4 Skill Bisnis yang Wajib Dimiliki Pengusaha Sukses

Saat memulai bisnis, wajar jika Anda berharap bisnis berkembang dan menghasilkan uang secepat mungkin. Namun kenyataan memang tak seindah mimpi. 

Membangun bisnis yang hebat membutuhkan perencanaan, waktu, usaha, dan komitmen yang tinggi. Sebagai seorang pengusaha, Anda tidak dapat mengharapkan leads yang banyak tanpa mengambil langkah-langkah praktis menuju kesuksesan. 

skill bisnis wajib untuk pengusaha

Meskipun pengalaman tentu saja dapat memberi pelajaran berharga, menginvestasikan waktu dalam mengembangkan skill bisnis dapat membantu Anda menghindari jebakan dan kegagalan. 

Akhirnya, dengan skill bisnis yang mumpuni, Anda dapat menjaga arah bisnis di jalur yang benar.

Dalam blog ini kami akan memberikan empat skill bisnis dasar yang menjadi pondasi bagi mereka yang sedang mengembangkan bisnisnya.

Apa itu skill bisnis?

Skill bisnis adalah kumpulan dari beberapa kemampuan yang harus dimiliki oleh pengusaha. Ini dapat mencakup berbagai rangkaian keterampilan, seperti keterampilan teknis, keterampilan kepemimpinan dan manajemen bisnis, serta kreatifitas. 

Karena skill bisnis dapat diterapkan pada banyak peran dan industri pekerjaan yang berbeda, mengembangkan skill bisnis dapat berarti mengembangkan beberapa jenis keahlian. 

Misalnya, untuk menjadi pemilik bisnis yang sukses, Anda mungkin perlu mengembangkan skill manajemen bisnis. Untuk membangun dan memelihara tim yang andal, Anda mungkin perlu meningkatkan keterampilan kepemimpinan dan komunikasi.

Memang tidak mudah menjadi seorang pengusaha. Namun skill bisnis bisa didapatkan oleh semua orang, tak peduli jenis kelamin, ras, umur, agama, dan golongan mereka. Jadi sebenarnya, skill bisnis adalah sesuatu yang dapat dipelajari.

Contoh skill bisnis yang harus pengusaha miliki 

Berikut adalah beberapa skill penting yang dapat membantu Anda bergerak maju dalam perjalanan bisnis Anda, terlepas dari industri atau jenis bisnis yang ingin Anda jalankan.

1. Literasi keuangan

Skill terbesar yang harus dipelajari adalah soal uang. Faktor utama dari setiap bisnis yang menguntungkan adalah manajemen keuangan yang baik. 

Selama pandemi Covid-19, kita semua mendengar cerita yang menyedihkan tentang bisnis yang runtuh karena utang, kebangkrutan, dan keputusan keuangan yang tidak tepat. 

Mengingat kondisi ekonomi yang berubah dan pasar yang sangat kompetitif, literasi keuangan adalah suatu keharusan jika Anda ingin memulai dan mempertahankan bisnis. 

Anda dapat mulai belajar keuangan dengan meluangkan waktu untuk meneliti dan memahami beberapa persoalan berikut.

Bagaimana mempertahankan arus kas positif

Arus kas mengacu pada uang yang masuk dan keluar dari bisnis Anda. Untuk memastikan uang yang diperoleh lebih besar daripada jumlah yang Anda belanjakan, Anda memerlukan pemahaman dasar tentang cara:

  • Menghilangkan biaya yang tidak perlu
  • Mengelola pengeluaran sehari-hari
  • Mempertahankan cadangan uang tunai
  • Menginvestasikan kembali keuntungan

Tools untuk mengelola keuangan bisnis Anda

Saat ini telah tersedia banyak software akuntansionline yang dapat dengan mudah menangani tugas akuntansi dasar dan menghemat banyak waktu Anda. Software akuntansi inidapat mengelola tagihan Anda hingga mengirim pengingat pembayaran kepada pelanggan.

Yang harus Anda lakukan adalah meluangkan waktu untuk meneliti dan menemukan tools akuntansi yang sesuai dengan proses bisnis Anda. Dengan menggunakan software yang tepat, Anda dapat meningkatkan skill bisnis dengan cepat.

