15 Kegiatan Akhir Pekan yang Asyik untuk Semangat Hadapi Hari Kerja

Kehidupan kerja sering membuat frustrasi. Tak jarang pula kita berpikir ingin keluar dari pekerjaan itu. Begitu hari Minggu datang, rasa malas mendominasi diri. Rasanya, kita ingin melewati hari Senin, atau kalau bisa, langsung ke Sabtu lagi. Itulah tanda-tanda Monday Blues. 

Perlu siasat untuk mengatasi Monday Blues. Salah satunya dengan memilih kegiatan akhir pekan yang menarik. Tidak cuma menyenangkan, tapi seyogyanya kegiatan itu bisa membangkitkan semangat kita menjalani hari Senin hingga Jumat berikutnya.

Baca juga:

15 Kegiatan Akhir Pekan yang Dorong Semangat Kerja-01

Kegiatan akhir pekan mainstream

Berikut daftar kegiatan untuk memanfaatkan akhir pekan Anda dengan lebih baik, dan membantu membuat kehidupan kerja Anda lebih produktif:

#1: Main alat musik

Memainkan alat musik meningkatkan suasana hati Anda dengan melepaskan hormon perasaan baik, dopamin, ke dalam sinapsis Anda. Ini juga membantu membuat otak lebih pintar dengan meningkatkan tingkat konsentrasi, meningkatkan retensi memori, dan menurunkan tingkat stres. 

Di sisi lain musik juga membantu meningkatkan keterampilan sosial dan kerja tim jika Anda bermain bersama orang lain.

#2: Membaca

Membaca memungkinkan imajinasi Anda terbang ke tempat-tempat yang tidak diketahui dan mengalami hal-hal yang sebelumnya tidak pernah Anda rasakan. Aktivitas ini juga membuat Anda sadar budaya, memberi Anda kosakata yang lebih baik, dan memfasilitasi latihan mental. 

Tidak ada yang memberi Anda inspirasi berkualitas tinggi dalam memulai percakapan sebanyak membaca. Terlebih lagi, membaca merupakan kegiatan akhir pekan yang murah meriah.

#3: Belajar bahasa baru

Mempelajari bahasa baru adalah salah satu hal terberat yang harus dilakukan otak Anda. Seiring bertambahnya usia, hal itu akan menjadi sangat menantang. Belajar bahasa baru itu memberikan doping ke badan kita, karena terbukti menunda efek penuaan dan menunda timbulnya penyakit Alzheimer serta demensia.

#4: Bepergian

Perjalanan adalah salah satu kegiatan akhir pekan yang membuat Anda menyadari betapa memesona dunia dan betapa menakjubkan kehidupan di sekitar Anda.

Memperkenalkan diri Anda pada budaya, gaya hidup, dan pengalaman yang berbeda membantu Anda memahami diri sendiri dan dunia di sekitar Anda dengan lebih baik. Pada akhirnya, ini akan membantu Anda menghargai apa yang Anda miliki dan menemukan makna yang lebih dalam dalam hidup Anda.

 #5: Melukis

Kegiatan ini sering digambarkan sebagai pengalaman katarsis untuk membiarkan pikiran dan emosi Anda menjadi liar. 

Melukis adalah salah satu hobi tertua dan paling dihormati. Dari George Washington hingga Johnny Depp, orang-orang sukses di seluruh dunia telah mencobanya dan menganggapnya sebagai tempat menyalurkan ide kreatif yang hebat. Lukisan juga dikenal untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan memelihara pandangan positif terhadap kehidupan.

#6: Hiking

Hiking berfungsi sebagai cara yang bagus untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga dan teman. Menjelajahi tempat-tempat yang terpencil akan memberi Anda istirahat dari rutinitas di hutan beton dan terhubung kembali dengan alam. 

Gunakan kegiatan akhir pekan ini untuk melepaskan diri dari tekanan kehidupan modern yang sudah didominasi oleh gadget dan membuka pikiran Anda untuk ide-ide baru dalam pekerjaan.

#7: Menulis

Menulis telah dipraktikkan sebagai ritual terapeutik di seluruh dunia selama bertahun-tahun. Di era digital ini, seni menulis telah berkembang menjadi praktik blogging yang populer. Anda bahkan dapat menghasilkan sedikit uang dari hobi menulis di blog.

Tetapi lebih dari soal uang, menulis adalah metode ekspresi kreatif yang sangat efektif—ini dapat membantu Anda menghadapi masalah emosional dan meningkatkan harga diri Anda.

 #8: Menari

Tarian, dalam berbagai bentuk dan gayanya, dapat membantu Anda bersantai dan menikmati akhir pekan yang menyenangkan. Keajaiban tarian menawarkan manfaat kesehatan yang luar biasa, termasuk peningkatan fleksibilitas, penurunan berat badan, dan peningkatan keterampilan koordinasi motorik. 

