Cari Tahu Seberapa Efisien Software Bisnis Terpadu untuk Bisnis Anda

Dengan adopsi teknologi yang sangat cepat oleh bisnis modern, kebutuhan untuk mengelola software bisnis yang tepat telah menjadi tugas yang menantang.

Tantangan bertambah besar karena dalam beberapa tahun terakhir makin banyak software bisnis yang beredar di pasaran. Setelah bisnis memilih suatu solusi perangkat lunak, timbul lah masalah baru. Sebagian besar kesulitan menggunakan dan mengoptimalkan solusi tersebut.

Software bisnis penting yang harus dimiliki sebuah bisnis

Artikel ini menganalisis tiga operasi bisnis inti dan praktik terbaik untuk mengoptimalkannya dan menyesuaikannya dengan model bisnis digital.

Baca terus untuk mengetahui bagaimana bisnis Anda dapat mengatasi hambatan setelah menggunakan Zoho.

Di blog ini, kami akan membahas:

  • Praktik terbaik mengimplementasikansoftware bisnis untuk inventory management
  • Meningkatkan produktivitas dan profitabilitas dengan software bisnis untuk keuangan
  • Cara efektif menggunakan software bisnis untuk manajemen SDM
  • Cara menggunakan software manajemen bisnis untuk operasi bisnis yang mulus

1. Praktik terbaik mengimplementasikan software bisnis untuk inventory management

Software bisnis untuk inventory management membantu pemilik bisnis melacak stok dan inventaris mereka, mengidentifikasi kekurangan dan kelebihan, serta menetapkan produk yang tepat untuk pelanggan tertentu di CRM mereka.

Jika dilakukan secara manual, manajemen inventaris berkaitan dengan pengembangan dan produksi stok, penyimpanan stok, dan pengiriman pesanan ke pelanggan.

Bisnis yang beroperasi tanpa inventory management software biasanya mengelola basis data pelanggan dan informasi stok mereka di spreadsheet.

Mereka berulang kali harus mengecek stok secara manual. Mereka harus dengan hati-hati melacak barang yang mudah rusak untuk memastikan kualitas barang dan persediaan tetap memadai.

Saat pesanan datang, barang dikemas, dan dikirim, biasanya membutuhkan keterlibatan dari setidaknya empat atau lima karyawan.

Hal ini dapat mengakibatkan ketidaksingkronan data di beberapa Titik kontak (POC), menimbulkan biaya yang berlebih, dan produktivitas pun turun.

Transformasi digital telah membuat manajemen inventaris jauh lebih efisien. Transformasi telah memperkenalkan bisnis ke repositori terpusat untuk data pelanggan dan stok produk.

Segera setelah pesanan datang, penawaran akan dicocokkan dengan produk yang ada di CRM. Kemudian ditandai dan dikirim ke titik berikutnya dalam alur kerja pengiriman.

Dalam upaya transformasi digital, penting untuk melepaskan pekerjaan manual, terutama dalam hal dokumentasi.

Proses pendokumentasian secara manual sering mengakibatkan ketidakakuratan data, duplikasi, dan terkadang, stok tidak tersedia.

Fitur manajemen pesanan membantu memisahkan dan secara otomatis mengelola stok di inventaris Anda. Hub dan gudang untuk inventaris produk yang efisien juga penting.

Sebagian besar perangkat lunak manajemen inventaris dilengkapi dengan kontrol inventaris dan fitur manajemen gudang yang membantu Anda mencapai tujuan tanpa banyak kesulitan.

Komunikasi dan kolaborasi juga dapat dioptimalkan melalui digitalisasi. Untuk ini, pelacakan inventaris bersama dengan fitur Item Kitting harus digunakan.

Terkadang, variabel, seperti persaingan atau pergeseran permintaan, ikut berperan. Untuk mengaturnya, penting untuk menggunakan penganalisis tren bersama dengan fitur manajemen kinerja di tiap channel.

Ini membantu perencanaan produksi yang lebih baik, alokasi sumber daya, dan meningkatkan nilai bisnis secara keseluruhan.

2. Tingkatkan produktivitas dan profitabilitas dengan software bisnis untuk keuangan

Di masa lalu, pembukuan berkaitan dengan penyimpanan beberapa register hardbound untuk melacak pengeluaran, keuntungan/kerugian, dan untuk menetapkan kuota serta komisi.

Dengan pembukuan manual, bisnis tidak dapat memprediksi tren atau mengambil tindakan pencegahan jika terjadi penurunan tren.

