Dari Software Manajemen Proyek Hingga Software HR, Mana yang Terpopuler Menurut ChatGPT?

Apakah Anda kesulitan dalam mengejar tuntutan bisnis modern yang bergerak semakin cepat? Apakah Anda kewalahan dengan banyaknya dokumen, kesulitan mengelola sumber daya, melacak kinerja, dan berkolaborasi secara efektif?

Anda tidak sendirian. Ketika banyak perusahaan terus berkembang, zaman berubah makin cepat, menangani operasi sehari-hari bisa menjadi rumit.

Di situlah solusi manajemen bisnis berada. Ia menyediakan alat canggih untuk merampingkan alur kerja, meningkatkan komunikasi antartim, dan pada akhirnya mendorong pertumbuhan.

Masalahnya, bagaimana memilih software yang bagus?

Tentu tidak obyektif jika kami mengatakan bahwa Zoho adalah yang terbaik.

Untuk itulah, demi mengikuti tren terbaru dalam teknologi kecerdasan buatan (AI), di tulisan ini kami mencoba untuk memanfaatkan ChatGPT, sebuah AI generatif, untuk mengidentifikasi beberapa software bisnis terpopuler di dunia.

Software bisnis terpopuler berdasarkan kategorinya

Kami mencoba bertanya ke ChatGPT soal beberapa software yang paling populer, mulai dari software manajemen proyek,

Manajemen Proyek 

Dalam tim atau perusahaan, manajemen proyek memerlukan pengorganisasian, pelacakan, dan penyelesaian sebuah tugas atau proyek.

Software ini biasanya mencakup identifikasi tugas, mendelegasikannya ke anggota tim, menetapkan prioritas, dan melacak progres tiap tugas.

Software manajemen proyek yang baik biasanya telah dilengkapi dengan beragam tools manajemen tugas, seperti penugasan, daftar tugas, pengingat tenggat waktu, dan pelacakan progres. Beragam tools ini membantu tim bekerja dengan teratur, fokus, dan terukur.

Dengan menggunakan daftar tugas, anggota tim dapat membuat daftar tugas sesuai urutan prioritas dan mencentangnya setelah selesai.

Penugasan, di sisi lain, memungkinkan pengguna untuk menetapkan tugas tertentu kepada orang lain dan menetapkan tenggat waktu penyelesaiannya.

Dalam fitur pelacakan progres, anggota tim dan manajer dapat mengawasi status setiap tugas dan segera mengidentifikasi masalah atau penundaan yang terjadi. Selain itu, pengingat tenggat waktu memastikan bahwa anggota tim mengetahui tenggat waktu yang akan datang untuk mengantisipasi keterlambatan.

Sekarang, inilah jawaban ChatGPT ketika kami memintanya untuk membuat daftar beberapa software manajemen proyek terpopuler yang digunakan oleh bisnis ternama di dunia.

software manajemen proyek

Time tracking

Pelacakan waktu meliputi pengukuran dan pencatatan waktu yang dihabiskan untuk berbagai tugas, proyek, dan aktivitas, dengan tujuan memantau progres, mengidentifikasi area yang perlu perbaikan, dan memastikan manajemen waktu yang efektif.

Pelacakan waktu otomatis dan time sheet adalah salah satu software yang tersedia di  dalam kumpulan software manajemen bisnis.

Algoritma dan machine learning digunakan oleh time tracking software untuk mencatat waktu yang dihabiskan di berbagai tugas dan aktivitas.

Alat ini memantau aktivitas pengguna di komputer mereka, termasuk aplikasi dan situs web mana yang digunakan, dan menugaskan anggota tim ke sebuah tugas atau proyek yang relevan.

Di sisi lain, lembar waktu (time sheet) adalah jenis lain dari alat pelacak waktu yang memungkinkan pengguna mencatat secara manual waktu yang dihabiskan untuk berbagai tugas dan aktivitas.

Fitur yang satu ini sangat berguna bagi para freelancer yang mengerjakan banyak proyek atau tugas banyak klien yang berbeda.

Saat kami meminta ChatGPT untuk memberikan daftar time tracking software yang umum digunakan, chatGPT menjawab dengan informasi berikut.

software time tracking

Software kalender 

Proses mengatur dan menjadwalkan meeting dan event dikenal sebagai manajemen kalender. Kalender bersama, penjadwalan, dan fitur pengingat adalah beberapa fitur andalan yang harus ada di sebuah software kalender.

Kalender bersama dan penjadwalan memungkinkan anggota tim untuk melihat jadwal satu sama lain, memudahkan mereka dalam mengatur jadwal rapat tanpa harus bertanya ke tiap peserta rapat.

Fitur pengingat membantu anggota tim tetap teratur dan memastikan mereka tidak melewatkan deadline atau rapat penting.

Software kalender ini membantu meningkatkan produktivitas, meningkatkan kolaborasi, dan membantu mencapai hasil berkualitas tinggi.

Ketika kami meminta ChatGPT untuk membuat daftar software kalender populer yang tersedia di pasar. Ini jawabannya.

Software kalender zoho

Manajemen file 

Software manajemen file memerlukan pengorganisasian, penyimpanan, dan pembagian dokumen di lokasi terpusat yang dapat diakses oleh semua anggota tim, memungkinkan kolaborasi yang koheren dalam semua tugas dan proyek.

