4 Cara Ampuh Tingkatkan Keamanan Data Digital Entreprise

Di era digital saat ini, faktor keamanan perusahaan menjadi salah satu prioritas utama, terutama jika sebuah bisnis konvensional ingin bertransformasi menjadi perusahaan digital, alias digital enterprise.

Dengan meningkatnya jumlah data sensitif dan informasi rahasia yang disimpan dan dibagikan secara online, perusahaan harus mengambil langkah proaktif untuk melindungi diri dari ancaman siber.

Keamanan data digital enterprise

Definisi Digital Entreprise?

Digital Enterprise sendiri sebenarnya adalah sebuah perusahaan yang mengadopsi teknologi digital sebagai bagian inti dari strategi bisnis, operasi, dan pengambilan keputusannya, untuk meningkatkan efisiensi, daya saing, dan kepuasan pelanggan.

Faktor yang paling esensial dalam Digital Enterprise adalah penggunaan tools digital untuk kebutuhan penjualan, pemasaran, layanan pelanggan, rantai pasok manajemen (supply chain), dan komunikasi internal.

Setelah di beberapa tulisan sebelumnya kita telah membahas lebih dalam soal apa itu digital entreprise dan cara membangunnya dengan mudah, kali ini kita membahas lebih dalam soal faktor keamanannya.

Pentingnya Keamanan Perusahaan Digital

Keamanan perusahaan digital sangat penting untuk melindungi data sensitif dan informasi rahasia perusahaan dari ancaman dunia maya.

Serangan dunia maya dapat datang dalam berbagai bentuk, termasuk phishing, malware, ransomware, dan peretasan.

Kita masih ingat baru-baru ini serangan siber di sebuah bank BUMN mengakibatkan bocornya jutaan data nasabah. Serangan ini tentu mengakibatkan kerugian finansial yang signifikan, kerusakan reputasi, dan bahkan tanggung jawab hukum.

Selain melindungi dari serangan pihak eksternal, perusahaan juga harus mengantisipasi serangan internal. Bukan bermaksud mencurigai karyawan, namun ingat, serangan siber kerap terjadi karena kelalaian karyawan sendiri.

Oleh karena itu, perusahaan harus menerapkan kebijakan keamanan yang ketat dan mendidik karyawan tentang praktik terbaik untuk memitigasi risiko ini.

Praktik Terbaik untuk Keamanan Digital Entreprise

Berikut ini beberapa cara sederhana untuk meningkatkan keamanan data dalam sebuah digital entreprise.

1. Gunakan password yang kuat dan multi-factor authentification (MFA)

Password adalah garis pertahanan pertama melawan serangan siber. Sebuah bisnis yang sudah menjadi digital entreprise harus memastikan karyawannya menggunakan kata sandi yang kuat dan rumit serta menggunakan multi-factor authentification (MFA) untuk menambah lapisan keamanan ekstra.

Dengan MFA, selain kata sandi, karyawan harus memberikan satu atau beberapa faktor autentikasi tambahan, biasanya dari sesuatu yang mereka miliki seperti smartphone atau token. Bisa juga meminta otentifikasi dari sesuatu yang unik di diri pengguna, seperti sidik jari atau face recognition.

Aplikasi MFA semacam Zoho Vault menawarkan fitur keamanan yang tangguh.

Pengguna dapat mengaktifkan MFA di Zoho Vault dan menggunakannya untuk semua akun yang mereka miliki.

Setelah masuk ke sebuah akun, karyawan akan diminta memasukkan password dan kemudian mengautentikasinya menggunakan Zoho Vault. Lapisan keamanan tambahan ini memastikan bahwa meskipun penyerang berhasil mendapatkan kata sandi pengguna, mereka masih memerlukan akses ke perangkat pengguna atau token autentikasi untuk menyelesaikan proses login dengan sukses.

2. Selalu perbarui software dan sistem

Perangkat lunak dan sistem yang kedaluwarsa lebih rentan terhadap serangan siber. Selalu perbarui semuanya dengan tambalan dan pembaruan keamanan terbaru.

Menginstal update terbaru dari sebuah software atau apps sering dianggap sepele. Padahal, mereka sering menyertakan peningkatan keamanan dalam update tersebut.

Misalnya, pengembang apps sering menyertakan perbaikan di suatu kerentanan (vulnerability), seperti kelemahan dalam coding yang ada di versi sebelumnya.

Kerentanan ini berpotensi dieksploitasi oleh hacker untuk mendapatkan akses ke akun Anda. Dengan memperbaiki kerentanan ini, update akan memperkuat pertahanan software tersebut.

