6 Langkah Wajib yang Harus Anda Lakukan Sebelum Memulai Bisnis Online

Bangun tidur, langsung kerja tanpa perlu macet-macetan adalah impian banyak orang. Kenyamanan macam ini bisa kita dapatkan, salah satunya, jika kita punya bisnis online yang mumpuni. 

6 Tips Mudah Memulai Bisnis Online Anda-01

Masalahnya, bagaimana cara memulai bisnis online?

Menjalankan bisnis online memang memiliki banyak keuntungan. Tetapi Anda juga harus sadar bahwa menjalankan bisnis online tidak akan lebih mudah daripada menjalankan bisnis konvensional dengan toko fisik. 

Sama seperti model bisnis lainnya, memulai bisnis online perlu usaha dan komitmen yang serius untuk menjadi sukses.

Jika Anda bertanya-tanya bagaimana memulai bisnis online yang tepat, tulisan ini akan bertindak sebagai panduan umum untuk membantu Anda memulai perjalanan bisnis online Anda dengan mudah.

1. Memulai bisnis online dengan sebuah ide

Langkah pertama dalam memulai bisnis online adalah menghasilkan ide yang cemerlang. Sebuah ide yang akan menjadi obat bagi masalah yang dihadapi banyak orang. Ini memang tidak mudah. 

Dalam kebanyakan kasus, Anda bukanlah orang pertama yang menemukan solusi untuk masalah tertentu. Sebenarnya, itu bukan masalah besar selama Anda bisa lebih menonjol dari yang lain.

Anda perlu mengidentifikasi titik kesulitan yang tepat, menghasilkan ide yang dapat menjadi jalan keluar bagi kesulitan tersebut, dan memberikan penawaran yang lebih baik daripada yang pesaing Anda lakukan. 

Ingat, penawaran yang lebih baik bukan hanya soal harga yang lebih murah. Anda dapat menawarkan paket yang lebih baik, layanan yang lebih memuaskan, atau bonus-bonus lainnya yang lebih menarik.

Jika Anda yakin akan mampu menyediakan produk/layanan dengan harga atau kualitas yang kompetitif, Anda dapat yakin bahwa ide Anda layak untuk dikejar.

Zoho misalnya. Kami menawarkan lebih dari 45 software bisnisuntuk membantu berbagai ukuran usaha berjalan dengan lancar. Namun, seperti industri lainnya, pasar SaaS sangat kompetitif. 

Berkompetisi di sisi harga tentu bukan hal terbaik untuk memenangkan pertandingan. Agar kami berhasil, kami memilih untuk terus-menerus berinovasi dalam menghasilkan solusi bisnis baru yang lebih baik.

Berikut adalah beberapa tips yang perlu Anda ingat saat memilih ide bisnis online:

  • Coba bersaing di pasar yang memiliki ruang lebih luas untuk berinovasi.
  • Manfaatkan media sosial dan forum online untuk menemukan lebih banyak ide soal minat dan masalah orang lain.
  • Jika Anda tidak berpengalaman dalam memulai bisnis online, diskusikan ide Anda dengan orang yang lebih berpengalaman di industri yang ingin Anda geluti. Jangan lupa untuk melengkapi diri dengan pengetahuan yang cukup sebelum terjun ke lapangan.
  • Di atas segalanya, ide bisnis Anda harus menjadi sesuatu yang benar-benar ingin Anda kejar.

2. Lakukan riset pasar

Sebelum menginvestasikan waktu dan uang, Anda harus yakin bahwa ide Anda layak untuk dikejar. Anda perlu tahu di mana produk atau layanan Anda akan berada. 

Salah satu cara yang baik untuk memulainya adalah dengan menganalisis laporan pasar, studi kasus pesaing, artikel berita di industri yang ingin Anda masuki, dan statistik yang berhubungan dengan potensi bisnis Anda. 

Setelah Anda mendapatkan dasar-dasarnya, Anda kemudian dapat mengumpulkan informasi spesifik tentang basis pelanggan Anda, kebiasaan mereka membeli barang, dan preferensi pencarian. 