Software tersebut biasanya menyediakan beberapa alat berbagi file, seperti penyimpanan berbasis cloud, sistem manajemen dokumen, dan version control software.

Penyimpanan cloud telah menggantikan perangkat penyimpanan fisik dengan memungkinkan anggota tim menyimpan dan mengakses file secara online. Solusi ini akan sangat berguna untuk tim yang bekerja secara remote di mana pun.

Selain berbagi file, software manajemen file membantu tim mengelola, mengatur, dan berbagi dokumen. Dengan fitur seperti kontrol akses dan jejak audit, pengguna dapat berkolaborasi dalam dokumen tanpa kehilangan informasi atau membuat perubahan yang tidak sah.

Menanggapi pertanyaan kami, ChatGPT mencantumkan beberapa software manajemen file populer di dunia.

software manajemen file

Software HR 

Software HR yang baik biasanya memiliki tools untuk perencanaan sumber daya, aplikasi absensi, alokasi, dan fitur pelacakan. Alat-alat ini membantu mengelola karyawan, keuangan, material, peralatan, waktu, hingga memastikan bahwa sumber daya digunakan secara efisien.

Saat berkonsultasi dengan chatGPT, kami mendapatkan daftar software HR yang umum digunakan oleh bisnis di dunia.

Software HR

Komunikasi 

Dalam konteks manajemen bisnis, komunikasi merupakan pertukaran informasi dan ide di antara individu dan tim dalam sebuah perusahaan.

Komunikasi yang efektif menjamin bahwa setiap orang memiliki pemahaman yang sama dan memiliki akses ke informasi penting, seperti kebijakan dan prosedur perusahaan.

Dalam sebuah software komunikasi, di dalamnya mencakup aplikasi pesan instan informal, aplikasi konferensi video, dan email.

Email adalah media yang ideal untuk komunikasi formal, seperti mengirim pesan ke klien dan pelanggan. Sedangkan alat komunikasi populer lainnya, aplikasi pesan instan, memungkinkan anggota tim untuk berkomunikasi secara real time, menjadikannya ideal untuk komunikasi informal.

Untuk kolaborasi yang lebih mudah, perusahaan biasanya menggunakan aplikasi konferensi video agar meeting bisa digelar dimana saja.

Saat mencari saran dari ChatGPT, ia menyediakan kompilasi software komunikasi yang banyak digunakan oleh bisnis.

Software komunikasi kantor

Pelacakan kinerja 

Pelacakan kinerja mencakup penilaian dan pengawasan kinerja individu, tim, dan seluruh organisasi. Software untuk kebutuhan ini memiliki fitur perencanaan kinerja, pemantauan, evaluasi, dan pelaporan.

Alat-alat tersebut membantu organisasi mengevaluasi kinerja mereka, mengidentifikasi area perbaikan, dan mengoptimalkan operasi.

Ketika diminta untuk menyebutkan beberapa perangkat lunak pelacakan kinerja yang banyak dicari yang tersedia di pasar, chatGPT menjawab dengan informasi berikut.

Manajemen keuangan 

Manajemen keuangan merupakan aspek penting dari manajemen bisnis yang melibatkan perencanaan keuangan, pengorganisasian, pengendalian, dan pemantauan kegiatan keuangan.

Software manajemen keuangan hadir untuk membantu organisasi mengelola sumber daya keuangan mereka secara efisien.

Software keuangan biasanya menyediakan aplikasi pembuatan invoice, tools untuk melacak pengeluaran, dan membuat laporan keuangan.

Dengan bertanya ke ChatGPT, kami mendapat kompilasi software keuangan yang sering digunakan bisnis seperti di bawah ini.

Software akuntansi keuangan

Kesimpulan 

Software bisnis sangat penting untuk meningkatkan produktivitas dan mengurangi biaya. Software keuangan, software manajemen proyek, software HR, dan lainnya seperti yang telah disebutkan di atas menawarkan berbagai fitur untuk mengelola komunikasi, tugas, waktu, dokumen, akuntansi, dan keuangan untuk membantu bisnis Anda berjalan lebih efisien.

Fakta bahwa chatGPT menghadirkan aplikasi Zoho di setiap kategori menegaskan keefektifan Zoho sebagai pemain utama dalam dunia software bisnis.

Semua software itu pun dapat digunakan dengan mudah dalam platform Zoho One yang tidak cuma sebagai software, tapi juga berfungsi sebagai sistem operasi terintegrasi untuk bisnis Anda. Ini memungkinkan Anda mengelola proses kantor, dan menyediakan platform terpadu untuk semua operasi, aktivitas, dan karyawan Anda.

Jika Anda ingin tahu lebih lanjut soal bagaimana Zoho One dapat menyederhanakan seluruh software bisnis yang Anda gunakan, kami mengundang Anda untuk bergabung di demo Zoho One di akhir bulan ini.

Daftar segera di sini!

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kode bahasa komentar.
Dengan mengirimkan formulir ini, Anda setuju dengan pemrosesan data pribadi sesuai dengan Kebijakan Privasi.

Postingan Terkait