Rekrut Calon Karyawan Terbaik di Masa Resesi

Ketika keadaan serba tak menentu dan pendapatan menurun, perusahaan biasanya mengurangi pengeluaran, terutama pada proses yang mahal seperti rekrutmen.

Padahal, penting untuk memiliki perspektif jangka panjang. Kemerosotan ekonomi seperti yang terjadi hari ini hanya bersifat sementara dan Anda harus siap ketika segala sesuatunya mulai membaik.

Masa yang serba tak pasti seperti sekarang mungkin menjadi saat yang tepat untuk melakukan perekrutan karena talenta-talenta bagus akan memasuki pasar kerja jika perusahaan tidak memperlakukan mereka dengan baik.

Ditambah lagi, persaingan yang ada lebih sedikit karena banyak perusahaan mungkin tidak mampu merekrut tenaga kerja.

Blog terkait:

Berikut ini ada beberapa cara merekrut karyawan hebat selama masa-masa sulit.

1. Dapatkan kepercayaan kandidat Anda

Resesi adalah saat-saat yang sulit bagi dunia bisnis dan kandidat. Pada masa-masa seperti ini, masyarakat akan mencari perusahaan yang dapat mereka andalkan.

Beberapa kandidat memilih untuk bertahan di tempat kerja saat ini meskipun mereka tidak bahagia. Alasannya tentu karena mereka takut mengambil risiko berganti pekerjaan.

Inilah sebabnya mengapa sangat penting bagi sebuah bisnis untuk menawarkan kepastian di suatu posisi dan memberi mereka kepercayaan diri untuk berpindah tempat kerja.

Biarkan budaya Anda bersinar

Saat zaman berubah, seseorang tidak lagi memilih bekerja di perusahaan hanya berdasarkan gaji. Mereka ingin bekerja untuk seseorang yang menghargai mereka dan memberi mereka tujuan yang lebih besar.

Penting untuk memahami apa yang benar-benar penting bagi calon kandidat Anda dan menciptakan proposisi nilai perusahaan yang melengkapi standar tersebut.

Saat Anda sedang mencari kandidat baru, jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan karyawan Anda saat ini. Ingat, berita menyebar dengan cepat. Jika karyawan senang, talenta terbaik pun akan mendekati Anda.

Jangan lewatkan detail

Semua orang menghargai kejujuran. Bersikaplah transparan tentang posisi perusahaan Anda sehingga mereka tahu persis apa yang akan mereka hadapi.

Dengan cara ini, perusahaan dan calon karyawan dapat memastikan kecocokan satu sama lain.

Komunikasi adalah kunci

Bagian penting dalam mendapatkan kepercayaan calon karyawan adalah bersikap sangat responsif dan memastikan bahwa semua pertanyaan mereka terjawab.

Berikan umpan balik yang bersifat personal dan konstruktif pada setiap langkah proses dan secara aktif menjangkau kandidat. Komitmen untuk tetap tehubung dengan kandidat sebagai prioritas utama selalu merupakan ide yang sangat baik.

Janjikan masa depan

Yang ingin didengar semua orang yang mencari kerja saat ini adalah bahwa mereka memiliki masa depan yang menjanjikan bersama perusahaan.

Berikan calon karyawan lebih banyak gol dengan menyatakan ekspektasi Anda secara jelas, dan bantu mereka memahami bagaimana hal tersebut akan berdampak pada tujuan bisnis secara keseluruhan.

Tunjukkan kepada mereka jenjang karier yang jelas, dan berikan banyak peluang bagi mereka untuk meningkatkan keterampilan dan berkembang bersama perusahaan.

2. Bersikaplah proaktif

Proses rekrutmen sudah pasti sangat menguras anggaran dan waktu perusahaan, dan, talenta yang baik selalu sulit ditemukan.

Antisipasi kebutuhan rekrutmen Anda sebelum memulai proses, dan lihat apakah di masa mendatang Anda dapat meningkatkan kemampuan atau melatih kembali kandidat agar sesuai dengan kebutuhan bisnis yang berubah.

3. Beri mereka tawaran yang tidak bisa mereka tolak

Kandidat tidak akan menerima pekerjaan jika tawaran Anda tidak cukup menguntungkan.

Pastikan Anda meneliti pasar secara menyeluruh untuk memahami berapa biaya untuk merekrut talenta yang memenuhi harapan Anda sebelum Anda mengajukan penawaran. Yang lebih penting, bersikaplah terbuka untuk bernegosiasi.

Baca juga:

4. Lebih fleksibel

Proses rekrutmen menjadi jauh lebih sulit ketika Anda memberikan batasan yang belum tentu mempengaruhi hasil bisnis secara keseluruhan. Identifikasi apa yang sebenarnya diharapkan dari seorang kandidat, dan lakukan pendekatan yang mengutamakan keterampilan.

Pertimbangkan untuk merekrut talenta dari generasi yang berbeda, rekrut karyawan dari daerah yang berbeda, dan cari talenta di tempat yang tidak konvensional. Ciptakan lingkungan kerja yang dapat mengakomodasi kandidat yang tepat.

Penutup

Meskipun terdapat banyak calon karyawan yang memasuki pasar kerja, penting juga untuk diingat bahwa karyawan yang berkinerja rendah kemungkinan besar akan diberhentikan.

Melakukan perekrutan yang tidak baik bisa sangat menyulitkan bisnis Anda ketika kondisi perekonomian sedang buruk.

Berhati-hatilah dalam memilih siapa yang akan Anda pekerjakan dan periksa kandidat secara menyeluruh. Penting untuk memastikan bahwa proses perekrutan Anda terstruktur dengan lebih baik dan lebih waspada dari sebelumnya.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kode bahasa komentar.
Dengan mengirimkan formulir ini, Anda setuju dengan pemrosesan data pribadi sesuai dengan Kebijakan Privasi.

Postingan Terkait