Ini Alasan Mengapa Halaman "Tentang Kami" Harus Digarap Serius

Halaman Tentang Kami, alias "About Us" di sebuah situs web selama ini hanya dianggap formalitas oleh sebagian besar bisnis. Ini sebenarnya memalukan karena ternyata halaman Tentang Kami menjadi salah satu halaman yang paling sering dikunjungi.

Thomas Harpointner, CEO AIS Media, mengatakan bahwa halaman About Us adalah “tiga halaman pertama yang dikunjungi calon konsumen saat mereka datang ke sebuah situs."

Sayangnya perusahaan sangat fokus pada desain situs, produk, dan bagaimana mereka akan memasarkannya sehingga mereka mengabaikan halaman ini.

Tulisan ini akan membantu Anda untuk berhenti meremehkan halaman Tentang Kami di perusahaan, dan mulai memperlakukannya seperti halaman produk Anda, atau halaman kontak Anda.

Memang, menulis halaman Tentang Kami mengharuskan Anda menempatkan diri pada posisi yang agak canggung. Ada rasa malu kalau Anda menulis berlebihan tentang diri sendiri atau bisnis Anda.

Anda mungkin tidak nyaman untuk mengesampingkan produk Anda dan fokus berbicara tentang orang-orang Anda. Ada garis tipis antara menginformasikan sejarah perusahaan dengan membuat mereka bosan, atau antara mempromosikan diri Anda sendiri dengan menarsiskan diri.

Pentingnya halaman Tentang Kami

Sebagian pebisnis, mungkin juga Anda, masih berpikir: Siapa yang peduli halaman “tentang kami”?

Coba pikirkan beberapa poin penting ini yang mungkin bisa mengubah pola pikir Anda.

Pengunjung pertama Anda peduli

Mereka baru saja masuk ke situs Anda melalui mesin pencari. Mereka menyukai apa yang mereka lihat. Tetapi mereka belum terlalu yakin untuk bertahan di situs Anda.

Laman Tentang Kami di website memberikan kesempatan kepada pengunjung pertama ini untuk menentukan apakah sesuatu yang Anda tawarkan beserta value di dalamnya selaras dengan apa yang mereka cari.

Jika apa yang mereka cari ada di situs web Anda, maka mereka pasti akan bertahan lebih lama lagi dan membukukan transaksi.

Pengunjung reguler Anda peduli

Mungkin mereka baru saja menemukan produk atau layanan di situs web kompetitor Anda. Sekarang mereka sedang menimbang ingin membeli dari Anda atau pesaing Anda.

Atau mungkin mereka sedang membicarakan produk Anda dengan seorang teman, dan mereka mengunjungi halaman Tentang Kami di situs web Anda untuk menjawab pertanyaan yang muncul dalam percakapan tersebut.

Intinya, halaman Tentang Kami sebuah perusahaan akan membantu menjual perusahaan dengan lebih baik.

Halaman Tentang Kami memberikan kesempatan kepada pengunjung reguler ini untuk menjelaskan mengapa mereka membeli dari Anda. Lebih jauh lagi, mengapa mereka memutuskan untuk tetap bersama Anda.

Orang-orang yang ingin bekerja dengan Anda peduli

Pencari kerja ingin mengetahui perusahaan yang ingin mereka lamar. Penulis konten, kreator konten, dan jurnalis, ingin mengetahui perusahaan yang mereka tulis.

Halaman Tentang Kami memberikan kesempatan kepada mereka untuk memverifikasi bahwa bekerjasama dengan Anda akan bermanfaat bagi semua orang yang terlibat.

Semua kelompok ini—pengunjung pertama, pengunjung reguler, dan calon kolaborator—mengajukan pertanyaan yang sama dari perspektif yang berbeda:

About Us is About trust!

Tujuan paling mendasar dari halaman Tentang Kami adalah untuk membangun kepercayaan. Di zaman bisnis online yang serba anonim, kepercayaan adalah sesuatu yang sulit didapat.

Pertimbangkan bagaimana transaksi bisnis terjadi sebelum adanya internet:

Penjual dan pembeli memulai percakapan tatap muka. Selama percakapan ini, prospek mengumpulkan karakter pemilik, mengamati bagaimana dia berinteraksi dengan calon konsumennya, merasakan budaya perusahaan, bahkan mempelajari mengapa pemilik dan karyawan begitu bersemangat dengan produk mereka.

Dari beragam pengamatan ini, si prospek akan menentukan apakah mereka akan melakukan bisnis dengan perusahaan tersebut atau tidak.

Bertemu secara langsung sekarang sudah tidak praktis karena e-commerce menawarkan kemudahan yang sangat besar, tinggal klik, tunggu, dan pesanan akan sampai di depan rumah Anda.

Masalahnya, sebagian besar transaksi bisnis online sekarang terjadi di bawah selubung anonimitas. Pembeli dapat menggunakan nama dan data samaran, begitu juga dengan penjualnya. Pembeli pun tidak pernah bertemu langsung dengan penjualnya.

Tak heran jika transaksi online seringkali menimbulkan kecurigaan, bahkan kadang penipuan.

Tujuan dari halaman Tentang Kami adalah untuk memecah anonimitas yang menghancurkan kepercayaan itu. Ini adalah cara menyuntikkan kehangatan dan keintiman ke dalam serangkaian transaksi yang “dingin”.

Praktisi marketing dan sales pasti pernah mendengar soal konsep corong know (tahu), like (suka), dan trust (percaya).

Prospek mengetahui bisnis melalui beberapa rekomendasi, rujukan dan iklan: Ini adalah tahap visibilitas dimana prospek mulai mengetahui brand Anda.

Mereka mulai menyukai sebuah bisnis melalui situs webnya, atau konten yang secara teratur diterima setelah mereka berlangganan buletinnya.

Setelah suka, prospek akan mencari ulasan dari pembeli sebelumnya dan studi kasusnya. Di sinilah prospek akan mulai percaya dengan brand Anda.

Meskipun funnel know-like-trust ini biasanya merupakan strategi jangka panjang, namun strategi ini dapat diakselerasikan lebih cepat di halaman Tentang Kami.

Penutup

Tak peduli seberapa majunya teknologi yang ada sekarang, namun sebenarnya orang masih ingin berbisnis dengan manusia yang sesungguhnya.

Jika halaman Tentang Kami di perusahaan Anda dapat memberi tahu pengunjung tentang manusia yang melayani mereka, Anda telah mulai masuk ke tahap "tahu".

Jika halaman itu dapat menawarkan nilai-nilai inti perusahaan yang selaras dengan mereka, atau mengungkapkan hasrat betapa Anda ingin memuaskan tiap konsumen, Anda telah naik ke tahap "suka".

Jika dua tahap pertama tersebut bisa Anda atasi dengan baik, Anda sudah mulai mendapatkan kepercayaan mereka.

Dan tahap "kepercayaan" itu Anda dapat saat Anda mampu mengkonversikan pengunjung situs Anda menjadi pembeli.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kode bahasa komentar.
Dengan mengirimkan formulir ini, Anda setuju dengan pemrosesan data pribadi sesuai dengan Kebijakan Privasi.

Postingan Terkait