Tim Sales Masa Depan, Hindari Kompetisi dengan Kolaborasi Tim

Penjualan, atau sales, adalah pekerjaan yang sulit. Tim sales menghadapi segudang tantangan setiap hari dalam berhubungan dengan prospek dan membukukan kesepakatan. Anda harus menghadapi penundaan, kekecewaan, dan semua pasang surut lainnya dalam pekerjaan sebagai sales.

Tantangan-tantangan ini semakin berat lantaran hampir tiga tahun belakangan pergerakan manusia sangat dibatasi. Walau saat ini kita sudah mulai leluasa kembali, namun sepertinya aktivitas jarak jauh sudah menjadi budaya.

Bekerja sama dari jauh lebih baik dengan kolaborasi di tim sales. Menangkan transaksi secara efektif dengan Zoho CRM dan semua tools kolaboratif ke tim penjualan Anda.

Mitos serigala tunggal

Kita semua pernah mendengar ungkapan "serigala tunggal (lone wolf)" dalam hidup kita. Ini adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan orang yang menyendiri, sangat bersemangat, mandiri, dan tidak banyak berinteraksi dengan siapa pun kecuali benar-benar diperlukan.

Ada tenaga penjualan, manajer penjualan, dan bahkan pemilik bisnis yang beroperasi dengan mentalitas lone wolf. Mentalitas ini makin berkembang karena dipupuk dan diperkuat oleh budaya penjualan yang sudah berlangsung lama serta sistem kompensasi yang berorientasi pada individu. Sebuah sistem di mana pemain terbaik membawa pulang komisi terbesar.

Akhirnya, tiap anggota tim sales menyimpan informasi untuk diri mereka sendiri, menolak hadirnya orang lain saat dirinya mendekati prospek, melepaskan diri dari jaringan, dan lebih banyak lagi demi kepentingannya sendiri.

Nyatanya, mentalitas serigala tunggal tidak kondusif untuk lingkungan kerja saat ini. Bahkan dengan semua tools modern dan data pelanggan yang mereka miliki, hanya 53% sales yang mencapai tujuan mereka. Survei CSO mengulas ini lebih jauh, memberikan solusi untuk masalah ini dalam “mengumpulkan dan berbagi praktik terbaik secara efektif di seluruh departemen penjualan dan layanan Anda.”

Rangkullah mentalitas tim. Lakukan lebih baik bersama-sama

Walau kita bisa menganggap pandemi telah berlalu, namun lewatlah sudah hari-hari penjualan satu lawan satu dan tatap muka. Menjual di masa depan bersifat kompleks dan berorientasi pada tim dengan banyak variabel, pemangku kepentingan, dan hasil yang mempengaruhi.

Saat Anda berkolaborasi dengan anggota tim yang berbeda, Anda bisa mendapatkan wawasan dari perspektif yang berbeda. Ini membantu Anda mengidentifikasi masalah atau celah dalam strategi Anda yang tidak akan Anda sadari sendiri.

Kolaborasi antar anggota tim penjualan membantu berbagi umpan balik dan kritik sehat yang memungkinkan setiap orang untuk belajar dan berkembang. Lingkungan yang komunikatif juga memungkinkan kolaborasi tim sales Anda berbagi praktik, catatan, dan ide terbaik mereka di dalam tim, yang mengarah ke performa yang lebih produktif dan efisien.

Jangan biarkan jarak menjadi faktor dalam memenangkan transaksi secara efektif

Saat dunia telah mengimplementasikan kerja jarak jauh, tim sales akan menghabiskan lebih banyak waktu di software CRM mereka saat berinteraksi dengan calon pelanggan dan bekerja untuk mencetak lebih banyak kesepakatan.

Software CRM yang memiliki fitur kolaboratif dapat menjadi aset hebat yang memungkinkan tenaga penjualan bekerja sama secara lebih efektif dalam lingkungan bisnis yang telah bertransformasi secara digital.

Kolaborasi tim sales dapat berjalan baik dengan software CRM yang memungkinkan penggunanya berbagi informasi penting secara efektif, mengakses materi penjualan penting saat dibutuhkan, membuat semua orang terinformasi saat ada masalah atau kesepakatan-kesepakatan baru.