Kesalahan yang terjadi selama pencatatan manual, dan faktur yang dikirim secara manual, menimbulkan inefisiensi proses.

Dengan penerapan teknologi, pembukuan menjadi lebih efisien, akurat, dan lancar. Otomatisasi yang mengatur pengeluaran dan pemasukan dapat diatur. Faktur elektronik pun dapat dikirim dengan satu kali klik.

Masalahnya, pembukuan modern seperti saat ini sangat rumit dan lebih dari sekadar akuntansi.

Dengan software pembukuan, Anda dapat tetap mengetahui arus kas dan manajemen kas, membuat keputusan yang bijaksana dengan mendapatkan perkiraan, dan mengatur proyek dengan alur kerja yang tidak pasti.

Anda juga dapat menyiapkan portal klien dan melacak pesanan penjualan serta pembelian. Bahkan Anda dapat mengatur otomatisasi dan pelaporan melaluisoftware inventaris Anda.

3. Cara efektif untuk menggunakan software bisnis untuk manajemen SDM

Sistem manajemen sumber daya manusia (Human Resource Management System/HRMS), atau sekarang dikenal dengan sebutan Software HR, dapat digunakan untuk memastikan kepuasan karyawan serta melacak manajemen, rekrutmen, kehadiran, dan administrasi insentif.

Lebih jauh lagi, software HR juga digunakan untuk melacak kinerja individu karyawan.

HRMS telah terbukti bermanfaat, dan seiring kemajuan teknologi, HRMS telah berevolusi untuk memenuhi tuntutan yang lebih spesifik.

Selain menyediakan kemampuan manajemen basis data menyeluruh, software HR biasanya juga membantu melacak semuanya, mulai dari kinerja karyawan hingga pertumbuhan bisnis hingga target per tiga bulan.

Beberapa bisnis menyediakan tools pelatihan internal untuk mengembangkan karyawan mereka, sementara yang lain menggunakannya untuk merekrut karyawan. Apapun itu, berinvestasi pada software bisnis terbaik yang menyediakan platform pelatihan internal perusahaan adalah langkah bijaksana.

4. Cara menggunakan software manajemen bisnis untuk operasi bisnis yang mulus

Saat mengimplementasikan software bisnis, banyak perusahaan justru menghadapi kemunduran karena kurangnya sumber informasi tentang cara mengoptimalkan produk secara maksimal dan mengelola solusi untuk kemajuan bisnis mereka.

Banyak bisnis menggunakan beberapa produk dari asal yang berbeda. Misal, untuk kebutuhan inventory, menggunakan software dari perusahaan A, untuk HR dari perusahaan B, untuk keuangan dari perusahaan C.

Sadar atau tidak, praktik ini justru membuat perusahaan berjalan lebih lambat. Karyawan harus berhadapan dengan antarmuka pengguna (UI) yang tidak konsisten.

Perusahaan sering menghabiskan berjam-jam untuk melatih karyawan baru, dan merogoh kas lebih dalam untuk memberikan pelatihan ini.

Oleh karena itu, sangat ideal untuk memilih sistem manajemen bisnis seperti Zoho One yang memiliki UI yang konsisten di seluruh aplikasinya dan memecah sekat antar data dengan repositori terpadu.

Sebagai contoh, software bisnis Zoho One menyediakan otomatisasi lintas aplikasi yang mulus, tanpa perlu menginstal banyak integrasi.

Misalnya, saat inventory membutuhkan aplikasi pembukuan untuk mengelola piutang dan hutang serta aplikasi manajemen SDM untuk mengelola timnya, mereka tidak perlu lagi API (application programming interface).

Tanpa perlu banyak akun dan kata sandi, menggunakan Zoho One benar-benar semudah bermain media sosial.

Paket Zoho One

Ekosistem Zoho One menawarkan berbagai software, mulai dari inventory management, software keuangan, dan software HR. Rangkaian software itu disatukan pada satu platform.

Zoho One juga menyatukan otomatisasi di 45 lebih aplikasi lainnya tanpa perlu integrasi, menjadikannya sistem operasi terbaik untuk bisnis.

Coba Zoho One GRATIS hari ini untuk meningkatkan bisnis Anda serta meningkatkan produktivitas dan efisiensi. 

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kode bahasa komentar.
Dengan mengirimkan formulir ini, Anda setuju dengan pemrosesan data pribadi sesuai dengan Kebijakan Privasi.

Postingan Terkait