Atur Biaya Pemasaran Lebih Mudah dengan Budget Board di Zoho Marketing Plus

Biaya pemasaran dengan Budget Board

Sebagai marketing, kita kerap menghabiskan sejumlah uang perusahaan. Namun tentu saja itu beralasan. Kita perlu menjalankan beragam kampanye berbayar, seperti menggelar acara, menjalankan iklan, dan banyak lagi.

Kita hanya dapat membenarkan biaya marketing ini sebagai investasi jika pengeluaran tersebut dilakukan pada tempat yang tepat.

Untuk menjustifikasi hal itu, penting untuk melacak semua pengeluaran secara akurat.

Pertanyaannya, bagaimana kita melacak semuanya?

Jawaban paling sederhana tentu saja dengan menggunakan spreadsheet. Namun detail penting sering kali luput dari perhatian.

Bagaimana jika ada alat yang dapat kita gunakan untuk mencatat semua biaya marketing, termasuk biaya digital marketing, dan memungkinkan kita memeriksanya kapan saja?

Itulah alasan kami membuat Budget Board di Zoho Marketing Plus.

Apa itu Budget Board di Marketing Plus?

Budget Board adalah ruang di mana tim pemasaran dapat merencanakan anggaran marketing mereka, menambah, dan melacak biaya pemasaran, hingga membuat keputusan berdasarkan data.

Tim marketing dapat merencanakan anggaran mereka secara strategis untuk berbagai merek, dengan melihat secara mendalam alokasi berbasis waktu untuk masing-masing merek, termasuk rencana tahunan, triwulanan, atau bulanan.

Mereka juga dapat merencanakan anggaran pemasaran berdasarkan project yang berbeda, seperti promosi di apps atau peluncuran produk baru, dan mengelola pengeluaran untuk berbagai aktivitas pemasaran seperti kampanye email, iklan berbayar, dan event.

Manfaat Budget Board

1. Kelola biaya pemasaran dengan lebih efektif

Tetapkan anggaran yang jelas untuk bisnis Anda agar anggota tim marketing dan pemangku kepentingan lain tetap mendapat informasi dan selaras dengan anggaran Anda. Ada dua cara berbeda untuk merencanakan anggaran pemasaran Anda.

Anggaran berdasarkan merek: Rencanakan anggaran pemasaran merek Anda untuk periode waktu yang berbeda seperti tahunan, triwulanan, atau bulanan dan pastikan bahwa anggota tim tidak membelanjakan lebih dari jumlah yang dialokasikan untuk setiap periode.

Anggaran berdasarkan proyek: Rencanakan biaya pemasaran dengan menentukan anggaran untuk setiap proyek. Misalnya, Anda dapat mengalokasikan Rp100 juta untuk peluncuran apps. Tim marketing kemudian dapat merencanakan dan melaksanakan aktivitas kampanye sesuai anggaran yang ditentukan.

2. Tak akan ada biaya kelewat batas

Dengan Budget Board, Anda dapat mencatat semua biaya pemasaran, seperti jumlah yang dihabiskan untuk suatu acara, iklan, dan aktivasi lainnya, serta menentukan biaya acara lebih lanjut yang dikeluarkan, seperti pemesanan tempat, katering, dan multimedia.

Sertakan tanda terima dan simpan catatan menyeluruh untuk tujuan audit dan kepatuhan di masa mendatang.

3. Dapatkan informasi mendalam tentang pengeluaran pemasaran

Berdasarkan pengeluaran yang Anda catat, Budget Board dengan cerdas menganalisis dan mengkategorikan pengeluaran marketing menurut jenis aktivitas, lokasi, dan lainnya.

Selain itu, Anda selalu bisa mendapatkan gambaran singkat tentang anggaran yang sudah ditetapkan versus pengeluaran riil melalui bagan sederhana untuk memastikan tim marketing tidak mengeluarkan uang lebih dari yang dianggarkan.

Mengapa Budget Board penting?