Tempat penyimpanan dokumen terpusat untuk semua penjualan Anda

Calon pelanggan yang sedang didekati tim sales biasanya meminta banyak dokumen dan data. Data-data ini mungkin disimpan secara lokal, atau di beberapa layanan penyimpanan cloud. Namun, karena jumlah dokumen ini terus bertambah, tim sales akan semakin sulit untuk melacak setiap dokumen.

Zoho CRM menawarkan ruang penyimpanan terpusat untuk semua data penjualan Anda. Tim penjualan Anda dapat berkontribusi dan memelihara dokumen-dokumen ini, memungkinkan siapa saja mengaksesnya dengan mudah saat saat mereka membutuhkannya.

Umpan untuk ide-ide Anda

Terbuka dengan anggota tim lain tentang berbagai kesepakatan yang Anda tangani dan tantangan yang Anda hadapi adalah cara terbaik untuk berkolaborasi. Rekan-rekan Anda dapat menawarkan kiat dan wawasan yang berguna untuk membantu Anda mengatasi tantangan ini dan menyelesaikan satu kesepakatan yang sulit.

Fitur Umpan (Feed) di Zoho CRM memungkinkan pengguna yang berbeda untuk berkumpul dan berinteraksi. Diskusikan kesepakatan, kolaborasikan ide, dan siarkan pengumuman.

Punya promosi penjualan hebat yang menurut Anda akan membantu penjualan? Bagikan dengan tim. Anda dapat meminta atau membagikan data penjualan penting atau menginformasikan tentang masalah besar dalam satu ruang terpusat kepada tim Anda.

 

Gunakan obrolan untuk kolaborasi real time

Seperti yang disebutkan sebelumnya, lingkungan penjualan modern membutuhkan kolaborasi tim sales yang lebih cepat dan ketersediaan data penting yang mudah. Zoho CRM dapat diintegrasikan dengan alat kolaborasi terkenal seperti Zoho Cliq, Slack, dan Microsoft Teams untuk membantu tim penjualan bekerja sama dengan mudah dan meningkatkan produktivitas.

Buat grup baru sehingga tim penjualan Anda dapat berinteraksi satu sama lain atau dengan anggota tim lain secara real time. Bagikan data analitik penting dari CRM secara langsung dengan pengguna atau grup lain dalam obrolan agar mereka tetap diperbarui tentang status kesepakatan terbaru.

Anda bahkan dapat menggunakan alur kerja untuk mengirim pemberitahuan peristiwa penting kepada pengguna dalam suatu obrolan atau grup. Tarik informasi penting dari catatan CRM menggunakan perintah yang sesuai dengan mudah.

Slack

Zoho Cliq

 

Kunjungan pelanggan secara virtual untuk tim sales yang bekerja jarak jauh

Dengan munculnya alat konferensi video, tim penjualan menjadi lebih mudah untuk terlibat dengan prospek di belahan dunia lain.

Berinteraksi dengan prospek Anda melalui panggilan video memiliki banyak keuntungan. Waktu yang Anda habiskan untuk bepergian dapat digunakan untuk mempersiapkan presentasi yang menarik.

Zoho CRM terintegrasi dengan aplikasi populer seperti Zoom, Teamviewer, GoToMeeting, Zoho Meeting, dan banyak lagi. Ini memungkinkan tim sales Anda untuk mengatur konferensi virtual dari dalam CRM, mengundang peserta, mengadakan rapat, dan mengaitkan rekaman yang relevan untuk referensi di masa mendatang.

Tim penjualan dapat berinteraksi dengan prospek dan pelanggan melalui konferensi video untuk mengumpulkan permintaan secara efektif, menampilkan demo produk, dan banyak lagi.

 

Berkolaborasi dengan rekan penjualan dapat membantu Anda memperbaiki promosi penjualan, memahami apa yang berhasil dan tidak berhasil dengan prospek tertentu, dan membantu menangani pasang surut unik dari profesi Anda sebagai sales. Coba Zoho CRM, dan manfaatkan kerja tim untuk mendapatkan lebih banyak transaksi.

Kami ingin mendengar ide dan pendapat Anda soal cara menjual yang lebih efektif saat bekerja dari jarak jauh. Tinggalkan komentar Anda di kolom komentar di bawah tulisan ini.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kode bahasa komentar.
Dengan mengirimkan formulir ini, Anda setuju dengan pemrosesan data pribadi sesuai dengan Kebijakan Privasi.

Postingan Terkait