Anda dapat melakukannya sendiri melalui kuesioner dan survei kecil-kecilan.

Dalam riset ini, Anda harus dapat menjawab pertanyaan penting berikut:

  • Berapa banyak pelanggan potensial Anda akan bersedia membayar untuk produk/layanan Anda?
  • Apa yang menarik orang membeli dari pesaing Anda?
  • Aspek baru apa yang ingin mereka lihat dalam sebuah produk/layanan?
  • Apa yang orang perlukan agar mereka beralih membeli dari Anda?

Setelah Anda memiliki informasi ini, tentukan pasar yang cocok untuk produk Anda. Setelah itu, ciptakan persona pelanggan, sebuah bayangan semi-fiksi dari pelanggan ideal Anda. 

Persona pelanggan ini ibarat sebuah karakter yang Anda favoritkan dalam sebuah cerita. Anda harus mengetahui semua tentang karakter ini, seperti usianya, pekerjaan, pendidikan, tempat tinggal, potensi penghasilan, hingga gaya mereka. 

Semua ini akan membentuk tone dan pesan yang Anda sampaikan. Dari menentukan target audiens Anda, mempersempit apa yang akan Anda jual, dan mempelajari cara mendatangkan pelanggan, riset pasar yang baik dapat memberi Anda semua informasi penting yang diperlukan untuk menghindari kesalahan yang merugikan.

Lihat panduan lengkap dari Zoho Academy untuk mempelajari cara melakukan riset pasar untuk bisnis Anda.

3. Ketahui kewajiban hukum

Seperti bisnis lainnya, Anda harus mematuhi standar industri tertentu, peraturan hak cipta, lisensi, izin, dan berbagai regulasi yang terkait usaha. 

Regulasi mengenai bisnis online sendiri saat ini terus berkembang. Untuk menghindari masalah, bersikaplah proaktif untuk memastikan bahwa segalanya telah mematuhi regulasi yang ada. 

Salah satu yang harus ada dalam checklist Anda saat memulai bisnis online adalah membuat kebijakan privasi yang komprehensif. Anda bisa membaca panduannya di sini.

Selain itu, beberapa regulasi dasar yang harus Anda penuhi antara lain:

  • Pajak usaha 
  • Badan usaha beserta seluruh kelengkapannya, seperti surat domisili usaha, Nomor Induk Berusaha (NIB), akta pendirian, SK Menkumham, pendaftaran merek, dan lainnya.
  • Rekening usaha

Mungkin saat ini Anda mulai menjalankan bisnis online dengan nama pribadi. Namun jika bisnis Anda sudah berjalan, sangat baik jika Anda mengurus semua persyaratannya agar tidak terjadi masalah di kemudian hari.

4. Perencanaan bisnis yang jelas

Tergantung kebutuhan bisnis, Anda perlu membingkai rencana bisnis yang dapat membantu Anda memulai bisnis online dengan mudah. Misalnya, jika Anda memutuskan untuk berjualan makanan, Anda harus mendefinisikan dengan jelas aspek-aspek seperti:

Struktur bisnis: Apakah Anda akan menjalankan bisnis sendiri atau dengan kemitraan? Apakah Anda ingin mendaftarkan bisnis Anda sebagai perusahaan atau hanya usaha pribadi? 

Memilih struktur sejak dini menjadi penting karena akan menentukan:

  • Bagaimana Anda beroperasi secara legal
  • Bagaimana keuntungan Anda akan didistribusikan
  • Siapa yang dapat mengambil keputusan bisnis utama
  • Kewajiban pajak Anda

Meskipun Anda dapat mengubah struktur bisnis, penting untuk memahami tanggung jawab dan mempertimbangkan bagaimana Anda ingin mengembangkan bisnis di masa depan.