Kebanyakan tim pemasaran mengelola anggaran pemasaran mereka di beberapa spreadsheet dan sering kali kehilangan jejak. Meskipun ada alat bantu penganggaran dan manajemen pengeluaran yang tersedia di pasar, alat tersebut tidak dirancang secara khusus untuk memenuhi kebutuhan marketing, juga tidak terhubung ke platform tempat aktivitas pemasaran sebenarnya dilaksanakan.

Dengan cara itu, tim marketing bisa kekurangan akses terhadap informasi yang lebih mendalam, seperti pengeluaran berdasarkan geografis, pengeluaran berdasarkan tujuan, pengeluaran berdasarkan aktivitas, dan lainnya. Hal itu tentu akan menghambat kemampuan tim untuk membuat keputusan berdasarkan data.

Zoho membangun Budget Board untuk mengatasi masalah ini dengan membantu tim pemasaran merencanakan anggaran mereka, mencatat semua pengeluaran mereka, dan mengkategorikannya.

Contoh penggunaan Budget Board

Misalkan ada sebuah perusahaan bernama Zylker yang memiliki beberapa bisnis: Zylker Travels, Zylker Cafe, Zylker Motors, dan sebagainya.

CMO Zylker mengalokasikan anggaran untuk setiap merek:

  • Zylker Travel: $40.000
  • Zylker Cafe: $15.000
  • Zylker Motor: $50.000

Untuk mempermudah, mari kita fokus pada satu merek saja, Zylker Travels. Anggaran setiap merek bisa dialokasikan untuk satu tahun, triwulan, atau bahkan sebulan.

Dalam skenario ini, asumsikan anggaran dialokasikan untuk Q2. Oleh karena itu, Budget Board menampilkan anggaran marketing untuk bulan April, Mei, dan Juni sebesar $40.000.

Semua anggota tim pemasaran Zylker Travels dapat melihat anggaran yang dialokasikan dan merencanakan project pemasaran mereka sesuai dengan yang telah ditentukan.

Misalnya: Lisa, Paid Ads Manager, membuat project bernama "Pemesanan Perjalanan Online", yang aktivitas utamanya adalah iklan penelusuran, dengan anggaran sebesar $15.000.

John, Event Manager, membuat proyek bernama "Austin Marketing Event" dan menetapkan anggaran sebesar $10.000 untuk proyek tersebut.

Setelah John menyelesaikan kampanye acara, dia menambahkan semua biaya yang dikeluarkan untuk acara tersebut. Berikut rinciannya:

  • Nama Proyek: Austin Marketing Event
  • Jenis: Marketing event
  • Biaya: Sewa tempat
  • Jumlah: $1.500
  • Biaya: Biaya sponsorship
  • Jumlah: $5.000
  • Biaya: Aktivitas engagement
  • Jumlah: $5.000

Setelah ditotal, John melebihi anggaran yang telah dialokasikan sebesar $1.500. Budget Board menampilkan perbedaan ini sebagai catatan, yang membantu memastikan agar anggaran tidak berlebih dan agar tetap sesuai dengan alokasi anggaran merek secara keseluruhan.

Marketing Head Zylker Travels dapat dengan cepat meninjau semua pengeluaran dalam satu dasbor dan memastikan semuanya berada di jalur yang benar.

Penutup

Kami terus berupaya untuk memudahkan cara Anda merencanakan dan mengelola biaya pemasaran Anda.

Kami sedang berupaya menyempurnakan platform ini dengan lebih banyak fitur hebat, seperti ROI dan pelacakan kinerja, alur kerja persetujuan, integrasi dengan platform keuangan populer, dan banyak lagi.

Kami berharap peningkatan baru ini membantu Anda mengelola biaya pemasaran Anda secara efektif.

Silakan berbagi pertanyaan, saran, atau masukan apa pun yang Anda miliki di bagian komentar. Terima kasih telah mendengarkan!

Coba Budget Board di Marketing Plus. Tersedia uji coba gratis selama 15 hari.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kode bahasa komentar.
Dengan mengirimkan formulir ini, Anda setuju dengan pemrosesan data pribadi sesuai dengan Kebijakan Privasi.

Postingan Terkait