Tips:

Luangkan waktu untuk membaca forum dan ulasan online tentang berbagai software akuntansi. Ini akan membantu Anda memahami bagaimana software akuntansi tertentu dapat membantu mengelola keuangan bisnis Anda. 

Ini juga akan membantu Anda tetap mendapatkan informasi terbaru tentang kemajuan teknologi. Anda dapat membandingkan dan menemukan software akuntansi yang tepat di beberapa situs web pemeringkat software, seperti Capterra, G2, PCMag, dan Software Advice.

Perpajakan

Pemerintah Indonesia memiliki aturan yang cukup ketat soal pajak. Di sisi lain, pemerintah juga menawarkan berbagai pengurangan pajak, konsesi, hibah, dan skema dukungan untuk membantu usaha kecil dalam mengurangi beban pajak mereka. 

Ketika Anda melihat peluang yang tepat, Anda berpotensi mendapatkan keuntungan dalam menurunkan penghasilan kena pajak dan menghemat uang.

Tips:

Perhatikan baik-baik situs web pajak.go.id dan sosial media Kementerian Keuangan serta Direktorat Jenderal Pajak agar Anda mendapatkan informasi terbaru tentang skema dan perubahan yang terkait dengan pajak bisnis.

2. Skill marketing yang mumpuni

Kami telah menekankan hal ini berkali-kali: marketing sangat penting agar bisnis Anda berhasil. 

Anda tidak akan menghasilkan uang sampai orang-orang mulai menggunakan produk/layanan Anda. Masalahnya, orang-orang tidak akan menginginkannya kecuali Anda membuat mereka sadar akan nilainya. 

Bisnis terus mencari peluang baru untuk menjangkau dan terlibat dengan pelanggan potensial mereka. Untuk dapat bersaing, Anda harus mengembangkan keterampilan marketing yang diperlukan untuk membangun brand awareness dan secara efektif membujuk calon pelanggan untuk menjadi pelanggan setia.

Skill bisnis ini akan lebih berguna jika Anda memadukannya dengan software CRM yang tepat. Dengan software yang tepat, Anda dapat terbantu dalam menganalisa calon pelanggan hingga mengevaluasi kinerja marketing Anda.

Berlatih seni pembuatan konten

Pembuatan konten (content creation) bukanlah keterampilan yang dapat dengan mudah dipelajari dan direproduksi. Kemampuan ini mengharuskan Anda berpikir kreatif untuk menyajikan konten yang menarik kepada audiens dengan cara yang mudah. 

Baik Anda ingin memelihara pelanggan melalui situs web, platform media sosial, atau kampanye email marketing, Anda harus mengembangkan kemampuan untuk menyajikan konten secara unik dan menggunakan saluran marketing secara efektif untuk membuat audiens tetap dekat dengan Anda.

Belajar SEO

Tidak seperti strategi marketing lainnya, Search Engine Optimization (SEO) dapat membantu calon pembeli menemukan bisnis Anda tanpa harus mengeluarkan uang. 

Memiliki pemahaman tentang dasar-dasar SEO, seperti riset kata kunci, link building, on-page optimization, dan SEO lokal, dapat membantu Anda mendapatkan peringkat lebih tinggi di mesin pencari dan menarik lead yang berkualitas untuk bisnis Anda.

Tips:

Berikut adalah beberapa situs web berguna yang dapat membantu Anda memahami konsep SEO dengan mudah:.

Coba SEM

Mirip dengan SEO, Search Engine Marketing (SEM) membantu Anda meningkatkan eksposur ke situs web Anda melalui iklan berbayar. 

Dalam hal ini, mesin pencari seperti Google dan Bing memungkinkan Anda menawar harga per klik untuk kata kunci tertentu. Jika tawaran Anda diterima, iklan Anda akan ditampilkan di posisi yang menonjol (sudut atas atau kanan jendela) di antara hasil pencarian.

Meskipun mungkin bukan pendekatan yang paling "organik" untuk menemukan pelanggan baru, kemampuan penargetan yang tepat dapat membantu Anda mendapatkan leads yang kemungkinan besar berubah menjadi pelanggan.

