Lakukan 8 Tips Ini Agar Tetap Produktif di Liburan Akhir Tahun

Liburan akhir tahun memang menyenangkan! Mendekorasi rumah, berkumpul dengan keluarga serta teman, hingga mencari hadiah yang akan Anda beli untuk orang tersayang membuat bulan Desember begitu meriah.

Tapi ingat, waktu tak akan berhenti menunggu Anda menikmati liburan. Pekerjaan tetap harus diselesaikan, bisnis tetap harus dikelola dengan baik.

Tetap produktif di liburan akhir tahun

Cara tetap produktif di liburan akhir tahun

Inilah cara Anda menyeimbangkan pekerjaan dan kesenangan untuk memaksimalkan liburan Anda:

1. Rencanakan dan periksa

Catatan sangat membantu. Anda bisa memakai pengingat di ponsel, atau menggunakan sticky note. Buat dua daftar, satu untuk bekerja dan satu untuk liburan, sehingga Anda tidak melupakan satu hal pun.

Lebih baik merencanakan pekerjaan saat Anda sedang bekerja dan rencanakan aktivitas liburan akhir tahun saat di rumah. Prioritaskan item berdasarkan waktu dan seberapa penting item tersebut. Tandai hal-hal yang telah Anda selesaikan.

2. Matikan ponsel Anda

Dengan bunyi notifikasi dan panggilan yang terus-menerus, ponsel menyita banyak waktu tanpa Anda sadari. Bahkan satu notifikasi dari vendor atau tim bisa membuat Anda bekerja berjam-jam.

Aktifkan mode pesawat (airplane mode) di ponsel Anda agar tidak ada urusan pekerjaan yang mendistraksi liburan akhir tahun. Atau sekalian matikan ponsel Anda.

3. Jangan berkomitmen berlebihan. Ketahui ambang batas Anda

Belajarlah untuk mengatakan tidak. Sangat menyenangkan untuk membantu, tetapi bukan hal yang bijak jika Anda harus menulis laporan akhir tahun atau atasan memiliki sepuluh tugas lain untuk Anda dan Anda hanya mengiyakan.

Terlihat sepele memang. Tapi tugas-tugas pekerjaan atau bisnis kerap membuat runyam liburan Anda.

4. Perkuat ide. Lakukan diskusi

Jadikan rapat Anda sebelum berlibur lebih produktif. Diskusikan rencana dan bertukar pikiran dengan intens sebelum hari libur tiba. Bagikan pekerjaan Anda secara online dengan teman atau kolega dan dapatkan tanggapan atau komentar yang membangun.

5. Musik untuk menyeimbangkan pikiran

Bagaimanapun, kita memang kerap kesulitan untuk tidak memikirkan pekerjaan saat menikmati liburan. Penelitian menunjukkan bahwa musik memungkinkan Anda melarikan diri dari tempat kerja yang bising.

Siapkan tempat yang nyaman dan musik yang menenangkan untuk memfokuskan pikiran Anda.

6. Mengotomatiskan proses

Bagaimanapun, pekerjaan atau bisnis tetap menjadi tanggung jawab Anda, bahkan ketika Anda sedang menikmati liburan akhir tahun.

Otomatiskan ucapan selamat hari raya kepada pelanggan Anda, jadwalkan posting media sosial, konfigurasikan balasan email saat Anda libur, dan dapatkan informasi terkini tentang apa yang terjadi di tempat kerja Anda. Semua dapat dilakukan secara otomatis selama Anda memilih software bisnis yang tepat.

7. Bebaskan diri. Minimalkan stres

Jangan terlalu memaksakan diri untuk apapun. Tetap tenang, dan lakukan satu per satu.

Rumah siapa saja yang ingin Anda kunjungi? Apakah ada tempat wisata yang ingin Anda datangi bersama keluarga? Diskusikan dengan orang-orang di sekitar Anda. Urutkan. Jangan sampai saat liburan tiba, Anda malah sibuk berdebat dengan pasangan atau keluarga soal rencana liburan.

8. Manjakan diri Anda

Tetapkan pencapaian dan beri hadiah ke diri sendiri untuk setiap pencapaian yang Anda buat. Singkirkan laptop Anda dari meja, matikan notifikasi grup kantor, dan bersantailah. Manjakan diri Anda dengan makanan dan pengalaman liburan akhir tahun.

Semoga Anda segar kembali di tahun yang baru!

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kode bahasa komentar.
Dengan mengirimkan formulir ini, Anda setuju dengan pemrosesan data pribadi sesuai dengan Kebijakan Privasi.

Postingan Terkait