Keuangan: Manajemen keuangan yang baik sangat penting bagi semua bisnis untuk berhasil. Mengelola keuangan adalah soal membuat pilihan bijak tentang pengeluaran dan menentukan hal-hal berikut:

  • Bagaimana mengalokasikan keuangan bisnis Anda
  • Bagaimana menjaga arus kas
  • Apa yang harus dilakukan ketika bisnis Anda kehabisan uang?
  • Bagaimana membangun cadangan uang tunai
  • Bagaimana menginvestasikan kembali dalam bisnis

Sumber daya manusia: Penting pula memikirkan faktor tenaga kerja saat Anda memulai bisnis online. Walaupun mungkin Anda memulai bisnis tanpa karyawan, setidaknya Anda harus mulai memikirkan juga hal-hal ini:

  • Menentukan tanggung jawab dan tugas karyawan
  • Menentukan peran individu dan kepada siapa mereka harus melapor
  • Mengurus pembayaran gaji, kebijakan cuti, dan tunjangan karyawan
  • Mengukur kinerja karyawan

Walaupun bisnis online cenderung membutuhkan lebih sedikit tenaga kerja, namun Anda harus memastikan mereka mendapatkan kesejahteraan yang baik. Ingat, karyawan yang puas akan berpengaruh juga ke tingkat kepuasan pelanggan Anda.

Operasi bisnis:

  • Di mana sumber produk Anda dan menyimpan inventaris Anda
  • Menentukan proses rantai pasok Anda (memutuskan apakah Anda harus membeli stok dalam jumlah banyak dari pemasok, atau hanya saat ada pesanan dari pelanggan)
  • Pola kerjasama dengan penyedia logistik pihak ketiga
  • Software bisnis yang Anda butuhkan untuk menjalankan operasi Anda dengan mudah
  • Kebijakan retur dan pengembalian dana
  • Bagaimana Anda akan mempromosikan bisnis Anda?
  • Cara meminta, dan menindaklanjuti feedback pelanggan

Rencana bisnis harus bertindak sebagai blueprint dan memberi Anda kejelasan tentang bagaimana Anda memulai dan melanjutkan operasi Anda.

5. Online

Karena Anda membangun bisnis online, tentu keberadaan toko fisik tidak begitu penting, setidaknya di fase awal perjalanan bisnis. Namun keberadaan situs web adalah kebutuhan mutlak untuk bisnis online. 

Hadir seluas-luasnya secara online adalah satu-satunya cara agar orang mengetahui siapa Anda dan apa yang Anda tawarkan kepada mereka. 

Pastikan situs web Anda tampil profesional dan ramah pengguna. Jika Anda tidak mampu membayar programmer atau desainer web, Anda dapat menggunakan alat pembuatan situs web online yang mudah dioperasikan, bahkan oleh mereka yang tidak banyak pengalaman membuat situs web. 

Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang pembuat situs web, sebaiknya Anda mendaftar dan mencoba Zoho Sites. Pembuat situs web online kami mudah digunakan, dan memiliki berbagai fitur berharga untuk membantu Anda membangun situs web bisnis profesional tanpa membebani anggaran Anda.

6. Lakukan sekarang!

Alm. Bob Sadino, seorang begawan dunia bisnis Indonesia yang fenomenal pernah mengatakan, "bisnis yang baik adalah bisnis yang dilakukan segera."

Jadi, sebaik apapun rencana yang Anda buat, semua tidak akan berarti jika Anda tidak memulai bisnis online itu secepatnya.

Kesimpulan

Memulai bisnis online memang tidak mudah. Dari tahap persiapan, mencari pelanggan pertama, hingga membangun basis pelanggan setia membutuhkan waktu dan tenaga yang banyak. 

Jadi jangan berkecil hati jika bisnis Anda tidak segera berkembang. Lacak kemajuan, pelajari kesalahan, dan cepatlah bangkit kembali ke jalurnya. Mungkin melelahkan untuk memulai bisnis online dari nol, tetapi hasilnya tentu layak untuk diusahakan.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kode bahasa komentar.
Dengan mengirimkan formulir ini, Anda setuju dengan pemrosesan data pribadi sesuai dengan Kebijakan Privasi.

Postingan Terkait