3. Gunakan enkripsi

Enkripsi adalah sebuah proses mengubah data menjadi kode untuk mencegah akses yang tidak sah. Gunakan enkripsi untuk data sensitif, baik dalam penyimpanan maupun saat transit.

Ibarat sebuah pesan rahasia yang ingin Anda jaga keamanannya, enkripsi data akan mengubah pesan itu menjadi kode rahasia yang hanya dapat dipahami oleh Anda dan orang-orang tertentu yang Anda bagi.

Enkripsi bekerja dengan menggunakan kode khusus yang disebut kunci enkripsi. Kunci-kunci ini seperti kata sandi rahasia yang dapat membuka dan mengunci kode.

Saat Anda ingin mengirim pesan rahasia, Anda menggunakan kunci enkripsi untuk mengubahnya menjadi kode rahasia. Ini sangat menyulitkan orang lain untuk membaca atau memahami pesan Anda karena mereka tidak memiliki kunci khusus untuk membukanya.

Saat orang yang ingin Anda bagikan pesan menerimanya, mereka menggunakan kunci enkripsi yang sama untuk membuka kunci kode rahasia dan membaca pesan Anda.

4. Menerapkan kontrol akses berbasis peran

Kontrol akses berbasis peran (Role-based access control/RBAC) adalah model keamanan yang membatasi akses ke data sensitif berdasarkan peran individu dalam organisasi.

Pastikan software bisnis di perusahaan Anda punya fitur ini. Terapkan RBAC di setiap software untuk memastikan bahwa karyawan hanya memiliki akses ke data dan sistem tertentu yang mereka perlukan untuk melakukan pekerjaan mereka.

Solusi software bisnis yang membantu meningkatkan keamanan data digital entreprise

Bayangkan jika di perusahaan Anda menggunakan banyak software bisnis dari vendor yang berbeda. Tiap vendor memiliki kebijakan keamanannya sendiri dan tingkat keamanan yang berbeda.

Di sisi lain, karyawan pun harus menyimpan banyak akun dan password. Ini bukanlah praktik terbaik dalam menjaga keamanan data perusahaan. Makin banyak seseorang memiliki akun dan password, maka makin rentan lah ia dengan serangan.

Bagaimana jika ada satu software bisnis untuk menyatukan semua operasi bisnis, mulai dari keuangan, HR, marketing, hingga kolaborasi karyawan.

Zoho lewat Zoho One menawarkan berbagai solusi yang dapat membantu perusahaan meningkatkan keamanan perusahaan digital mereka.

1. Zoho Vault

Zoho Vault adalah password manager yang memungkinkan penggunanya menyimpan dan mengelola kata sandi mereka dengan aman. Dengan Zoho Vault, perusahaan dapat menerapkan kebijakan kata sandi, mengaktifkan autentikasi dua faktor, dan berbagi kata sandi dengan aman.

2. Zoho Cliq

Zoho Cliq adalah software perpesanan instan untuk kolaborasi tim yang mencakup enkripsi data end-to-end untuk semua pesan dan file. Ini memastikan bahwa informasi sensitif dilindungi bahkan selama kolaborasi.

3. Zoho OneAuth

Zoho OneAuth adalah software multi-factor authentification (MFA) yang memungkinkan perusahaan mengamankan akun mereka dengan lapisan keamanan ekstra. Dengan Zoho OneAuth, perusahaan dapat melindungi akun mereka dari phishing, serangan brute force, dan ancaman keamanan lainnya.

4. Zoho Creator

Zoho Creator adalah platform pengembangan aplikasi low-code yang memungkinkan perusahaan membuat aplikasi khusus untuk kebutuhan khusus mereka. Dengan Zoho Creator, perusahaan dapat membuat aplikasi aman yang mematuhi kebijakan keamanan khusus mereka.

Kesimpulan

Sebuah digital entreprise harus melindungi data sensitif dan informasi rahasia perusahaan dari ancaman dunia maya. Perusahaan harus menerapkan praktik terbaik, seperti menggunakan password yang kuat dan autentikasi multi-faktor, memperbarui perangkat lunak dan sistem, menggunakan enkripsi, menerapkan kontrol akses berbasis peran, dan melatih karyawan secara rutin.

Zoho One menawarkan berbagai solusi perangkat lunak yang dapat membantu perusahaan meningkatkan keamanan digital entreprise agar kolaborasi antar karyawan dan tim semakin tangguh.

Sebuah digital entreprise pasti akan mengalami percobaan serangan siber. Menyiapkan software bisnis yang aman, melatih karyawan, dan memiliki langkah antisipasi yang baik akan

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kode bahasa komentar.
Dengan mengirimkan formulir ini, Anda setuju dengan pemrosesan data pribadi sesuai dengan Kebijakan Privasi.

Postingan Terkait