anda sedang berlibur dan akan segera menghubungi mereka sekembalinya Anda dari liburan.
  • Jika Anda menjalankan toko online, buat pengaturan untuk mengirim email otomatis ke pelanggan setelah ada pembelian. Email ini memberi tahu tentang status pesanan mereka.
  • Gunakan chatbot di situs web Anda untuk menjawab pertanyaan umum pelanggan dan menyarankan jawaban terbaik dari pusat informasi Anda.
  • Jika Anda menangani konten, jadwalkan semua posting blog dan konten media sosial agar selalu ada konten terbaru.
  • Gunakan software akuntansi yang dirancang dengan baik untuk mengirim faktur otomatis dan pengingat pembayaran.

Baca selengkapnya tentang bagaimana mengotomatiskan proses bisnis membantu Anda menjadi lebih produktif.

5. Buat aturan untuk diri sendiri

Last but not least, fokus ke liburan dan nikmati liburan dengan sepenuh hati. Bukanlah hal baik untuk pergi berlibur jika masalah bisnis selalu menghantui pikiran Anda. Salah satu solusi untuk mengatasinya adalah dengan membuat aturan liburan untuk diri sendiri.

  • Sebelum pergi berlibur, logoutdari semua aplikasi bisnis kecuali alamat email.
  • Beri tahu penanggung jawab dan tim untuk tidak menghubungi Anda kecuali benar-benar diperlukan.
  • Jika Anda masih belum yakin dan ingin tetap tenang, mintalah penanggung jawab untuk membagi informasi secara berkala, mungkin dua atau tiga hari sekali.

Kesimpulan

Berlibur tanpa rasa khawatir pasti akan meningkatkan kualitas kehidupan pribadi dan profesional Anda. Agar Anda mendapat manfaat liburan, berkomitmenlah sepenuhnya untuk menikmati waktu istirahat Anda!

Tentang cara mengelola bisnis di waktu liburan, serahkan sebagian ke teknologi otomatisasi bisnis yang sudah banyak tersedia di pasar, salah satunya adalah Zoho Workplace.

Dengan menikmati liburan sepenuhnya, Anda akan memperbaiki kualitas pengelolaan bisnis Anda. Kami harap blog kami memudahkan Anda merencanakan liburan berikutnya.

Apakah ada tips lain yang Anda ingin kami tambahkan? Jatuhkan mereka di komentar di bawah ini.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kode bahasa komentar.
Dengan mengirimkan formulir ini, Anda setuju dengan pemrosesan data pribadi sesuai dengan Kebijakan Privasi.

Postingan Terkait