Cara Membuat Konten Instagram yang Viral

Tidak diragukan lagi, strategi marketing bisnis di tahun 2022 harus tetap melibatkan Instagram.

konten instagram

Instagram menawarkan fitur-fitur penting, seperti analitik lanjutan yang menunjukkan postingan mana yang berkinerja terbaik. Anda dapat menggunakan fungsi toko untuk menjalankan e-commerce, mengarahkan lalu lintas dari Story Anda, menggunakan fitur tautan untuk menghubungkan pengikut ke situs web yang Anda kehendaki, dan banyak lagi.

Bagaimana Konten Bisa Dikatakan Viral?

Konten media sosial, termasuk Instagram, yang baik selalu dikaitkan dengan konten viral. Jika tidak mendapat ribuan likes dan di posting ulang oleh akun-akun terkenal, maka konten Anda tidak sukses dan program marketing di media sosial dinilai tidak sukses. Padahal, tidak ada yang dapat menjamin dan meramu sebuah konten yang viral di media sosial. 

Ada faktor lain yang kerap tim marketing lupakan dalam penyebaran konten Instagram dan media sosial lainnya. Apakah konten Anda dilihat oleh target pasar Anda? Apakah viral berarti penjualan Anda juga akan meningkat drastis?

Bagaimana Cara Membuat Konten Instagram Jadi Viral?

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda coba agar konten Instagram Anda buat bisa viral. Perlu diingat, komitmen dan konsistensi Anda dalam membuat kontent sangat diperlukan agar cara-cara ini dapat berhasil sesuai keinginan.

Buat Konten Instagram Reel

Yang dapat kita lakukan agar konten Instagram kita dilihat sebanyak-banyaknya audiens dan tepat sasaran adalah dengan mengikuti update yang dilakukan oleh Instagram.

Dan, salah satu pembaruan Instagram yang harus Anda ikuti saat ini adalah video Reel.

Alasan mengapa video Reel Anda berpotensi menjadi konten viral adalah karena video tersebut tidak hanya dilihat oleh pengikut Anda. Siapa pun dapat melihat Reel Anda dari tab Reel di halaman Explore jika akun Anda bersifat publik. Itu berarti potensi jangkauan Anda menjadi tidak terbatas!

Di bawah ini akan dijelaskan lebih lanjut beberapa tips dalam membuat konten Instagram Reel yang disukai oleh sistem algoritma pencarian dari Meta.

7 Tips konten Instagram Reel Anda disukai oleh algoritma:

  1. Gunakan alat kreatif seperti teks, filter, dan efek kamera.
  2. Memiliki dimensi vertikal
  3. Gunakan audio yang sedang tren
  4. Hindari konten beresolusi rendah
  5. Utamakan konten yang menghibur dan menyenangkan. Ini biasanya menghasilkan lebih banyak share, yang menandakan konten berkinerja baik ke Instagram. Namun jangan lupa, perhatikan value dan citra perusahaan Anda serta kebijakan yang ada. Jangan sampai konten hiburan itu malah menjatuhkan brand Anda.
  6. Dorong pengguna untuk mengklik tautan di bio Anda. Instagram menganggap klik sebagai strategi ajakan bertindak yang berhasil.
  7. Temukan niche Anda dan posting konten yang konsisten. Semakin aktif, semakin baik.

Ingat, penting untuk menggunakan tagar yang relevan dalam teks Reel Anda untuk meningkatkan peluang menarik penonton yang Anda targetkan ke konten Anda.

Optimalkan Akun Instagram Anda dengan Story Harian

Karena Story Instagram memiliki rentang hidup yang terbatas, orang menganggap konten Story lebih mentah dan otentik dibandingkan dengan postingan feed yang direncanakan dengan lebih matang. 

Story juga memicu ketakutan alami manusia akan ketertinggalan karena konten akan menghilang dalam 24 jam. Karena Story sering kali berisi konten live, penonton dapat merasa lebih terlibat dan melihat apa yang terjadi secara real time.

Selain itu, Instagram Story memiliki banyak fitur untuk membantu Anda menarik perhatian pemirsa, memanfaatkan minat mereka, dan mengubahnya menjadi pengikut yang loyal. Plus, jika Anda memiliki lebih dari 10.000 pengikut, Anda dapat menggunakan opsi Gesek ke Atas untuk mengarahkan lalu lintas besar ke situs web Anda dan meningkatkan keterlibatan pengguna.

Dapatkan Hasil Lebih dengan Konten Influencer

Menurut State of Influencer Marketing Benchmark Report 2022 yang dilakukan oleh Influencer Marketing Hub, “Instagram digunakan oleh hampir 80% merek yang menjalankan program marketing dengan influencer.” Laporan tersebut memperkirakan bahwa 2022 akan menjadi tahun kolaborasi brand-influencer yang lebih kuat, lebih beragam, dan lebih terarah dari sebelumnya.

Sekarang akan menjadi waktu yang tepat bagi Anda untuk mempertimbangkan influencer mana yang relevan dengan merek Anda dan dapat menawarkan kolaborasi konten yang bermanfaat.

Pikat Pemirsa dengan Instagram Live

Untuk menambah keunggulan kompetitif dan bersaing dengan Youtube, Instagram baru-baru ini menambahkan fitur di mana host dapat menunjuk moderator untuk siaran live. 

Untuk membuat pengalaman lebih profesional dan terorganisir, moderator akan dapat melaporkan komentar, menghapus pemirsa dari stream, dan menonaktifkan komentar untuk pemirsa tertentu.

Tahukah Anda bahwa semua pengikut Anda mendapatkan notifikasi saat Anda memulai video langsung? 

Inilah alasan lain mengapa video live biasanya berkinerja baik, karena orang yang tidak berniat melihat halaman Anda dapat mengklik notifikasi dan mulai menonton video. Jika mereka menikmati konten tersebut, kemungkinan mereka akan mengunjungi halaman Instagram Anda.

Video live adalah cara yang baik untuk terlibat dengan audiens Anda secara real time. Anda bahkan dapat mengundang influencer untuk bergabung dalam percakapan. 

Apa bagian terbaiknya? Semua pengikut influencer juga akan mendapatkan pemberitahuan bahwa mereka sedang live bersama Anda! Sekali lagi, jika video diterima dengan baik, kemungkinan beberapa pengikut influencer akan mengikuti akun Instagram Anda.

Penutup

Jajal sekarang dan sempurnakan Reel, Story, Video Live, serta strategi pemasaran influencer Anda dan saksikan jumlah pengikut Instagram Anda bertambah!

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Kode bahasa komentar.
Dengan mengirimkan formulir ini, Anda setuju dengan pemrosesan data pribadi sesuai dengan Kebijakan Privasi.

Postingan Terkait