Tips:

Gunakan Dasar-Dasar Digital Marketing gratis dari Google untuk mempelajari digital marketing dengan contoh dunia nyata dan latihan yang menyenangkan.

3. Kepemimpinan yang tangguh

Skill bisnis penting lainnya yang perlu dimiliki tiap pengusaha adalah kemampuan menjadi seorang pemimpin. 

Pada titik tertentu, Anda mungkin mempekerjakan orang untuk berbagi beban kerja dan mengambil tanggung jawab tambahan. Pada saat itu, keterampilan kepemimpinan Anda akan memainkan peran besar dalam menentukan nasib bisnis. 

Kepemimpinan yang baik bukan hanya tentang membuat orang bisa bekerja. Skill bisnis yang satu ini juga berkaitan dengan cara Anda membimbing tim melalui proses, membantu mereka bekerja sama, dan mendengarkan kekhawatiran mereka.

Sebagai pemimpin, Anda juga wajib memberdayakan mereka untuk menggunakan keterampilan serta sumber daya secara efektif untuk mencapai tujuan bisnis Anda. 

Terlepas dari berapa banyak orang yang harus Anda kelola, menguasai skill kepemimpinan yang baik dapat membantu Anda menangani skenario bisnis yang menantang dengan lebih mudah.

Keterampilan seorang pemimpin yang baik meliputi:

  • Komunikasi yang baik: Mengetahui cara menyampaikan pesan atau memulai percakapan dengan nada, bahasa, dan kata-kata yang tepat.
  • Empati: Kemampuan untuk menjadi pendengar yang baik, sambil tetap terbuka terhadap sudut pandang orang lain.
  • Pendelegasian yang efektif: Mampu menilai kekuatan serta kelemahan karyawan, dan menetapkan tugas yang sesuai untuk hasil yang diinginkan.
  • Pemikiran praktis: Mengetahui cara membuat keputusan bisnis penting tanpa membiarkan emosi memengaruhi Anda.
  • Menghindari manajemen mikro: Pahami bagaimana mencapai keseimbangan yang sehat antara memberikan kebebasan kepada karyawan dan tetap mengikuti perkembangan mereka.

Tips:

Sementara beberapa orang memiliki kemampuan alami untuk memimpin, beberapa orang lainnya mungkin membutuhkan latihan untuk belajar dari kekurangan mereka. 

Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana menjadi pemimpin yang baik, Anda dapat membaca literatur tentang kepemimpinan. Anda juga bisa mengikuti pemimpin bisnis di media sosial mereka untuk mendapatkan wawasan praktis dan bermanfaat dari mereka.

4. Manajemen waktu

Ketika Anda menjalankan bisnis, Anda tidak boleh main-main dengan tenggat waktu atau menghasilkan kualitas kerja yang buruk, terutama karena manajemen waktu yang tidak baik. Skill bisnis ini, walau terlihat sepele, namun sangat penting dalam perkembangan bisnis.

Ketika Anda belajar mengatur waktu dengan benar, Anda menjadi lebih terorganisir dan lebih produktif. Untuk melakukan ini, Anda harus terlebih dahulu belajar memprioritaskan tugas dalam urutan kepentingan dan secara bertahap menghilangkan gangguan yang membatasi produktivitas Anda. 

Meskipun tidak dapat menjadi orang yang terorganisir dalam semalam, Anda dapat mengembangkan keterampilan yang diperlukan dengan memasukkan beberapa kebiasaan baik ke dalam rutinitas Anda setiap hari.

Penutup

Memang masih banyak skill bisnis lainnya yang harus Anda miliki dalam menjalani karier sebagai pengusaha. Namun empat skill bisnis dasar ini akan menjadi dasar Anda untuk mengembangkan keterampilan lain.

Kami berharap blog ini membawa Anda selangkah lebih dekat dalam mencapai impian menjalankan bisnis yang sukses. 

Apakah ada skill bisnis lain yang Anda anggap penting? Beri tahu kami di komentar.

Comments

1 Replies to 4 Skill Bisnis yang Wajib Dimiliki Pengusaha Sukses

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kode bahasa komentar.
Dengan mengirimkan formulir ini, Anda setuju dengan pemrosesan data pribadi sesuai dengan Kebijakan Privasi.

Postingan Terkait