6 Rumus Spreadsheet Tingkat Dewa yang Harus Anda Tahu

Tidak bisa tidak. Spreadsheet adalah kebutuhan mutlak semua karyawan. Entah spreadsheet online atau spreadsheet konvensional yang dikerjakan secara offline kemampuan menggunakan spreadsheet online sudah menjadi sebuah kewajiban.

Apa itu spreadsheet?

Spreadsheet adalah aplikasi berbasis kisi yang dirancang untuk menyimpan data dalam baris dan kolom, membentuk sel tempat nilai dapat dimasukkan, dihitung, dan dimanipulasi.

Perangkat lunak spreadsheet yang sudah populer di dunia antara lain Microsoft Excel, Numbers di produk berbasis Mac OS, Zoho Sheet, dan Google Sheets juga menawarkan fungsi serupa.

Rumus spreadsheet tingkat lanjut

Spreadseet online punya lebih dari 400 rumus (function). Rumus-rumus dasar semacam  SUM, EVERAGE, COUNT, dan MAX MIN mungkin sudah Anda ketahui secara dalam. Dalam tulisan ini kami coba beberkan 6 rumus spreadsheet tingkat advance yang jarang orang tahu.

1. XLOOKUP

VLOOKUP mungkin terdengar lebih familiar dan populer di kalangan pengguna spreadsheet. Namun, VLOOKUP memiliki keterbatasan, yaitu pencariannya satu arah.

Di Zoho Sheet, platform spreadsheet online yang versi paling anyar, Anda akan diajak berkenalan dengan XLOOKUP.

Fungsi XLOOKUP dapat disebut sebagai versi yang disempurnakan dari fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP.

Fungsi ini mencari nilai dalam kolom atau baris tertentu, dan mengembalikan nilai yang relevan dari tabel hasil yang ditentukan. Hasilnya bisa berupa nilai tunggal atau array nilai berdasarkan tabel hasil yang dipilih.

Karena fungsi ini memungkinkan Anda memilih tabel hasil, tidak akan ada masalah saat memasukkan kolom/baris dalam rentang juga.

Rumus spreadhsheet tingkat dewa

Tidak hanya itu, XLOOKUP memberi Anda kekuatan penuh untuk menyesuaikan jenis pencarian dan pencocokan berdasarkan kebutuhan Anda.

Selain itu, XLOOKUP memungkinkan Anda memberi nilai atau teks khusus untuk ditampilkan saat Anda tidak menemukan yang sesuai dalam rentang data yang diberikan. Lihat sintaks.

2. XMATCH

Ini merupakan fungsi lanjutan dari MATCH yang mirip dengan XLOOKUP dan memberikan indeks dari nilai yang relevan sebagai hasilnya. Ini juga meningkatkan MATCH dengan mendukung pencarian terbalik. Lihat sintaks.

6 rumus spreadsheet xmatch

3. SORT dan SORTBY

Mengelola data dengan baik akan memudahkan Anda mengamati dan menganalisisnya secara cepat.

Fungsi SORT membantu Anda mengurutkan rentang tertentu dari satu kolom. Sedangkan SORTBY membantu Anda mengurutkan rentang data yang dipilih berdasarkan lebih dari satu kolom, yang juga bisa menjadi rentang yang bukan merupakan bagian dari data yang dipilih.

Baik SORT dan SORTBY adalah fungsi array dinamis, artinya ukuran rentang yang dihasilkan dapat berubah berdasarkan rentang sumber. Lihat sintaks.

Rumus spreadsheet Sort dan Sortby

4. RANDARRAY

Kenapa harus mengulang rumus RAND secara manual untuk setiap baris dan kolom jika Anda dapat melakukannya dalam satu langkah?

Zoho sheet menyediakan fungsi RAND ke level berikutnya lewat RANDARRAY, yang dapat Anda gunakan untuk membuat array acak dengan jumlah kolom dan baris tertentu, nilai tertinggi dan terendah, dan format angka, (bulat atau desimal).

Jadi, lain kali Anda membuat sampel spreadsheet, hemat waktu pembuatan data Anda dengan RANDARRAY. Lihat sintaks.

Rumus spreadsheet randarray

5. SEQUENCE

Setelah RANDARRAY membantu Anda menghasilkan data acak dengan mudah, bagaimana dengan array data yang diurutkan?

Fungsi SEQUENCE membantu Anda membuat array dengan nomor urut. Anda dapat memilih untuk menentukan jumlah baris dan kolom yang akan diisi, nilai awal, dan jumlah penambahan entri berikutnya. Lihat sintaks.

Rumus spreadsheet Sequence

6. RANK.EQ dan RANK.AVG

Kami juga memperkenalkan dua peningkatan pada rumus spreadsheet online Zoho, yaitu RANK.EQ dan RANK.AVG. Meskipun fungsi RANK.EQ dan RANK.AVG mengembalikan peringkat nilai dari array yang diberikan, perbedaan kecil di antara keduanya muncul ketika lebih dari satu nilai memiliki peringkat yang sama.

Rumus RANK.EQ mengembalikan peringkat tertinggi dalam kumpulan peringkat yang diberikan, sedangkan RANK.AVG mengembalikan rata-rata peringkat.

Misalnya, jika dua angka memiliki peringkat yang sama 2, maka RANK.EQ mengembalikan 2 untuk keduanya, sedangkan RANK.AVG mengembalikan 2,5 untuk keduanya (rata-rata 2 dan 3). Lihat sintaks.

Rumus spreadsheet Rank.EQ Rank.avg

Semua fungsi baru ini kini tersedia untuk semua pengguna Zoho Sheet—gratis! Anda juga dapat mengintegrasikannya dengan office suite lain untuk membuat dokumen dan presentasi online, menyimpannya di satu tempat, dan membagikannya dengan rekan kerja Anda.

Kolaborasi itu makin baik dengan adanya Zoho Cliq yang merupakan platform perpesanan instan. Semua kemudahan ini dapat Anda temukan di software kolaborasi dan produktivitas Zoho Workplace.

Cobalah hari ini dan tinggalkan umpan balik Anda sebagai komentar di bawah. Butuh bantuan dengan fungsinya? Kirimi kami email di support@zohosheet.com, dan kami akan dengan senang hati membantu Anda.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kode bahasa komentar.
Dengan mengirimkan formulir ini, Anda setuju dengan pemrosesan data pribadi sesuai dengan Kebijakan Privasi.

Postingan Terkait