4 Strategi Customer Engagement Ini Terbukti Buat Pelanggan Makin Setia

Pelanggan berharap mendapat lebih banyak dari sebuah bisnis. Penyebaran internet telah membawa perubahan besar dalam lanskap bisnis.

Sekarang Anda tidak hanya bersaing dengan perusahaan yang menawarkan produk atau layanan yang sama, tapi juga bersaing dengan setiap interaksi bisnis yang pelanggan Anda miliki.

Artinya, selain unggul dalam hal kualitas produk/layanan, Anda juga perlu memastikan bahwa setiap interaksi yang timbul antara pelanggan dengan bisnis, harus berada di standar yang lebih tinggi. Di situlah customer engagement muncul.

Sebelum membahas beberapa strategi customer engagement yang paling populer di dunia bisnis, ada baiknya kita satukan persepsi lebih dulu soal customer engagement.

Strategi customer engagement

Apa itu customer engagement?

Customer engagement, alias keterlibatan pelanggan adalah ukuran untuk menggambarkan tingkat antusiasme interaksi antara pelanggan dan dengan sebuah brand.

Interaksi ini dapat terjadi dalam berbagai bentuk, mulai dari pertanyaan, komentar, pembelian, hingga layanan purna jual setelah mereka melakukan pembelian.

Intinya, customer engagement adalah ukuran seberapa banyak pelanggan berinvestasi pada suatu brand dan seberapa banyak mereka berinteraksi dengannya.

Mengapa customer engagement itu penting?

Dalam customer engagement, ada proses pemeliharaan dan membimbing leads serta pelanggan di sepanjang siklus hidup pelanggan menggunakan saluran yang berbeda, sambil secara konsisten memastikan brand experience yang positif.

Customer engagement sangat penting untuk kelangsungan bisnis karena ekonomi saat ini berpusat pada pelanggan, dan pelanggan sangat vokal tentang pengalaman yang mereka miliki dengan bisnis.

Orang-orang selalu melihat ulasan secara online, meminta pendapat keluarga dan teman, hingga menonton influencer sebelum mereka membeli sesuatu.

Di dunia yang telah menjadi tempat dimana berita negatif menyebar lebih cepat daripada berita positif, strategi customer engagement benar-benar dapat membuat atau menghancurkan bisnis Anda.

Model customer engagement, bila dijalankan dengan baik, tidak hanya akan membantu Anda mempertahankan pelanggan yang sudah ada untuk melakukan pembelian lagi, tetapi juga akan memberi Anda pelanggan baru tanpa usaha tambahan lewat rekomendasi mereka.

Namun harap diingat bahwa customer engagement bukanlah pekerjaan semalam. Membangun customer engagement yang solid dan mengeksekusinya hingga membuahkan hasil membutuhkan waktu.

Strategi customer engagement jitu yang harus Anda coba

Walau perlu waktu yang tidak sebentar untuk melihat hasilnya, namun mungkin beberapa strategi ini akan membantu Anda memperoleh hasil customer engagement yang lebih singkat.

Mari kita lihat beberapa strategi keterlibatan pelanggan teratas yang pasti berhasil ini.

1. Bagikan kisah Anda

Buat beberapa intrik dan kembangkan hubungan yang lebih dalam di benak pelanggan Anda dengan membagikan kisah bisnis/produk Anda dengan cara yang mudah diingat dan dapat diterima.

Bantu pelanggan memahami mengapa dan bagaimana Anda mencapai posisi Anda saat ini. Jika itu beresonansi dan menginspirasi, mereka akan bersama Anda terus, setidaknya hingga mereka melakukan transaksi.

2. Dorong pelanggan untuk berbagi ide

Beri pelanggan platform menyuarakan ide/saran mereka untuk meningkatkan produk/layanan Anda. Dorong pelanggan untuk berpartisipasi dengan mengumumkan perubahan yang Anda buat.

Saat pelanggan berperan dalam meningkatkan penawaran Anda dan mendapatkan pengakuan, mereka akan lebih banyak berinvestasi pada merek Anda, yang mengarah ke loyalitas dan advokasi pelanggan.

3. Mainkan tur produk atau orientasi pelanggan

Strategi customer engagement ini bekerja dengan sangat baik jika Anda memiliki produk/layanan online. Jadikan pengalaman pertama pelanggan dengan produk Anda sebagai pengalaman yang menyenangkan dan bermanfaat.

Ini bisa dalam bentuk akses ke fitur tambahan, badge, atau barang merchandise. Memainkan masa orientasi pelanggan menjadi hal yang menyenangkan merupakan sebuah keberhasilan karena mereka merasa terbantu dan lebih mengenal produk.

4. Zoho SalesIQ—pembantu customer engagement Anda

Semua pengetahuan yang Anda dapatkan tidak ada gunanya jika Anda tidak dapat menerjemahkannya menjadi tindakan. Semuanya juga sulit dilakukan jika Anda tak memilih alat bantu yang tepat.

Softwarebisnis semacam SalesIQ akan membantu Anda menjalankan strategi customer engagement lewat beberapa fitur unggulan yang memampukan Anda untuk melakukan hal-hal penting ini:

  • Melihat daftar semua pengunjung situs web dan aplikasi seluler yang diurutkan berdasarkan kriteria, seperti lokasi, tindakan, dan waktu yang dihabiskan di situs Anda
  • Mengkategorikan pengunjung sebagai leads dan kontak berdasarkan ketersediaan alamat email mereka
  • Membuat prioritas leads, dari leads yang penting untuk segera dihubungi dengan fitur lead scoring otomatis berbasis aturan
  • Membuat undangan obrolan otomatis ke leads yang masuk
  • Mengotomatiskan sebagian besar interaksi pelanggan dengan bantuan AI dan pembuat chatbot tanpa kode
  • Mendapat pandangan menyeluruh tentang pelanggan, termasuk tiket dukungan mereka, riwayat pembelian dan interaksi, tahapan dalam siklus hidup pelanggan, interaksi sebelumnya dengan tim yang berhadapan dengan pelanggan, dan banyak lagi
  • Mendapat informasi jika pelanggan bernilai tinggi mengunjungi Anda

Jika Anda masih belum bisa membayangkan bagaimana software bisnis SalesIQ ini bekerja, Anda dapat menemukannya di sini.

Anda juga bisa mencobanya secara gratis selama 15 hari. Langsung daftar di sini.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kode bahasa komentar.
Dengan mengirimkan formulir ini, Anda setuju dengan pemrosesan data pribadi sesuai dengan Kebijakan Privasi.

Postingan Terkait