Ahli kejiwaan bahkan meresepkan kegiatan menari sebagai bentuk terapi untuk orang yang mengalami stres atau trauma. Ini membuktikan bahwa menari adalah kegiatan yang bagus untuk mengekspresikan emosi.

#9: Membuat kue

Membuat kue adalah kegiatan akhir pekan untuk mereka yang ingin menjadi lebih mindfull dan menikmati proses seperti menikmati hasilnya. Dengan manfaat kesehatan mulai dari menghilangkan stres hingga meningkatkan kesadaran dan kesabaran sistematis, banyak orang sukses yang mencoba seni membuat kue. Marissa Mayer, CEO Yahoo, menyukai kegiatan akhir pekan ini sebagai hobinya dan melakukannya dengan kemahiran seorang ilmuwan.

#10: Olahraga

Selain manfaat kesehatan, orang yang melakukan olahraga sering dikatakan memiliki kecerdasan spasial dan kognitif yang lebih baik. Ini juga memupuk soft skill seperti kepemimpinan, dedikasi, dan semangat tim.

Kegiatan akhir pekan antimainstream

Selain kegiatan akhir pekan yang mainstream itu, ada juga beberapa kegiatan alternatif untuk menikmati akhir pekan ini:

#1: Geocaching

Geocaching adalah aktivitas petualangan yang sedang tren di mana peserta menggunakan sistem GPS atau perangkat seluler untuk menemukan objek yang disebut 'geocaches' yang ditempatkan di lokasi tertentu oleh geocacher sebelumnya.

Dijuluki sebagai 'perburuan harta karun modern', geocaching adalah aktivitas luar biasa di mana orang memecahkan teka-teki rumit untuk mengungkap benda tersembunyi yang disimpan di tempat yang indah. Geocaches punya beberapa varian menarik, mulai dari earth cache, virtual cache, night cache, dll. Setelah pemain menemukan 'harta karun' itu, mereka biasanya meninggalkan suvenir untuk pemburu harta karun berikutnya.

#2: DIY

Do it Yourself, alias DIY, adalah tren populer di seluruh dunia. Dari membuat kaos sendiri hingga menggunakan kembali botol plastik, proyek DIY menghadirkan peluang untuk mengekspresikan diri secara kreatif. 

Beberapa situs web dan komunitas DIY memposting panduan dan video terperinci di internet untuk mendorong minat dan memberikan panduan Anda. Dengan biaya yang cukup murah, DIY memberi Anda rasa kepuasan dengan sedikit atau tanpa beban keuangan.

#3: Mengumpulkan barang

Dari mengoleksi mainan, patung, atau barang koleksi lainnya, ini adalah kegiatan akhir pekan yang selalu asyik dinikmati. Hobi ini memupuk pengetahuan si kolektor tentang subjek yang dikumpulkan, keterampilan pengamatan yang baik, dan keterampilan sosial dengan sesama kolektor. 

Mengumpulkan barang antik atau barang berharga dapat membuka peluang untuk mencetak uang jika Anda tahu apa yang harus dicari. 

#4: Kaligrafi

Padukan sentuhan pribadi dengan seni kaligrafi untuk memberikan sentuhan unik pada surat, ucapan terima kasih, dan undangan Anda. Kaligrafi memelihara rasa disiplin dan kesabaran dalam diri kita, mengasah konsentrasi, dan memfokuskan kita untuk jangka waktu yang lama. Kegembiraan yang akan diberikan oleh tulisan tangan Anda yang indah kepada penerimanya akan menjadi hal yang tak mampu dilukiskan.

 #5: Kriya

Kriya adalah seni mengukir kayu menjadi benda multiguna dengan menggunakan pisau sederhana. Berdasarkan pilihan kayu dan pisau yang Anda gunakan, ruang lingkup penciptaannya tidak terbatas. 

Anda dapat menciptakan benda sehari-hari seperti sendok kayu, mangkuk, cangkir, dan tongkat jalan hingga patung hias. Orang-orang di seluruh dunia melakukan kegiatan ini di akhir pekan sebagai terapi dan praktis.

Penutup

Jadi, manfaatkan kegiatan akhir pekan Anda sebaik-baiknya untuk mencapai hasil yang optimal di hari kerja Anda.

Apakah Anda punya kegiatan akhir pekan lain yang dapat meningkatkan produktivitas Anda di tempat kerja?

Beri komentar dan bagikan pendapat Anda tentang aktivitas akhir pekan favorit Anda bersama kami.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kode bahasa komentar.
Dengan mengirimkan formulir ini, Anda setuju dengan pemrosesan data pribadi sesuai dengan Kebijakan Privasi.

Postingan Terkait